Memahami Daya Juang Sangat Penting

Memahami Daya Juang Sangat Penting
Inspirasi Bisnis

Berkompetisi punya makna merebut dan bertahan. Kalau hanya berdiam merebut dan bertahan. Kalau hanya berdiam diri jalan di tempat akan menghabiskan sumber daya. Pihak yang menyerang dan yang diserang harus melakukan  ‘move’ bergerak dalam rangka menyerang atau malakukan penataan pertahanan. Untuk menyerang dan bertahan diperlukan daya juang dan daya tahan. Tanpa daya juang dan daya tahan, maka kompetisi akan cepat usai dan tidak seru.

Beberapa hari lalu saya membawakan in company training bagi salah satu perusahaan tentang bagaimana memenangkan kompetisi bisnis bekerjasama dengan salah satu pusat pendidikan para komando.

Para peserta mendapat pangalaman unik yang penuh makna ketika salah seorang pelatih pasukan para komando memeragakan bagaimana bertahan hidup dalam mencontohkan bagaimana memanfaatkan tanaman dan binatang hutan.

Arben yang biasanya disukai burung bisa menjadi salah satu alternatif makanan darurat karena rasanya yang manis. Pisang hutan, poh-pohan, sintrong, pinding atau pakis hutan yang rasanya pahit atau sepet juga bisa menjadi alternatif darurat. Dari pada habis waktu karena tidak makan berhari-hari, lebih baik kita makan apa saja agar bertahan dan tetap hidup.

Pada kempetisi bisnis masa kini, kunci sukses pemasaran memang tidak sekadar memahami konsumen dan memuaskannya. Tidak hanya perusahaan perlu memberikan banyak manfaat bagi komsumen. Tidak hanya perusahaan atau memberi banyak manfaat bagi konsumen. Tidak hanya perusahaan atau produk perlu melakukan tebar pesona agar citra psitifnya dipahami konsumen.

Perusahaan juga harus punya daya juang untuk bertahan menghadapi gempuran penantanganya dan daya juang untuk menggempur pepimpin pasar atau penantang lainnya.

Esensi daya juang:

  1.  Kewaspadaan
  2. Memotivasi
  3. Kebersamaan
  4. Panjang umur
  5. Penyubur ide
  6. Siap usaha
  7. Siap susah

Esensi kompetisi bisnis adalah daya juang dari pemasar dan segenap personel lain di perusahaan untuk berani menyerang dan bertahan. Berhasil atau tudaknya perusahaan memasarkan dan memenangkan kopetisi bisnis sangat tergantung pada daya juang personelnya.

Sumber : bisnsiukm.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA