Kamis, 16 Februari 2017 08:22:00
Dilihat sebanyak 1.161 kali

Pengusaha UMKM Minta Produknya Bisa Masuk Mall

Pengusaha UMKM Minta Produknya Bisa Masuk Mall

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya mengusulkan agar produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Pahlawan bisa mengisi gerai-gerai ritel modern.

“Paling tidak 50 persen di gerai ritel modern merupakan produk-produk dari UMKM,” kata Jamhadi Ketua Kadin Surabaya di Surabaya, Rabu 15 Februari 2017.

Namun, lanjut dia, yang menjadi kendala UMKM selama ini ialah produksi yang terbatas. Menurut Jamhadi, agar produk UMKM bisa diproduksi massal dengan kualitas standar nasional Indonesia (SNI) dan tidak kalah dengan barang impor harus ada intervensi dari APBD.

Untuk itu, lanjut dia, Kadin Surabaya mengusulkan agar dari APBD bisa dibelanjakan salah satunya untuk membeli peralatan produksi industri pada kecamatan-kecamatan yang ditunjuk dengan sistem sewa.

“Jika diperlukan kemitraan, maka Kadin Surabaya siap membantu. Sedangkan untuk teknik pemasaran bisa dengan sistem online (daring/dalam jaringan) dan market place,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Kadin Surabaya sebelumnya juga telah mengusulkan kepada pemerintah kota setempat agar membuat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Ekonomi Kreatif untuk mendukung perekonomian dan meningkatkan kesejehteraan masyarakat di Kota Pahlawan.

“Saya mengusulkan agar dalam waktu dekat ini antara Dinas Perdagangan dan Kadin Surabaya membuat program Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas persoalan perekonomian di Surabaya,” katanya.

Menurut dia, hasil dari FGD tersebut bisa diajukan ke Wali Kota Surabaya agar dibuatkan kebijakan yang mengarah ke kesejahteraan masyarakat dan dunia industri.

Ia mengatakan salah satu upaya meningkatkan perekonomian di Kota Surabaya adalah melalui sinergi antara pemerintah dan dunia usaha. Oleh karenanya, Pemkot Surabaya dan Kadin bersama-bersama mensinergikan program perekonomian, demi meningkatkan kesejahtaraan masyarakat.

Referensi tempo.co

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA