Bisnis Usaha Budidaya Udang Galah Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Budidaya Udang Galah Pekanbaru Riau
Inspirasi Bisnis

Bisnis Usaha Budidaya Udang Galah Pekanbaru Riau – Cara budidaya udang galah di kolamdengan lahan kecil – udang galah adalah salah satu jenis udang air tawar yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi, permintaaan akan udang galah baik dalam negri maupun luar negri sangatlah tinggi harga yang di tawarkan akan udang galak juga sangat tinggi hal ini menjadi potensi yang cukup besar untuk mengembangkan budidaya udang galah

sekarang ini sudah banyak pengusaha besar yang mulai menginfentasikan sahamnnya untuk sebuah udang galah hal ini di dasari akan nilai jual dan minat pembeli yang cukup tinngi sehinnga para pengusaha semakin tergiur akan budidaya udang galah.

Buduidaya udang galah sendiri bisa di lakukan baik di kolam maupun di tabak dengan ukuran yang cukup besar biasanya untuk ukuran usaha yang sudah di pegang oleh perusahaan satu tambak lebarnya bisa sampai 5-10 hektar tetapi bila kita hanya ingin usaha sampingan di rumah kita bisa membuat kolam seadanya dengan ukuran yang lebih kecil dari pada ukura tambak.

Meskipun kita menggunakan kolam kecil dalam budidaya udang galak potensi hasilnyapun sudah bisa di jadikan ladang usaha sampingan yang cukup lumayan, berikut adalah penjelasan Cara budidaya udang galah dikolam dengan lahan kecil yang bisa di praktekkan dan di pelajari :

1. Pemilihan benih
Untuk memulai budidaya udang galah terlebih dahulu kita akan memilih benih yang akan kita budidayakan di kolam seabiknya pilihlah benih dengan ukuran yang sedang dan yang paling peting benih dari udang galah tidak cacat dan dalam kondisi sehat
2. Persiapan kolam
Persaiapkan kolam udang gaah yang di buat pada ketinggian 0-700 meter di atas permukaan air laut dan merupakan kawasan yang dekat dengan air pada waktu musim kemarau tidak susah mendapatkan air, untuk debit air yang di anjurkan dalam budidaya udang galah adalah 0,5-1 liter per detik , luas kolam yang di buat untuk budidaya udang galah adalah 300-100 m2.

Udang galah sebaiknya di pelihara di kolam yang menegalir hal ini perlu peru untuk menjaga kualitas air agar selalu bersih dan tidak mudah tercearr pengantian air bisa di ganti sewkatu-waktu antara 30 – 50 % dengan air yang baru.

3. Pencegahan penyakit udang
Untuk pencegahan penyakit dalam budidaya udang galah diperlukan metode khusus agar penyakit tidak sampai datang berikut adalah penjelasanya :

a. Melalui pengamatan visual yaitu di lakukan pemeriksaan apakah terdapat gejala penyakit serta morfologi pada udang tersebut yang akan di budidayakan.
b. dengan melakukan pengamatan melalui mikroskopik dengan memeriksa potongan- potongan udang yang bisa di lakukan di laboratorium proses ini bharus di lakukan oleh seseorang yang mempunyai ilmu di bidangnya.
c. melakukan pengamatan secara visual di lihat dari ciri-ciri udang galah apakah baik atau tidak

4. Pemberian pakan udang
Pemberian pakan yang baik akan berpengaruh akan budidaya udang galah tersebut, pemberian pakan udang galah sebaiknya di lakukan dengan pakan yang mengandung beberapa unsur diantaranya emengandung nutrisi cukup seperti lemak, mineral, vitamin, dan karbohidrat bila unsur semua itu sudah di peunuhi dan dilakukan pemakanan pada waktu yang tepat dan tidak sampai telat pasti potensi akan budidaya udang galah akan lebih baik.

5. Proses panen
Pemanenan udang galah biasanya terjadi pada umur 6-7 bulan yaitu pada panen perdanan, pemanenan bisa di lakukan bertahap yaitu dengan memilih udang dengan ukuran terntu sesui dengan permintaan pasar pada saat itu, pada kondisi normalnya udang galah bisa di panen 5 kali dalam satu tahun tetapi hal ini bisa berubah di lihat dari bnyaknya kolam yang kita buat sebelumnya.

Pemasaran udang galah tidaklah susah banyak pencari udang galah yang mengantri meski harganya cukup tinggi tetapi tinggkat permintaan dari udang galah sangatlah tinggi.

Demikianlah Cara budidaya udang galah di kolam dengan lahan kecil Yang bisa di pelajari semoga bermanfaat. Sumber : inspirasipertanian.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status