Senin, 7 September 2020 04:47:08
Dilihat sebanyak 259 kali

Istilah dalam Web Hosting yang Perlu Kamu Tahu

Istilah dalam Web Hosting yang Perlu Kamu Tahu
Hosting Hosting Pekanbaru

Bisnis Riau, Portal UKM Riau : Dalam dunia web hosting ada banyak sekali istilah yang sebagian besar orang awam belum pahami. Apabila kamu masih belajar dan ingin memiliki website suatu hari nanti, dapat mempelajari tentang istilah-istilah dalam hosting dulu. Mengetahui arti seluruh istilah yang dipakai dalam layanan web hosting termurah akan membantumu dalam proses pemilihan paket yang tepat.

Apabila kamu bisa menemukan layanan web hosting, maka anggaran dana sesuai hosting bisa menjadi lebih efisien. Beberapa istilah yang sering dipakai dalam dunia hosting ada di sini.

Istilah yang Lazim Dipakai Web Hosting

Ada banyak istilah yang sering dipakai dalam dunia web hosting dan harus diketahui oleh siapa saja yang ingin menggunakan layanan tersebut. Istilah tersebut akan dicantumkan berikut.

1. Storage Space

Sebuah posting selalu memerlukan storage space yang mana berkaitan dengan kapasitas penyimpanan data. Sebuah space hosting yang disediakan oleh satu provider dengan provider lainnya saling berbeda-beda. Kamu perlu melakukan pengecekan secara sesama dengan jumlah space storage yang ditawarkan.

Semakin besar suatu perusahaan pasti akan memerlukan kapasitas penyimpanan data yang semakin banyak. Apabila hanya digunakan sebagai website pribadi tentunya tidak akan menghabiskan banyak kapasitas. Namun kamu yang berkeinginan untuk membuat sebuah toko online sudah pasti butuh kapasitas penyimpanan data yang besar.

Paling tidak sebuah toko online harus memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 750 MB. Sedangkan bentuk toko online yang terbesar dan banyak produk yang dijual, maka pembuatan katalog online memerlukan story yang lebih besar. Dapat memakai sampai dengan 5 GB.

2. Unlimited Bandwidth

Setelah mengetahui apa arti istilah space storage selanjutnya perlu memahami tentang bandwidth. Sebuah bandwidth akan berpengaruh terhadap konsumsi data setiap detiknya dan sudah pasti berhubungan dengan traffic.

Salah satu fitur yang paling harus kamu perhatikan besarnya adalah bandwidth. Saat kuota bandwidth dari website sudah habis, maka tidak ada pengunjung yang bisa datang ke website tersebut sampai dengan periode tertentu. Biasanya website baru bisa diakses bulan depan.

Hal tersebut sudah pasti sangat merugikan pemilik website terhadap kesempatan untuk bisa mendapatkan uang dengan menarik traffic tinggi menjadi gagal saat kuota bandwidth habis. Itulah mengapa pentingnya kamu menggunakan unlimited bandwidth.

Mencegah kehabisan kuota penuh lebih baik dan bisa dilakukan dengan menggunakan paket hosting yang menawarkan fitur unlimited tersebut. Paket dengan fitur unlimited bandwidth ini tersedia di Domainesia lho.

Istilah dalam Web Hosting yang Perlu Kamu Tahu

Sumber: Freepik.com

3. Unlimited Website

Sebuah paket hosting yang berkualitas biasanya menawarkan unlimited website. Maksud dari unlimited website adalah 1 orang berlangganan dengan paket yang tersedia fitur ini bisa memiliki lebih dari satu macam website.

Pengguna layanan sudah pasti akan sangat diuntungkan dengan adanya fitur unlimited website. Bisa membangun banyak toko online maupun website yang berisikan sebuah informasi sesuai hobi.

4. Unlimited Email

Fitur lain yang perlu diperhatikan dan harus tersedia adalah unlimited email. Pemilik website toko online akan dapat membuat banyak sekali email yang biasanya sangat menguntungkan tim marketing yang bekerja dalam toko tersebut. Bagi kamu yang ingin punya website toko online perlu mendapatkan layanan unlimited email juga saat hendak berlangganan suatu hosting.

5. Gratis Domain

Sebuah hosting baru dapat beroperasi saat tersedia domain. Kamu yang hendak menggunakan suatu layanan hosting bisa mencari paket yang menawarkan gratis domain. Sudah pasti gratis domain yang dimaksud memiliki batasan berupa ekstensi domain komersial yang umum dipakai.

Sedangkan domain eksklusif yang biasa ditawarkan dengan harga mahal ke konsumen dijual terpisah alias tidak gratis. Apabila kamu menggunakan suatu layanan hosting yang memberikan gratis domain tertentu dan ingin menggunakan ekstensi selain yang digratiskan, maka perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Semakin eksklusif sebuah ekstensi domain, maka harga akan semakin tinggi. Beberapa ekstensi yang bersifat eksklusif adalah .lol, .media, .social, .co, dan lain-lain.  Sedangkan harga ekstensi domain tertinggi adalah .io yang bisa mencapai satu jutaan. Ekstensi domain tersebut dapat menunjukkan stabilitas ekonomi sebuah perusahaan.

Baca juga : Cara kompress file PDF

6. Akses SSH

Istilah lain yang juga ada dalam layanan web hosting adalah akses SSH akses tersebut memungkinkan sebuah aplikasi yang jauh lebih aman dari telnet, rsh, rlogin, dan lain sebagainya. SSH menggunakan koneksi yang dilengkapi dengan enkripsi setiap kali ada transmisi data antara client dan server.

Kegunaan dari akses tersebut adalah untuk bisa bergerak bebas. Intinya sebuah akses SSH memungkinkan untuk melakukan lebih banyak aktivitas pengembangan terhadap website.

Kamu mencari web hosting yang menawarkan seluruh pelayanan tersebut? Tidak perlu pusing-pusing lagi dan bisa langsung setelah menghubungi DomaiNesia.

Ada banyak paket web hosting yang bisa dipilih sesuai keperluan. Kamu dapat memilih web hosting yang sesuai dengan anggaran dana yang kamu miliki. Jika kamu bingung ingin menggunakan paket yang mana bisa coba berkonsultasi dengan tim DomaiNesia.

About Admin UKMriau

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA