Cara Menentukan Usaha Yang Tepat

Cara Menentukan Usaha Yang Tepat
Modal Usaha Peluang Usaha


Cara Menentukan Usaha Yang Tepat – Usia masih muda dan terus bertambah dewasa. Tentu saja tidak ingin terus menggantungkan diri pada orang tua. Salah satu solusinya, menjalankan usaha atau bisnis sendiri. Ini adalah ide yang sangat bagus. Namun, masalahnya, ketika akan memulainya pasti bingung untuk menentukan usaha yang cocok.
Bingung masalah keterbatasan modal, banyak pesaing dan lain sebagainya. Namun jangan khawatir, pasti ada solusi untuk masalah-masalah tersebut. Peluang bisnis akan selalu muncul. Tentu saja, banyak sekali pilihan bisnis dengan tingkat kompetisi yang berbeda pula.
Ada empat (4) cara yang bisa dilakukan untuk menentukan usaha atau bisnis yang cocok untuk dijalankan.
1) Hobi
Hobi bisa menjadi salah satu ide ketika memulai sebuah bisnis. Pilih bidang atau hobi yang disukai. Jika hobi menjahit maka bisa membuka jasa jahit pakaian atau membuat kerajinan dari kain. Jika suka mengutak atik mesin kendaraan dan ahli kenapa tidak buka bengkel saja.
Menjalankan bisnis berdasarkan hobi atau bidang yang disukai tentu akan menikmati kegiatan usaha yang dijalankan.
2) Peluang Pasar
Cara kedua ini, harus jeli memikirkan dan melihat peluang usaha di sekitar tempat tinggal. Misalnya, usaha isi ulang air minum, konter pulsa, game online dan sebagainya. Setelah melihat peluang tersebut sesuaikan dengan minat Anda.
3) Tidak Harus Modal Besar
Pada masa sekarang, bisnis tidak harus dimulai dengan modal besar. Apalagi sekarang lagi ngetren bisnis online. Hanya bermodalkan koneksi jaringan internet pun sudah bisa memulai usaha. Berbisnis online tidak perlu susah-susah menyewa tempat atau mencari karyawan.
4) Buat Proyeksi Bisnis
Anda perlu membuat rencana bisnis yang matang, kapan dan dimana bisnis dijalankan, berapa modalnya, berapa biaya operasionalnya, target pasarnya siapa dan bagaimana, menentukan harga produk, estimasi balik modal dan keuntungannya dan lain-lain.
Demikian empat (4) cara menentukan usaha yang cocok ketika akan memulai bisnis. Semoga bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih usaha. Salam sukses.

Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA