Rabu, 28 Februari 2018 10:27:46
Dilihat sebanyak 855 kali

Sri Mulyani dan Asman Abnur Beri Perubahan Skema Pensiun PNS ke Menko Polhukam ??

Sri Mulyani dan Asman Abnur Beri Perubahan Skema Pensiun PNS ke Menko Polhukam ??
Bisnis Pekanbaru Liputan Media

Bisnis Riau, JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur menyampaikan rencana perubahan skema pemberian dana pensiun bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah masuk dalam Nota Keuangan dan RAPBN 2018 di Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) bersama Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (27/2/2018).

“Tadi masih dalam tahap menyampaikan karena dibawa koordinasi Menko Polhukam, Menpan-RB, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengenai perubahan skema pemberian dana pensiun dan jaminan hari tua bagi ASN agar lebih mencerminkan keadilan serta bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup ASN yang telah pensiun,” ungkap Sri Mulyani.

Menurut Sri Mulyani, usulan tersebut mengacu UU ASN yang baru dan akan diterbitkan peraturan pemerintah yang baru untuk mewujudkan perubahan skema tersebut.

Sri Mulyani juga menjelaskan, rencana perubahan itu akan mengubah beban APBN.

“Sehingga diharapkan skema pemberian dana pensiun dan jaminan hari tua untuk mengembangkan ASN, Polri, dan TNI agar lebih profesional serta mendapatkan dana pensiun yang lebih baik,” katanya.

Pemerintah sudah mewacanakan rencana perubahan dana pensiun dan jaminan hari tua sejak akhir tahun 2017.

Saat ini ASN membayar iuran pensiun hanya dari gaji pokok per bulan.

Rencananya perubahan iuran pensiun per bulan akan dihitung berdasarkan pendapatan bulanan secara utuh yaitu gaji pokok ditambah tunjangan-tunjangan yang didapat.

 Sumber : tribunnews.com

About Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA