jual mobil pekanbaru

jual mobil pekanbaru
Pekanbaru

jual mobil pekanbaru – Memiliki mobil bekas atau mobil second yang sudah berumur tentunya akan sedikit merepotkan. Dengan pemakaian yang sudah mencapai ratusan ribu kilometer pasti memerlukan biaya perawatan ekstra untuk mengganti suku cadang yang sudah aus dimakan usia. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan andalah dengan menjual mobil bekas yang sudah lama dipakai tersebut dan menggantinya dengan yang lebih baru. Ketika menjual mobil second apalagi yang sudah berumur cukup lama tentu menyebabkan harga jual mobil bekas tersebut akan mengalami penurunan, namun itu merupakan resiko yang wajar sebagai sebuah nilai penyusutan kendaraan.

iklan
Menjual mobil bekas memang tidak semudah menjual kacang goreng, perkembangan dunia otomotif Indonesia terutama dengan kehadiran mobil baru yang setiap tahun membanjiri pasar otomotif negara kita, menyebabkan persaingan diantara para penjual mobil bekas pun semakin ramai dan kompetitif. Oleh karena itu dalam menjual sebuah mobil bekas atau mobkas ini kita harus mengetahui beberapa triknya agar mobil bekas yang kita jual cepat laku dan harganya pun tidak terlalu turun drastis. Inilah beberapa trik yang bisa anda ikuti dalam menjual mobil bekas agar cepat laku dan dihargai cukup tinggi:

1. Periksa Kondisi Semua Bagian Mobil

Sebelum anda menawarkan mobil yang akan dijual kepada siapapun, penting bagi anda untuk mengecek semua bagian kondisi mobil agar ketika ditawarkan mobil tersebut berada dalam kondisi prima atau siap pakai, sehingga para calon pembeli mobil bekas anda tidak akan kecewa. Lakukanlah perawatan rutin terlebih dahulu, seperti yang biasa anda lakukan ketika anda memakainya. Misalnya mengganti oli atau melakukan tune-up mesin sesuai dengan jadwal yang biasa anda lakukan. Cek juga beberapa suku cadang yang memang sudah waktunya untuk diganti. Beberapa fitur penting seperti AC, power window dan central lock diusahakan harus berfungsi karena hal tersebut biasanya sering menjadi perhatian para calon pembeli mobil bekas.

2. Bersihkan Mobil Secara Keseluruhan

Agar mobil yang akan anda jual menarik minat para calon pembeli, penampilan mobil pun harus dibuat sebersih mungkin. Mobil yang bersih luar dalam akan memberikan kesan yang baik yang menandakan bahwa mobil tersebut mendapat perawatan yang semestinya dari pemiliknya. Untuk keperluan ini anda bisa melakukannya sendiri jika memiliki waktu yang cukup luang, karena membersihkan secara detail semua bagian mobil memerlukan waktu yang tidak sebentar. Atau anda juga bisa membawanya ke tempat perawatan mobil seperti salon dan tempat cuci mobil terdekat dari rumah anda. Pastikan seluruh bodi mobil termasuk bagian kolongnya dibersihkan dengan teliti. Kemudian interior mobil juga kalo bisa dibersihkan dengan vacuum cleaner menhilankan debu dan pasir-pasir kecil yang tertinggal terutama di bagian bawah (karpet) mobil. Jangan lupa memberikan pewangi yang segar di dalam kabin untuk memberikan kenyamanan, ketika calon pembeli memasuki bagian dalam mobil.

3. Cek Harga Pasaran Mobil Bekas Anda

Setelah mobil siap untuk ditawarkan, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mengecek harga pasaran mobil bekas anda. Ini bisa dilakukan dengan cara online melalui internet, koran/majalah otomotif atau anda bisa langsung mendatangi showroom mobil bekas untuk menanyakan harga pasaran mobil bekas anda, informasi ini berguna untuk menentukan harga jual mobil bekas anda sesuai dengan kondisi kendaraan yang telah persiapkan dalam sebelumnya. Setelah anda mengetahui harga pasaran yang sesuai dengan mobil bekas anda selanjutnya anda perlu mempertimbangkan biaya perawatan dan perbaikan yang sudah anda lakukan sbelumnya, lalu anda harus menentukan kisaran tertinggi harga mobil bekas yang akan dijual tersebut. Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi proses penawaran dari calon pembeli yang biasanya selalu melakukan hal itu.

4. Tentukan Cara Penjualan Mobil Anda

Selanjutnya memasuki bagian marketing atau pemasaran, sekarang ini banyak cara yang dilakukan orang untuk menjual mobilnya. Mulai dari memajang sendiri mobilnya dengan tulisan “DIJUAL” atau “FOR SALE” di pinggir jalan yang ramai, mengiklankannya di koran dan internet, sampai mengikuti sebuah pameran mobil bekas yang diadakan di kota tempat tinggalnya. Semua itu bisa anda pilih sesuai dengan keinginan dan strategi anda dalam menjual mobil bekas tersebut. Setiap cara diatas memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan sendiri. Misalnya anda memilih menjual mobil bekas anda melalui situs jual beli mobil di internet, ini termasuk cara paling efektif karena anda tidak perlu repot menawarkan secara langsung kepada seseorang, anda hanya perlu registrasi di situs tersebut setelah diterima lalu upload foto mobil anda dan berikan detail spesifikasi serta keterangan tentang kondisi mobilnya. Setelah itu iklan mobil anda akan tayang dalam rentang waktu yang telah ditentukan oleh situs tadi. Calon pembeli melalui cara ini bisa berasal dari seluruh kota di Indonesia. Kelebihan menjual melalui cara ini yaitu anda bisa menjual dengan harga tinggi, karena calon pembeli merupakan pemakai langsung yang memang benar-benar mencari mobil bekas sesuai dengan kriteria pada mobil anda. Jika mobil anda ingin cepat laku dan anda tidak direpotkan dalam prosen penjualannya, anda bisa membawa mobil tersebut menuju showroom mobil bekas di daerah anda. Biasanya showroom akan langsung mengecek kondisi mobilnya dan melakukan penawaran pada saat itu juga, jika telah sepakat mereka akan membayarnya saat itu juga. Namun biasanya showroom akan menawar dengan harga dibawah pasaran, karena mereka bertujuan mencari keuntungan ketika dijual kembali.

5. Jelaskan Secara Lengkap Kondisi Mobil Anda

Ketika ada orang yang berminat terhadap mobil yang anda tawarkan baik melalui koran, internet maupun secara perorangan anda harus melayani setiap calon pembeli dengan sangat baik. Berikanlah setiap informasi yang berkaitan dengan mobil anda kepada mereka, termasuk riwayat perawatan dan asuransi jika masih berlaku. Perlihatkan surat-surat atau dokumen mobil yang asli kepada calon pembeli, lakukan pengecekan bersama-sama terhadap nomor mesin dan nomor rangka di bagian bodi mobil. Dengan pelayanan yang baik dan informasi yang jelas akan menimbulkan kepercayaan dari calon pembeli bahwa anda orang yang jujur, dan dia akan semakin tertarik dengan mobil yang anda tawarkan. Hal ini sangat menguntungkan bagi anda karena anda bisa menjual mobil dengan harga yang cukup tinggi sesuai dengan kondisi mobil yang telah anda persiapkan tadi.

6. Gunakan Cara Transaksi Yang Aman
Setelah pembeli merasa cocok dengan mobil bekas yang anda tawarkan dan sepakat untuk membelinya maka selanjutnya anda tinggal mengatur cara pembayaran yang aman bagi kedua belah pihak. Untuk transaksi dalam jumlah besar sebaiknya anda melakukannya di bank, dengan cara setor tunai ataupun transfer. Jangan lupa untuk membuat bukti transaksi semacam kwitansi diatas materai, sebagai bukti sahnya proses jual beli mobil bekas yang anda lakukan, ini juga berguna untuk menghindari kekeliruan atau hal-hal yang diinginkan di kemudian hari.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status