Tips Menjadi Wirausahawan Sukses di Era Millenial

Tips Menjadi Wirausahawan Sukses di Era Millenial
Tips Bisnis

1. Mulai dari Ikut Bekerja dengan Orang

Memang menjadi wirausahawan itu harus dimulai dari memiliki pengalaman. Anda bisa memulainya dengan bekerja dengan orang lain di sebuah badan usaha. Misalnya anda bekerja di bidang event organizer atau di bidang penjualan produk atau jasa lainnya. Anda bisa belajar dari bos anda, karyawan-karyawan yang ada di sana, dan juga kenalan-kenalan yang anda punya di sana.

Bos anda di dalam badan usaha itu pasti sudah termasuk wirausahawan sukses. Nah, di sana lah anda bisa belajar banyak, mulai dari bagaimana mendapatkan channel, bagaimana anda mengatasi masalah sebuah perusahaan, sampai dengan bagaimana anda mendapatkan klien.

Tidak hanya itu, anda juga bisa mengamati apa saja kelebihan dan kekurangan dari perusahaan tersebut dan saat anda akan membuat sebuah badan usaha, anda sudah tahu mana yang bisa dikembangkan dan mana yang harus diperbaiki. Manfaatkan waktu dan tenaga anda bekerja untuk orang lain itu sebagai ladang ilmu, pengalaman, dan channel.

2. Lakukan dengan passion

Untuk jadi wirausahawan sukses anda harus melakukannya dengan passion. Banyak yang awal mulanya dari hobi, namun akhirnya jadi karirnya. Ini mereka lakukan karena pekerjaannya sesuai dengan passionnya. Pilih lah bidang apa yang sesuai dengan passion anda, apakah bidang fashion, kuliner, Pendidikan, atau yang lainnya?

3. Berani menantang diri anda sendiri

Seorang pengusaha mesti siap menghadapi tantangan, baik tantangan dari diri sendiri maupun dari lingkungan luar. Anda harus menantang diri anda untuk tetap semangat menghadapi rintangan dan kendala yang mungkin saja anda hadapi saat menjalankan sebuah usaha.

4. Berani mengambil risiko

Untuk menjadi seorang wirausahawan sukses anda juga harus berani mengambil risiko karena menurut Jeff Bezos, “Kami tidak pernah tahu hasil dari upaya kami kecuali kami benar-benar melakukannya.”

5. Mempunyai visi

Seorang wirausahawan sukses harus mempunyai visi sendiri. Misalnya CEO dan pendiri Tumblr, David Karp, mengatakan bahwa seorang pengusaha adalah seseorang yang mempunyai visi untuk keinginan dan sesuatu untuk membuatnya jadi nyata. Jadi, jaga visi anda supaya tetap jelas tiap saat.

6. Bekerja sama dengan orang lain

Usahakan anda bekerja sama dengan orang lain dalam menjalankan sebuah usaha karena dengan adanya 2 kepala, maka masalah bisa teratasi lebih mudah. Dengan adanya 2 tenaga juga, sebuah pekerjaan bisa diselesaikan lebih mudah. Dan percaya lah bahwa rejeki tidak hanya untuk anda sendiri, namun anda harus berbagi rejeki dengan orang lain pula.

Sumber : www.wirabisnis.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA