Peluang Usaha Ramadhan

Peluang Usaha Ramadhan
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

1. Jualan Toples Kue

Jika Anda kurang berminat bisnis kue lebaran, mungkin Anda bisa memanfaatkan wadah atau toples sebagai barang yang bisa Anda bisniskan.

Mengapa demikian?

Karena jika sudah berbicara tentang lebaran, pasti identik dengan banyaknya sajian makanan atau cemilan dalam berbagai macam sebagai jamuan untuk para tamu yang datang kerumah. Inilah peluang yang bisa Anda ambil untuk memulai bisnis ini.

Anda bisa menyediakan toples yang unik dan menarik agar para konsumen tertarik membeli dagangan Anda. Dalam memperdagangkan barang ini pun tidak terlalu sulit. Anda bisa menitipkan ke beberapa toko terdekat atau menjualnya sendiri di pinggir jalan.

Jika Anda malas keluar rumah, Anda bisa berjualan lewat online mulai dari menawarkan lewat grup Whatsapp dan telegram serta jejaring sosial Facebook maupun Instagram.

Keuntungan dalam bisnis toples adalah kondisi barang yang tidak gampang rusak dan tidak akan basi. Jika dagangan Anda tidak habis, Anda bisa simpan dan jual kembali tahun depan untuk meminimalisir kerugian.

2. Bisnis Parsel Lebaran

Satu lagi usaha sampingan yang menguntungkan menjelang hari raya adalah bisnis parsel lebaran. Anda pasti tahu bukan, bahwa saat lebaran banyak orang yang saling mengirimkan parsel lebaran untuk keluarga, patner kerja maupun teman-teman.

Hal ini bisa Anda manfaatkan dengan menjual parsel khusus lebaran mengingat semakin meningkatnya permintaan parsel menjelang hari raya.

Namun, jika Anda memilih bisnis ini, sebaiknya Anda harus memiliki kreatifitas tinggi dalam merangkai parsel. Jenis parsel yang bisa Anda buat antara lain parsel makanan atau parsel pakaian seperti parsel mukena dan sajadah.

3. Jual Ketupat Menjelang Hari Raya

jualan ketupat jelang lebaranKetupat adalah makanan khas lebaran masyarakat Indonesia. Hampir setiap keluarga pasti membuat ketupat yang sudah menjadi tradisi atau kebiasaan muslim di Indonesia. Permasalahannya, banyak orang yang tidak sempat atau pun tidak bisa membuat ketupat. Hal inilah yang menjadi peluang Anda untuk mencoba bisnis jualan ketupat lebaran.

Anda bisa membuat banyak ketupat dalam bentuk kecil dan besar. Biasanya orang mencari ketupat tiga hari menjelang lebaran. Anda tinggal menjualnya di pinggir jalan dan pasanglah harga yang terjangkau agar banyak yang membeli ke tempat Anda. Mengingat peminat ketupat cukup tinggi, Anda bisa memproduksinya dalam jumlah banyak.

4. Bisnis Penjualan Tiket

Di Indonesia ada yang namanya mudik. Yakni orang yang pulang ke kampung halaman setelah merantau keluar daerah untuk mencari nafkah. Momen lebaran adalah saat yang tepat untuk mudik agar bisa berkumpul dengan orang tua dan sanak keluarga.

Maka jangan heran mulai dari terminal, stasiun, pelabuhan dan bandara dipenuhi oleh para pemudik menjelang tibanya hari raya. Mereka ingin segera dapat menaiki sarana transportasi agar bisa segera cepat sampai kampung halaman.

Setelah lebaran selesai, beberapa tempat transportasi diatas ramai kembali oleh para pemudik yang akan kembali ke tanah perantauan. Dengan fakta seperti ini, seharusnya bisa menjadi usaha sampingan yang menguntungkan untuk Anda. Dengan jutaan orang yang sibuk mencari tiket untuk mudik, Anda bisa mencoba peluang usaha jasa penjualan tiket baik untuk bis, travel, kapal, kereta api dan pesawat.

Anda tidak perlu menjadi agen tiket besar yang mana membutuhkan modal yang besar. Cukup menjadi sub agen atau orang yang menjualkan tiket dari agen dan Anda akan menerima komisi. Seperti yang Anda tahu, tiket transportasi menjelang lebaran pasti lebih mahal dibanding hari biasa.

Terutama tiket pesawat yang bisa naik 3 kali lipat. Hal ini menjadikan bisnis ini memiliki potensi keuntungan yang sangat besar. Jika Anda bisa mengantongi komisi 50 ribu sampai 100 ribu per tiket, maka bisa Anda bayangkan sendiri berapa penghasilan yang akan Anda dapatkan jika bisa menjual 50 tiket dalam kurun waktu sebelum dan sesudah lebaran.

5. Bisnis Oleh-Oleh Lebaran

Selain usaha dibidang jasa seperti jualan tiket. usaha sampingan yang menguntungkan menjelang lebaran lainnya adalah dengan memanfaatkan arus mudik lebaran yang sangat ramai.

Anda bisa membuka usaha jualan oleh-oleh lebaran. Apalagi jika tempat lingkungan Anda tinggal dekat dengan jalan arus mudik lebaran yang biasanya dari arah Jakarta ke Jawa.

Kenapa bisnis ini berpotensi meraih omset besar?

Karena Anda tahu sendiri lalu lintas arus mudik lebaran begitu padat. Disamping itu, rasanya gimana gitu kalau kita mudik tidak bawa oleh-oleh.

Atas dasar ini, rasanya jualan oleh-oleh menjadi ladang bisnis yang cukup menarik. Anda bisa menjual jenis oleh-oleh mulai dari makanan sampai dengan kerajinan tangan yang unik.

6. Jasa Rental Kendaraan

Anda punya kendaraan seperti mobil dan motor? Nah, daripada di anggurin karena Anda tidak kemana-mana karena masih dalam suasana lebaran. Akan lebih baik jika kendaraan Anda tersebut disewakan agar bisa mendapat pundi-pundi rupiah.

Anda bisa merentalkan kendaraan kepada teman yang Anda kenal atau tetangga yang memang sedang membutuhkan. Biasanya harga sewa kendaraan menjelang lebaran bisa naik dua kali lipat loh. kan, lumayan daripada cuma di anggurin dirumah.

Akan tetapi, meskipun bisnis ini merupakan usaha sampingan yang menguntungkan, saran saya jangan menyewakan kendaraan kepada sembarang orang. Anda harus mengenal betul orang yang menyewa kendaraan Anda agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

7. Jasa Penyaluran ART Sementara

Jika Anda mencari usaha sampingan yang menguntungkan saat lebaran bahkan tanpa modal. Ada satu usaha tanpa modal yang cocok bagi Anda. Terutama yang tinggal dikota besar seperti Jakarta. Saat lebaran, Jakarta yang biasanya dipenuhi jutaan orang tiba-tiba berubah sepi karena ditinggal penduduknya. Mulai yang bekerja dikantoran sampai para pekerja rumah tangga. Mereka kebanyakan adalah para pendatang yang pada mudik.

Jika sudah demikian, para keluarga yang ditinggal para ART-nya tentu akan merasa kerepotan dalam mengurusi berbagai macam hal yang berkaitan dengan pekerjaan rumah seperti mencuci, menyetrika, memasak maupun bersih-bersih. Disinilah peluang bisnis yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa membuka jasa penyaluran ART sementara selama ART yang asli mudik.

Terkadang, ada juga yang hanya membutuhkan ART sementara untuk mengurusi rumah dikarenakan pemilik rumah sekeluarga sedang melaksanakan mudik. Biasanya tugas ART disini hanyalah membersihkan dan menjaga rumah selama keluarga tersebut pergi.

Source : Matahidup.com

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU