Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan Sebelum Lebaran

Bisnis Sampingan Yang Menguntungkan Sebelum Lebaran
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis Peluang Usaha

1. Jualan Busana Muslim

Peluang usaha menjelang lebaran yang pertama adalah jualan busana muslim. Boleh dibilang, bisnis busana muslim mengalami peningkatan berkali-kali lipat menjelang datangnya hari raya Idul Fitri. Hal ini wajar terjadi sebab masyarakat dari golongan menengah kebawah sekalipun ingin tampil dengan busana muslim terbaru guna menyambut datangnya lebaran yang mana menjadi ajang berkumpulnya seluruh anggota keluarga.

Jika Anda berminat untuk membuka usaha ini, sebaiknya mulailah dengan mempelajari bagaimana cara agar usaha ini bisa menguntungkan. Misalnya dengan memperhatikan kualitas barang dagangan dan tentunya pelayanan yang ramah terhadap konsumen.

Jangan pasang harga terlalu mahal yang mana malah bisa membuat pelanggan Anda kabur. Sebaiknya, berikan harga yang sesuai dengan daya beli masyarakat sekitar Anda. Untuk urusan modal berkisar antara 15-20 juta yang Anda pergunakan untuk membeli busana muslim grosiran agar lebih murah namun mendapat barang yang banyak.

2. Jualan Perlengkapan Ibadah

      

Seperti yang saya sebut diatas, menjelang hari raya semua orang sibuk membeli berbagai macam kebutuhan termasuk perlengkapan ibadah seperti peci, sarung, mukena dan sajadah.

Bagi kebanyakan orang, merayakan hari lebaran tidak pas rasanya jika barang yang mereka pakai tidak baru. Hal ini menjadikan usaha ini cukup menggiurkan untuk meraup pundi-pundi rupiah.

Modal yang perlu Anda siapkan dalam menjalankan bisnis ini mulai dari 10-15 juta rupiah yang mana Anda gunakan untuk kulakan barang dagangan Anda. Agar pangsa pasar Anda lebih luas, sebaiknya juallah alat perlengkapan ibadah ini dalam berbagai macam kualitas dan harga.

Hal ini bertujuan untuk dapat menjangkau pembeli dari berbagai kalangan yang berduit maupun yang memiliki ekonomi standar sekalipun.

3. Jualan Pakaian untuk Lebaran

Selain busana muslim maupun perlengkapan ibadah yang bisa menaikkan omset sampai 100%. Bisnis baju juga menjadi usaha sampingan yang menguntungkan menjelang hari raya.

Coba Anda perhatikan, pada pertengahan ramadhan baik di mall maupun toko fashion pasti menjadi tempat transaksi jual beli yang tidak pernah sepi dari siang sampai malam. Jika Anda memiliki modal diatas 10 juta, usaha ini rasanya cocok untuk Anda yang ingin mendapat keuntungan yang berlipat.

Jangan Anda takut bersaing dengan mereka yang sudah mapan menjalankan bisnis ini. Karena bagaimanapun juga, tidak semua konsumen mampu menjangkau pakaian yang tersedia di mall atau toko-toko yang biasanya harganya mahal.

Untuk itu, Anda bisa mencari supplier pakaian yang bisa memberikan harga yang murah namun memiliki kualitas yang bagus.

Jika Anda belum mendapat penyedia barang yang sesuai. Cobalah untuk mengunjungi beberapa situs grosir dibawah ini sebagai perbandingan mulai dari harga, kualitas maupun modelnya.

Jualan baju lebaran juga bisa dilakukan secara online. Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk menjual baju Anda. Bahkan jika Anda sudah tau strateginya, berjualan baju secara online saat ini ternyata lebih cepat untuk mendapatkan pembeli.

4. Jualan Baju Khusus Anak

jual baju anak menjelang lebaran

Usaha sampingan yang menguntungkan jelang lebaran selanjutnya adalah jualan baju untuk anak. Setiap orang tua tentu ingin anaknya tampil sempurna dalam segi fashion. Apalagi pas momen lebaran yang mana semuanya identik dengan hal yang baru.

Sehingga jualan baju khusus anak menjadi peluang usaha yang menguntungkan karena anak-anak tentunya pasti ingin memakai baju baru saat lebaran.

Modal untuk membuka usaha ini pun tidak sebesar jika Anda menjual pakaian untuk orang dewasa karena baju anak relatif lebih murah. Hal terpenting dalam menjalankan bisnis baju untuk anak adalah memperhatikan kualitas barang serta bagaimana trik Anda untuk menarik pembeli. Salah satu contohnya dengan cara promosi produk jualan seperti beli dua gratis satu.

Selain itu, usahakan untuk mengorder pakaian yang sedang banyak diminati oleh anak-anak sehingga barang Anda akan cepat terjual. Kalau perlu jangan hanya berjualan baju secara offline saja. Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan jualan Anda ini.

5. Jualan Mainan untuk Anak-Anak

Sebenarnya usaha yang satu ini terdengar agak aneh. Akan tetapi jualan mainan anak-anak pada saat menjelang lebaran nyatanya cukup memberikan keuntungan yang menggiurkan loh. Hal ini mengingat saat-saat lebaran, anak-anak mendadak dompetnya menjadi tebal karena mendapat banyak amplop tunjangan hari raya dari sanak saudara.

Nah, jika sudah mendapat uang, kebanyakan anak menghabiskannya untuk membeli mainan. Hal ini menjadi keuntungan bagi Anda jika memilih untuk membuka usaha jualan mainan.

Namun, untuk memulai usaha ini sebaiknya Anda memperhatikan pangsa pasar. Pastikan bahwa tempat jualan Anda memang ramai anak-anak sehingga Anda dengan mudah dapat menjual dagangan Anda.

Begitu melihat pedagang mainan, anak-anak akan segera menyerbu dan membeli mainan yang mereka suka berapa pun harganya selama uangnya cukup.

6. Jual Sepatu dan Sandal

Selain busana muslim dan baju untuk lebaran, produk fashion yang laku keras menjelang hari raya adalah jualan sandal dan sepatu. Hal ini wajar saja mengingat ketika orang sudah memakai baju dan celana baru, Rasanya kurang pantas jika sandalnya masih lama dan jelek.

Maka dari itu, agar terlihat serasi, pastinya mereka juga akan melengkapinya dengan membeli alas kaki baru. Nah, fakta ini bisa menjadi peluang usaha sampingan yang menguntungkan dengan berjualan jualan sepatu dan sandal untuk lebaran.

Dalam memulai bisnis ini memang membutuhkan dana lumayan besar. Jika Anda harus membuka toko dan membeli estalase, kemungkinan modal yang Anda butuhkan bisa mencapai 30 juta keatas.

Berarti tidak mungkin dong berjualan sepatu dan sandal jika modalnya hanya pas-pasan?

Jangan khawatir, Anda masih bisa berjualan secara online dengan sistem reseller maupun dropship. Dengan semakin berkembangnya jaman membuat banyak orang malas berbelanja ke toko dan memilih belanja secara online.

Inilah kesempatan baik yang harus Anda manfaatkan. Anda bisa menawarkan dagangan Anda di media sosial seperti Facebook dan Instagram yang mana memang menjadi basis tempat belanja online terbesar sehingga Anda akan lebih mudah mendapat pembeli.

Namun, jika Anda merasa ribet dan tidak tahu cara jualan online, maka jualanlah secara offline meskipun dengan modal minim. Caranya Anda bisa buka lapak dan jualan di pinggir jalan dengan perlengkapan sederhana.

Yang perlu Anda perhatikan dalam berjualan di pinggir jalan adalah barang dagangan Anda harus bervariasi dan terjangkau untuk semua kalangan agar menjangkau masyarakat yang ekonominya masih standar.

7. Bisnis Kue Lebaran

jualan kue lebaran

Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin memiliki usaha sampingan yang menguntungkan menjelang datangnya hari raya?

Jika ya, jualan kue kering bisa menjadi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sangat menguntungkan loh.

Apa saja syarat untuk bisa berbisnis kue kering?

Yang pasti Anda harus punya modal dan tentunya Anda pintar buat kue kering dengan aneka macam jenis. Jika Anda tidak bisa membuatnya, Anda bisa belajar di situs online seperti cookpad.com yang banyak menyajikan resep kue kering yang enak dan berkualitas.

Dana atau modal yang Anda butuhkan dalam memulai usaha kue rumahan ini tergantung seberapa banyak bahan yang akan Anda produksi. Selain untuk belanja bahan, Anda juga perlu membeli toples untuk wadah kue serta cap merek agar dagangan Anda terlihat profesional. Untuk modal awal, 2-3 juta cukuplah untuk membangun bisnis kue kering kecil-kecilan.

Untuk tempat jualan, Anda mungkin tidak perlu membuka atau menyewa lapak jika memang kondisi keuangan Anda tidak memadai. Sebagai langkah awal, Anda bisa menitipkan barang dagangan Anda ke toko kue di sekitar tempat tinggal Anda dengan memberikan komisi untuk setiap dagangan yang dijual.

Media promosi lain yang bisa Anda manfaatkan adalah dengan menjualnya lewat media sosial. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan dagangan Anda lewat mulut ke mulut kepada kerabat, tetangga dan teman-teman Anda.

Source :matahidup.com

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU