Jumat, 17 Februari 2017 06:43:40
Dilihat sebanyak 1.210 kali

Keuntungan Memiliki Website Untuk Toko Online

Keuntungan Memiliki Website Untuk Toko Online

Bisnis online saat ini sedang ramai dijadikan sebagai peluang usaha. Selain pasar yang luas biaya nya juga minim. Anda bisa mengalokasikan modal yang dimiliki untuk kepentingan pengembangan toko online Anda.

Keberadaan market place saat ini memang membantu mereka yang baru berbisnis online terlebih market place memberi banyak kemudahan bagi para membernya, seperti dalam hal promosi dan keamanan berbelanja. Namun demikian tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengatur website toko online atau online shop Anda sendiri.

Berikut keuntungan mempunyai website toko online sendiri:

1. Kendali ada di tangan Anda

Bergabung dengan sebuah marketplace, maka mau tidak mau Anda harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Namun dengan memiliki website mandiri, Anda yang mengatur sendiri semuanya. Anda bisa mendisplay produk, memberikan deskripsi barang dan sebagainya sebebas-bebasnya karena ini adalah toko Anda.

2. Kesan profesional

Memiliki website toko online sendiri akan menciptakan kesan profesional pada bisnis Anda, sehingga akan dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen. Memiliki banyak akun di beberapa market place tidak akan mendongkrak brand bisnis Anda. Mengelola website mandiri secara maksimal akan menunjukkan tujuan Anda dalam menjalankan bisnis online dan profesionalitas Anda.

3. Keamanan yang terjamin

Jika tiba-tiba sebuah market place tempat Anda berjualan tutup tentu sangat merugikan. Anda sudah bersusah payah membangun etalase, selalu update info, menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk me-maintain lapak Anda di marketplace tersebut. Namun pada titik tertentu, lapak Anda harus mendadak tutup. Ini akan sangat merugikan bagi pemilik toko di dalamnya. Memiliki website toko online sendiri tentunya akan lebih aman karena Anda sendiri yang mengelola dan bertanggung jawab.

4. Membuat nama domain sendiri

Kesuksesan online shop Anda secara tidak langsung turut dipengaruhi dengan nama domain yang digunakan. Nama yang unik dan mudah diingat akan membantu konsumen Anda untuk datang ke website Anda setiap saat. Terlebih dengan memiliki domain sendiri, akan memberikan kesan bahwa bisnis Anda dikelola secara profesional.

5. Mengelola produk dengan efektif dan efisien

Memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan dalam website akan membantu Anda dalam mengatur produk agar lebih efektif dan efisien. Dengan demikian pangsa pasar yang dituju menjadi lebih terarah.

6. Laporan keuangan otomatis

Dengan memiliki website toko online sendiri, Anda tidak perlu berpikir untuk menyewa seorang akuntan. Karena perhitungan keuntungan bisa dilakukan oleh website toko online Anda sendiri. Sewaktu – waktu jika Anda ingin memeriksa laporan keuangan, itu bisa dilakukan bahkan hanya dengan satu klik saja. Fasilitas tersebut saat ini sudah satu paket dalam sebuah website toko online. Jadi bisa sangat praktis dan memudahkan Anda dalam melakukan cek keuangan secara rutin pada toko online Anda.

7. Modal relatif kecil

Dibandingkan dengan membuka toko offline, biaya pembuatan toko online jauh lebih kecil. Sehingga tidak terlalu menyedot banyak modal untuk membangunnya. Hanya dikenakan biaya untuk membeli domain dan sewa hosting tahunan dengan dana yang sangat terjangkau.

8. Hemat biaya promosi

Dalam sebuah bisnis, tidak jarang membutuhkan dana yang besar untuk biaya promosi. Seperti pembuatan papan nama, spanduk, brosur, banner dan lain sebagainya. Namun melalui toko online, semua biaya tersebut bisa ditekan dengan serendah-rendahnya. Sebab bisa dilakukan dengan gratis melalui media secara online. Bisa pula dengan melakukan promosi dan penawaran melalui situs jejaring sosial, seperti facebook, twitter, google plus, Linkedin dan sebagainya.

 

Referensi suara.com

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA