Senin, 20 Mei 2019 15:15:13
Dilihat sebanyak 411 kali

Beberapa Menu Lauk yang Praktis dan Enak untuk Sahur

Beberapa Menu Lauk yang Praktis dan Enak untuk Sahur
Dunia UKM Peluang Usaha

Beberapa Menu Lauk yang Praktis dan Enak untuk Sahur – Menurut pakar gizi, asupan protein seharusnya kita perbanyak saat makan sahur. Mengapa protein? Zat gizi ini ternyata mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Ada 2 jenis sumber protein yaitu protein hewani dan nabati. Keduanya berasal dari lauk pauk yang biasa kita makan. Oleh sebab itu, pemilihan menu sahur sangatlah penting. Berikut contoh menu praktis untuk referensi anda saat bulan puasa.

1. Cumi Goreng Tepung

Rasa gurih untuk memulai hari, mengapa tidak? Cumi goreng tepung mungkin bisa menjadi menu yang tepat pada saat sahur tiba, apalagi anak juga suka dengan teksturnya yang renyah dan kenyal. Cumi gampang sekali alot jika dimasak terlalu lama sehingga cukup goreng sebentar hingga bagian kulit luarnya krispi dan terlihat kecokelatan. Untuk menambah kelezatan hidangan, sajikan mayones untuk menemani menu ini.

2. Udang Saus Tiram

Anda penggemar udang? Pas sekali karena makanan laut ini mengandung kalsium, iodium, dan protein yang tinggi dengan kalori yang rendah. Untuk mengolah udang ternyata tidak perlu waktu yang lama dan bisa anda sajikan cepat pada waktu sahur. Udang tinggal anda tumis dengan bumbu saus tiram yang cukup simpel.

3. Sapi Lada Hitam

Keluarga anda ingin menu daging di pagi hari? Tidak perlu khawatir! Sapi lada hitam juga bisa menjadi asupan protein yang praktis dan tentunya lezat. Karena hanya ditumis sebentar, pastikan daging sapi diiris tipis-tipis. Gunakan api besar agar dagingnya cepat empuk. Resep ini cocok bagi anda yang suka pedas tetapi cukup aman untuk perut di pagi hari karena rasa pedasnya tidak membakar.

4. Telur Puyuh Balado

Telur puyuh rebus yang dimasak sayur cenderung punya rasa hambar. Oleh karena itu, coba tumis telur puyuh dengan bumbu balado untuk memberikan rasa pedas yang gurih dan enak. Telur puyuh rebus juga bisa digoreng dulu sebelum ditumis supaya bumbu baladonya bisa melekat di sekeliling telur.

5. Telur Dadar Padang

Bosan dengan telur dadar biasa? Anda bisa membuat racikan berbeda dengan membuat telur dadar ala Padang yang menggunakan bumbu spesial. Telur dadar Padang ini punya tekstur tebal mengembang jadi cukup mengenyangkan. Resepnya mudah untuk dibuat dan tidak butuh waktu lama.

6. Ayam Teriyaki

Sajian ini merupakan makanan khas Jepang yang berbahan dasar ayam dan dimasak dengan cara ditumis dengan bumbu dan saus teriyaki yang sedap. Bagi anda dan keluarga yang sering bersantap di resto fastfood Jepang pasti sudah familiar dan menjadikan ayam teriyaki ini sebagai menu favorit.

7. Ayam Goreng Kecap

Ayam goreng tentunya selalu jadi favorit keluarga. Ditambah lagi, ayam goreng kecap ini tidak perlu diungkep sehingga praktis dan menghemat waktu. Anda hanya perlu menggoreng ayam hingga setengah matang lalu ditumis dengan bumbu kecap yang manis dan sedap.

8. Bubur Kacang Hijau

Menu khas Nusantara yang satu ini biasanya disukai oleh para ibu rumah tangga. Selain mudah dibuat, bubur kacang hijau juga bisa menjadi alternatif lain selain nasi namun tetap mengenyangkan. Anda bisa merendam kacang hijau di hari sebelumnya dan memasaknya di malam hari. Ketika sahur anda cukup menghangatkan kembali dan siap disajikan.

Itulah beberapa menu yang bisa anda coba untuk lauk makan sahur. Tak perlu lagi khawatir kekurangan asupan protein karena contoh menu di atas cukup bergizi dan pasti enaknya.

 

sumber:resepkoki.id

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA