Kamis, 17 Januari 2019 11:44:36
Dilihat sebanyak 443 kali

Peluang Usaha Budidaya Okra

Peluang Usaha Budidaya Okra
Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau-Okra atau bendi merupakan salah satu jenis sayuran yang digemari oleh masyarakat. Tanaman okra yang memiliki nama latin Abelmoschus esculentus merupakan tanaman yang masih berkerabat dengan kapas. Okra ini dijadikan sayuran yang dapat diolah dengan rasa yang lezat. Selain lezat dikonsumsi okra ini memiliki kandungan gizi yang terbilang tinggi. Memang di Indonesia masih jarang masyarakat yang mengolah okra ini. Namun di luar negeri seperti jepang olahan makanan dari okra ini menjadi idaman. Okra dijepang dinamakan okura yang dipotong-potong dan dicocol bersama sambal. Di Indonesia sendiri okra masih jarang di temukan baik di pasar maupun swalayan. Hal ini membuat harga jual okra bernilai tinggi. Peluang usaha budidaya okra sendiri memnag bisa dibilang sangat menjanjikan. Pasalnya keberadaan okra ini masih jarang di temukan dan harga jualnya sangat bagus.  Sehingga jika Anda bergelut dalam budidaya okra tentunya akan sangat menguntungkan. Pembudidayaan okra di Indonesia memang sangat menjanaikan. Pangsa pasar budidaya okra ini datang baik dari dalam negeri hingga lauar negeri. Tingkat persaingan dalam budidaya okra ini memang terbilang minim. Sehingga budidaya okra ini dapat Anda jalankan dengan untung yang cerah dan laku keras. Jika Anda tertarik dengan bisnis budidaya okra maka dapat melihat ulasannya yang ada di bawah ini :

Memulai bisnis budidaya okra

Bisnis sayuran langka memang menjadi salah satu bisnis yang tidak pernah mati. Begitupun dengan bisnis budidaya okra yang menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis budidaya okra ini tidak sulit. Bisa di mulai dengan mudah dengan modal yang kecil. Anda dapat memulai bisnis budidaya okra di lahan kecil atau pekarangan rumah.

Pelaku bisnis budidaya okra

Bisnis budidaya okra ini bisa dan cocok dijalankan oleh semua orang. Anda yang kini bingung mencari pilihan bisnis yang tepat. Dengan kemauan dan minat yang tinggi maka bisnis budidaya okra ini dapat Anda jalankan dengan mudah.

Konsumen bisnis budidaya okra

Konsumen budidaya okra memang tidaklah sulit, konsumen budidaya okra cukup besar mulai dari pelaku bisnis yang membutuhkan bahan okradalam bahan baku pembuatannya.

Peralatan bisnis budidaya okra

Dalam bisnis budidaya okra membutuhkan beberapa peralatan penting diantaranya pengadaan bibit okra, cangkul, gerobak dorong, sewa lahan, golok dan sabit, keranjang panen okra, timbangan, timba, pompa air, hand sprayer, selang air dan gunting. Dengan adanya peralatan tersebut maka bisnis budidaya okra makin maksimal.

Pemasaran budidaya okra

Dalam berjualan budidaya okra, Anda bisa memasarkannya dengan cara menjualnya ke pasar atau langsun ke pengepul. Serta juga bisa memasarkan okra ke pelaku bisnis kuliner  yang menggunakan bahan okra ini.

Karyawan bisnis budidaya okra

Karyawan dalam menjalankan bisnis budidaya okra bisa menggunakan satu orang dahulu dalam permulaan.

Harga jual budidaya okra

Patokan harga untuk budidaya okra dapat Anda buat dalam hitungan per kg dimana harga mulai Rp 40.000 hingga Rp 60.000. Ini tergantung dari harga okra yang ada di pasaran.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis budidaya okra

Keuntungan bila Anda memilih terjun dalam peluang bisnis budidaya okra ini yakni merupakan bisnis sayuran langka yang paling menguntungkan. Sebab okra menjadi bahan penting yang paling banyak di cari.

Kekurangan bisnis budidaya okra

Segi kekurangan bisnis budidaya okra ialah budidaya okra memiliki tingkat persaingan yang tinggi dan ketat.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA