Strategi Finansial yang Perlu Diterapkan untuk Selamatkan Keuangan

Strategi Finansial yang Perlu Diterapkan untuk Selamatkan Keuangan
Tips Menabung


BISNIS RIAU – Harga bahan bakar minyak (BBM) di pasar dunia juga masih naik sehingga potensial memengaruhi harganya di dalam negeri. Kondisi ini bisa membuat banyak orang sakit kepala dalam mengatur kecukupan pendapatan. Gaji belum tentu naik, tapi harga-harga kebutuhan seolah tak mau kompromi.

Berikut tips keuangan yang perlu Anda terapkan agar keuangan keluarga terselamatkan :

1. Evaluasi arus kas

Cobalah melihat lagi arus keluar masuk uang di kantong Anda tiga bulan terakhir. Mana kira-kira pos yang bisa Anda tekan atau bila memungkinkan, dihapuskan. Lalu, mana pos pengeluaran yang kerap membengkak.

Pos pengeluaran di luar kebutuhan pokok adalah yang harus pertama kali Anda lihat. Misal, pos pengeluaran untuk hobi dan hiburan, kunjungan ke salon, pengeluaran dining-out, dan lain-lain.

Jika tidak terlalu penting dan memboroskan, bisa Anda kurangi atau bahkan dicoret dari daftar pos pengeluaran sehingga Anda bisa menutup pos pengeluaran. Atur strategi.

Setelah mendeteksi pos-pos pengeluaran yang bisa Anda tekan, Anda bisa membuat hitungan sederhana dengan asumsi harga saat ini.

2. Atur prioritas keluarga

Tahun ini sebenarnya Anda sudah berencana liburan bersama keluarga ke luar negeri. Anggaran sudah Anda cicil dengan menabung rutin. Di tengah tantangan tahun sebelumnya yang kemungkinan cukup berat, Anda bisa menimbang untuk melihat lagi rencana liburan itu. Tidak perlu dibatalkan, tapi mungkin perlu dikemas ulang dengan lebih ekonomis. Prioritaskan rencana pada kebutuhan yang terpenting.

3. Cari pendapatan lebih

Bila pergerakan harga sering berlari jauh lebih kencang melampaui kenaikan penghasilan, mungkin tahun ini Anda perlu memasukkan opsi menambah penghasilan dari sumber lain.

Caranya, bisa dengan merintis usaha sampingan di samping pekerjaan resmi Anda. Atau, Anda bisa menimbang melamar pekerjaan di tempat baru yang lebih menjanjikan dari sisi kesejahteraan?

4. Mencari usaha sampingan

Bila tidak pindah kerja, mungkin Anda cukup mencari usaha sampingan yang menguntungkan dan halal sambil bekerja di tempat kerja Anda saat ini. Lakukan pekerjaan sampingan di sela waktu luang usai pulang kerja dan akhir pekan.

Saat ini tersedia banyak sekali usaha sampingan yang bisa lakukan sesuai dengan kemampuan dan minat Anda.

 

Sumber : liputan6.com


Tentang Wina Rahma Fitri

Wina Rahma Fitri "I'm a Programmer, and coding is my life"