Modal Pas-pasan? Begini Tips Bisnis Sukses

Modal Pas-pasan? Begini Tips Bisnis Sukses
Tips Bisnis


BisnisRiau, Jakarta – Saat ini, anak muda zaman now banyak yang lebih tertarik menjadi wiraswasta ketimbang bekerja kantoran. Terutama, anak-anak muda yang memiliki jiwa berani ambil risiko, tak suka rutinitas, dan suka mencoba tantangan baru. Modal pas-pasan tak jadi soal.

Tampil keren dan berdasi, sudah bukan zamannya lagi bagi anak-anak muda zaman now. Apalagi, harus terpaku di kantor dengan jam kerja yang sudah ditetapkan.

Anak muda kekinian sangat meyakini jika rezeki bisa dari mana saja arahnya. Syaratnya, harus berani tampil beda dan unik. Jadi, jangan heran jika saat ini makin banyak anak muda yang menekuni pekerjaan yang tidak berhubungan dengan latar belakang pendidikan.

Mereka bekerja lebih dengan passion ketimbang terpaksa harus berdamai dengan pekerjaan yang ada. Muncul pertanyaan, lantas bagaimana jika anak muda minim modal tapi ingin memulai usaha? Bukankah untuk menjadi wiraswasta butuh modal besar?

Kreatif, Inovatif, dan Beda

Karakter anak-anak muda zaman now yang tertarik dunia wiraswasta umumnya adalah mereka yang cepat bosan dengan rutinitas dan berani mengambil risiko. Selain itu, dia juga pribadi kreatif, inovatif, berjiwa pemimpin, memiliki insting bagus, dan memiliki jaringan pertemanan yang sangat luas.

Singkat kata, pemilik bakat entrepreneur adalah mereka yang tak pernah takut dengan sesuatu yang baru. Dengan segala kelebihan yang ada padanya, dia mampu mengubah segala kendala sebagai peluang.

Ingat, bakat kreatif, insting yang bagus, dan keberanian selalu tampil beda memberi jalan bagi pribadi-pribadi entrepreneur untuk mencari jalannya sendiri. Inilah sosok-sosok merdeka dalam berpikir dan bertindak yang tampil menjadi bos untuk dirinya sendiri dan kemudian bagi orang lain.

Ya, ciri khas pemilik bakat pengusaha atau pebisnis lainnya adalah kecenderungan sikap inovatif, kreatif, dan gampang menemukan aneka solusi untuk berbagai urusan. Hal itu bisa dilihat dari seberapa sering Anda mampu memberikan ide-ide brilian saat sedang dalam masalah.

Cermati Sesuatu yang Sedang In

Banyak contoh pebisnis muda sukses yang mengawali bisnis dengan modal minim. Bisnis mereka dengan cepat meroket karena kecerdikan mencium peluang. Ambil contoh, menu-menu makanan tertentu yang sedang nge-hits.

Hendry Tanaka, misalnya. Laki-laki asal Solo ini kreatif memboyong ide Wafflelicious. Dengan modal minim, dia buka outlet pertama di Solo pada 2012. Setahun berikutnya, dia sudah berani menawarkan produknya dengan sistem waralaba. Kini, outlet-nya sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Contoh lainnya juga datang dari Solo. Bakat kreatif ditunjukkan Sarendra Dwi Kusuma. Dia memanfaatkan tren anak-anak muda kekinian yang lagi gandrung dengan aneka minuman bahkan makanan olahan berbahan cokelat dan kopi.

Dengan bendera Mosco, Sarendra melahirkan berbagai varian cokelat dan kopi yang ‘pecah’ di lidah dan membuat anak-anak muda merasa belum lengkap jika belum mencicipinya. Selain yummy, harganya pun terjangkau untuk kantung anak muda. Harga kaki lima dengan kualitas rasa minuman kafe membuat Mosco laris manis.

Kini, Sarendra juga melebarkan sayap dengan model franchise. Dengan investasi sebesar Rp 6 juta, produk Mosco berpeluang meraih titik impas atau Break Even Point (BEP) antara dua hingga tiga bulan, itu iming-imingnya.

Trading Dulu Baru Berwiraswasta

Jika Anda benar-benar tak punya modal, barangkali bisa pinjam modal dari orang tua sebagai langkah awal. Atau, jika Anda tak mau merepotkan keluarga, Anda bisa bekerja sementara waktu untuk mengumpulkan modal. Yang pasti, ada banyak jalan menuju sukses jika memang Anda serius ingin mandiri.

Bertahan sementara waktu sebagai karyawan sembari mengumpulkan modal usaha, itu langkah tepat. Dengan gaji yang jelas, bukankah Anda juga cukup syarat membuat kartu kredit? Ingat, syarat pengusaha adalah membekali diri dengan kartu kredit.

Pasalnya, kartu kredit adalah pintu masuk jika Anda membutuhkan berbagai pinjaman modal. Track record baik sebagai pengguna kartu kredit menjadi ukuran seberapa besar Anda dipercaya mendapatkan suntikan modal.

Langkah lain yang pantas dipertimbangkan adalah trading. Anda bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk trading. Terutama trading binary options. Ingat, dalam waktu yang relatif singkat dan modal yang tidak begitu besar Anda berpeluang meraih profit fantastik.

Sumber : Liputan6.com