Sabtu, 27 Januari 2018 17:49:04
Dilihat sebanyak 1.091 kali

Bikin Bisnis Tidak Pernah Sukses, Apa Penyebabnya? Simak Yuk…

Bikin Bisnis Tidak Pernah Sukses, Apa Penyebabnya? Simak Yuk…
Tips Bisnis

Bisnis Riau, JAKARTA – Perjalanan dalam dunia bisnis tidak bisa ditebak. Ada kalanya bisnis yang kita geluti berjalan mulus dan ada kalanya bisnis tersebut malah bangkrut tanpa disangka-sangka. Ditambah lagi daya saing yang sangat tinggi membuat perjalanan bisnis semakin berliku-liku.

Sehebat apa pun badai yang Anda hadapi saat menjalankan bisnis, percayalah kalau bisnis tersebut lambat laun akan mendulang sukses. Namun, apa yang terjadi saat bisnis tidak kunjung sukses? Inilah enam hal yang harus dihindari agar bisnis bisa sukses.

1. Salah Langkah

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis, yang saling berkaitan antara yang satu dan yang lainnya. Ketika Anda salah mengambil langkah, jangan heran kalau bisnis tersebut tidak berkembang atau malah bangkrut.

2. Kekurangan Modal

Modal menjadi komponen bisnis yang sangat krusial. Agar bisnis dapat sukses, dibutuhkan sokongan modal yang cukup. Bayangkan jika modal tidak cukup saat permintaan konsumen meningkat, apa yang Anda gunakan untuk membeli bahan baku dari produsen?

Kekurangan modal menjadi kesalahan paling fatal yang membuat bisnis tidak pernah maju. Jika suatu saat Anda merasa modal untuk menjalankan bisnis kurang, cobalah untuk lebih inisiatif mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lain untuk memperoleh modal.

3. Terlalu Tergesa-Gesa

Menjalankan bisnis dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Tidak ada satu pun bisnis yang sekejap mata dapat sukses. Tidak ada. Berbagai perencanaan dan tata pengelolaan bisnis perlu ditetapkan agar Anda dan karyawan mengetahui langkah dalam berbisnis.

Dalam menjalankan bisnis, Anda juga tidak perlu tergesa-gesa. Nikmati prosesnya dan ambil hikmah dari kegagalan yang terjadi. Bandingkan saat Anda tergesa-gesa, pengambilan keputusan juga pasti tidak akan efektif dan efisien.

4. Tim yang Tidak Tepat

Membangun kekuatan tim itu penting untuk menguatkan fondasi dalam berbisnis. Namun, apa jadinya kalau tim yang Anda bangun tidak solid? Tentu saja kinerja karyawan akan menurun karena terjadi perselisihan di sana-sini.

Sebagai pemimpin, Anda perlu lebih adil dan terbuka saat mengambil kebijakan. Mintalah tanggapan dari para karyawan mengenai kebijakan baru yang akan ditetapkan perusahaan. Dengan demikian, rasa memiliki antara atasan dan bawahan juga semakin kuat. Apa pun yang terjadi pada bisnis kelak, karyawan tersebut pasti berusaha keras agar bisnis tetap berjalan.

Coba bandingkan saat Anda tidak akrab dengan karyawan dan tahunya hanya memerintah saja. Karyawan pasti tidak betah berlama-lama bekerja di perusahaan Anda. Anda juga kurang disukai karena tidak bersahabat.

5. Lokasi yang Tidak Strategis

Maju tidaknya bisnis tidak bisa lepas dari lokasi. Sebelum memulai bisnis, pilihlah lokasi bisnis yang strategis yang dapat dijangkau oleh banyak orang. Untuk mengetahui strategis atau tidaknya lokasi tersebut, Anda bisa survei langsung ke tempat. Lihat bagaimana lalu lalang di tempat tersebut. Jika menurut Anda daerah tersebut cukup ramai dan memiliki potensi bagus untuk membuka bisnis, booking area tersebut dan mulailah jalankan bisnis.

Sebaliknya, jika lokasi bisnis tidak strategis, dapat dipastikan bisnis bakal begitu-begitu saja tanpa perkembangan. Atau malah bangkrut karena besarnya pengeluaran tidak diimbangi dengan pemasukan.

6. Manajemen Keuangan yang Buruk

Uang menjadi instrumen penting yang sangat sensitif terhadap laju pertumbuhan bisnis. Banyak pelaku bisnis berpendapat kalau keuangan perusahaan akan tetap baik jika terus-menerus mengalami perputaran. Memang benar, tapi alangkah baiknya jika perputaran yang dimaksud berupa pendapatan bukan pengeluaran.

Untuk mengetahui perbandingan pendapatan dan pengeluaran, buatlah manajemen keuangan yang baik. Catat setiap transaksi kas masuk dan keluar perusahaan secara terperinci untuk mengetahui posisi keuangannya.

Lakukan Perubahan Kecil untuk Kemajuan Bisnis

Sukses tidaknya bisnis ada di tangan Anda. Jika ingin bisnis sukses, hindari kesalahan-kesalahan kecil yang akan menghambat laju pertumbuhan bisnis. Kalau pun ada kesalahan, lakukan perbaikan secepat mungkin agar dampaknya tidak terlalu buruk bagi bisnis.

Sumber : Okezone.com

About Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA