Kamis, 9 Februari 2017 04:41:44
Dilihat sebanyak 1.035 kali

4 Tips Dalam Memulai Bisnis

4 Tips Dalam Memulai Bisnis
Modul Bisnis Tips Bisnis

Memulai sebuah bisnis tanpa pengalaman bukanlah sesuatu yang menakutkan. Karena, keberhasilan seorang pengusaha itu bukan hanya dari pengalamannya saja, tapi mereka juga biasanya termotivasi, bersemangat, dan pekerja keras.

bisnisJadi, selama Anda memiliki itu semua – termotivasi, bersemangat dan pekerja keras –  walau tak memiliki pengalaman itu tak jadi soal. Berikut tips memulai bisnis baru:

images 1 - 4 Tips Dalam Memulai Bisnis

Lakukan riset pasar

Sebelum memulai bisnis, sebaiknya Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk memastikan apakah ada pasar untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Apakah situasi pasar memungkinkan untuk meluncurkan produk atau jasa Anda. Baca: Cara Melakukan Riset Pasar Dasar

market research - 4 Tips Dalam Memulai Bisnis

Selain itu, riset pasar diperlukan untuk mengetahui pesaing. Apakah Anda bermain sendiri di segmen tersebut atau sudah ada pemain lain, seperti apa kekuatan dan kelemahan mereka, apa keunggulan Anda dibandingkan pesaing, apakah ada unique selling point dari ide bisnis Anda. Baca: Mana Yang Lebih Penting Intuisi atau Riset Pasar

Kemudian Anda juga harus mengetahui siapa target bisnis Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut memerlukan riset marketing yang luas untuk memastikan Anda memiliki sebuah ide yang bisa diubah menjadi keuntungan.

Memilih lokasi yang tepat

Seperti kita ketahui peraturan tentang  kewirausahaan di beberapa daerah berbeda-beda. Beberapa daerah bisa sangat ramah, bahkan sangat mendukung tumbuh kembangnya kewirausahaan. Tapi, di daerah lain ada juga yang membuat peraturan yang bisa membuat bisnis Anda berhenti dalam waktu cepat. Pemilihan lokasi yang strategis juga dilihat dari target bisnis Anda. Jadi, pilihlah lokasi mana yang ingin Anda jadikan sebagai markas bisnis Anda.

Siapkan rencana bisnis

Dari setiap bisnis yang sukses, rencana bisnis merupakan unsur yang penting. Pada dasarnya, rencana bisnis ini seperti blue print dari bisnis masa depan Anda.Baca: Kesalahan Umum Ketika Membuat Rencana Bisnis

Banyak bisnis yang tak memiliki rencana bisnis yang kemudian gagal. Nah, Anda bisa menghindarinya dengan membuat rencana bisnis. Anda harus menganggap rencana bisnis ini sebagai kebutuhan mutlak untuk keberhasilan bisnis. Rencana bisnis jangka panjang dan jangka pendek juga harus Anda persiapkan. Anda juga bisa memiliki referensi untuk rencana bisnis Anda. Baca: Buatlah Sebuah Rencana Jika Tak Ingin Gagal!

Pekerjakan orang yang tepat

Setelah memastikan ide bisnis brilian Anda memiliki potensi pasar dan permintaan yang dapat menguntungkan, memiliki lokasi yang strategis, dan rencana bisnis yang tepat, alangkah baiknya jika Anda memiliki tim yang siap bekerja keras untuk membuat ide bisnis Anda menjadi kenyataan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk merekrut orang-orang yang tepat sesuai nilai-nilai perusahaan. Namun, proses perekrutan sering kali tak semudah yang dibayangkan. Karena, bagi mereka yang tak memiliki latar belakang pengalaman dalam berbisnis biasanya kesulitan. Sebaiknya rekrut orang – orang yang ahli dalam bidang bisnis Anda.

 

Referensi marketing.co.id

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA