Sikap Pebisnis Dalam Menjalankan Bisnis


BISNISRIAU – Ketika menganalisis mengapa beberapa pebisnis berhasil menjalankan usaha sementara yang lain susah berkembang, salah satu alasan yang sering digunakan adalah “karena beberapa orang memang tidak memiliki “potongan” jadi bos”. Inilah yang harus diluruskan sebab pada kenyataannya semua orang memiliki titik awal, dan hampir semua pebisnis berpengalaman pasti menyatakan bahwa mereka belajar dan berubah banyak sejak pertama kali memulai.

Akan selalu ada ruang untuk meningkatkan kemampuan berbisnis asalkan mau belajar. Anda tentu dapat memulainya dari mana saja sesuka hati, salah satunya dengan meningkatkan kualitas diri yang dilakukan dengan memaksimalkan karakter berbisnis yang telah dimiliki. Namun hal itu belum cukup karena masih banyak sikap pebisnis sukses yang mungkin belum ada dalam diri Anda sehingga perlu dipelajari lebih lanjut.

Sebelum benar-benar siap belajar, Anda tentu harus mengetahui sikap berbisnis sukses yang wajib dimiliki seorang pengusaha terlebih dahulu. Di antara nya :

1. Kerelaan Untuk Bekerja Lebih

Anda adalah orang yang bertanggungjawab terhadap segala hal yang dilakukan oleh karyawan, mulai dari mendistribusikan pekerjaan hingga menjamin kenyamanan kantor. Anda juga yang nantinya berhadapan dengan konsumen jika ada yang tidak beres dengan produk maupun layanan. Atas alasan ini, seorang pebisnis sukses harus mau bekerja lebih lama dan lebih berat demi kesuksesan usaha yang dijalankan.

2. Kemampuan Beradaptasi dan Menyesuaikan

Tidak semua hal selalu berjalan sesuai rencana, bahkan seringkali meleset dari perkiraan. Seorang pebisnis sukses harus mampu beradaptasi dengan perubahan tiba-tiba yang terjadi dalam pasar. Anda juga harus dapat menyesuaikan perubahan keadaan, bahkan siap membuat rencana B, rencana C, maupun rencana yang lain dengan cepat serta cermat.

❛❛ Baca juga :   Hindari Kebiasaan Ini Jika Sudah Siap Menjadi Kaya di Riau

3. Rajin dan Ulet

Dua sikap ini sebenarnya saling terikat satu sama lain, yang mana rajin diartikan sebagai keinginan untuk berkerja keras sementara ulet adalah kemauan untuk menyelesaikan segala tanggung jawab yang dipikul meskipun sulit. Kedua karakter ini sangat dibutuhkan kehadirannya karena kerajinan tanpa keuletan membuat Anda susah memenangkan persaingan, sementara keuletan tanpa kerajinan akan berujung pada kerja keras yang tidak membuat pintar.

4. Kreativitas dan Inovasi

Solusi masalah bisnis tidak selalu mudah, jelas, dan gampang diimplentasikan. Anda seringkali harus berpikir out of the box dan membuat manuver kreatif untuk bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan. Pebisnis inovatif adalah pemimpin bagi sebuah industri yang mampu menawarkan produk maupun servis kratif untuk memenuhi kebutuhan setiap target konsumen.

5. Memiliki Kemauan Belajar dan Kemampuan Menganalisa

Tidak ada seorang pun yang tahu segala hal ketika baru memulai sebuah bisnis, sehingga kemauan belajar dan kemampuan menganalisa arah pasar merupakan sikap yang harus dimiliki seorang pebisnis sukses. Percayalah, memiliki dua kemampuan ini akan mampu membuat Anda bertahan dan memenangkan hati pelanggan.

6. Kemampuan Mengobservasi

Bukan hanya menganalisa pasar, Anda juga harus mampu mengobservasi kinerja dan kelakuan karyawan. Mengetahui performa seseorang penting dilakukan agar Anda dapat segera memutuskan langkah lebih lanjut yang harus dilakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

❛❛ Baca juga :   Trik Menjalankan Bisnis Dengan Baik

7. Keinginan Berkompetisi

Akan selalu ada kompetisi dalam dunia industri, dan Anda akan kalah bersaing jika tidak memiliki jiwa kompetitif. Sikap ini sangat perlu dimiliki karena akan membuat Anda terpacu untuk lebih produktif menyediakan produk dan jasa bagi para konsumen.

8. Kemampuan Berkomunikasi

Komunikasi adalah faktor cukup penting yang diperlukan untuk membuat klien tertarik menggunakan layanan perusahaan sekaligus membuat atmosfir kerja karyawan tetap baik. Oleh karena itu seorang pemimpin yang baik harus easy going dan mampu berkomunikasi dengan lancar demi masa depan perusahaan lebih cerah.

9. Baik dan Profesional

Kebaikan dan profesionalitas diperlukan dalam dunia usaha, terutama jika Anda berhadapan dengan karyawan bermasalah maupun klien cukup sulit. Memiliki sikap baik dan profesional akan membuat Anda memperlakukan orang dengan baik, sehingga siapapun yang berhadapan akan merasa dihargai sehingga mudah luluh.

Itulah beberapa sikap pebisnis profesional yang harus dimiliki demi kesuksesan usaha Anda. Tentu saja karakter tersebut tidak akan bisa didapatkan secara instan, melainkan dengan kesabaran dan usaha yang terus-menerus. Jika telah berhasil menanamkan karakter tersebut dalam diri sendiri, maka Anda dijamin dapat menjalankan usaha dengan lebih baik.

 

Sumber : maxmanroe.com

Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA