Harga Emas Terus Merangkak

Harga Emas Terus Merangkak
Liputan Media

BISNISRIAU – Harga emas menguat perlahan-lahan sepanjang pekan ini. Kamis (15/3) pukul 8.05 WIB, harga emas untuk pengiriman April 2018 di Commodity Exchange menguat 0,11% ke US$ 1.327,10 per ons troi.

Meski menguat ketimbang kemarin, posisi harga emas ini sama dengan harga penutupan Selasa lalu. Drama politik Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu penyebab harga emas merangkak naik.

“Harga emas berada di antara efek negatif dan positif yang muncul di pasar saham, kebijakan AS, serta risiko yang naik turun,” kata Peter Fertig, analis Quantitative Commodity Research kepada Reuters.

Pergeseran posisi menteri luar negeri AS dan direktur CIA menjadi salah satu pendorong harga emas. Barnabas Gan, analis OCBC menambahkan, investor menghindari risiko setelah pemecatan Rex Tillerson dari jabatan menteri luar negeri.

❛❛ Baca juga :   2018, Gubernur BI Tekankan Untuk Melonggarkan Instrumen Bunga

“Penggantinya, Mike Pompeo merupakan pendukung kebijakan perdagangan Trump dan bisa menjalankan agenda penerapan kebijakan dagang ke rekanan AS, ketidakpastian ini dan pengalihan risiko menyebabkan emas jadi opsi safe haven,” kata Gan.

Sumber: kontan.co.id

Tentang Wiwit Cahyati

I'm Graphic Designer, Programmer