Sabtu, 30 Juni 2018 12:16:35
Dilihat sebanyak 1.241 kali

Tips Usaha Wedding Organaizer (WO) Bagi Pemula

Tips Usaha Wedding Organaizer (WO) Bagi Pemula
Inspirasi Bisnis Peluang Usaha

Tips Usaha Wedding Organaizer (WO) Bagi Pemula – usaha wedding organaizer merupakan salah satu bisnis yang di miliki potensial yang luar bisa yang tidak pernah ada habisnya. pernikahan adalah moment berharga setiap orang pasti berkeinginan untuk bisa menyelenggarakan sebuah pernikahan yang berkesan dan tak terlupkan. di sini lah peran sebuah usaha wedding organizer di butuhkan di pasaran. pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas mengenai Tips Usaha Wedding Organaizer (WO) Bagi Pemula. banyak dari anda mungkin sudah berpengalam bersentuhan dengan pelaku usaha wedding organizer, beberapa juga sudah pasti cukup tahu bahwa bisnis ini bisa menjadi sangat menguntungkan. tetapi kebanyakan lagi juga tidak punya bayangan sama sekali bagaimana memulai usaha wedding organizer ini.

Saya sempat mengatakan bahwa ada nilai ekonomi yang cukup menjanjikan dari sebuah kratifitas, nilai sebuah kreatifitas bisa menggandakan bahkan akan anda jumpai dalam potensi bisnis weddding organizer. dan menarik ketika anda mulai berbisnis wedding organizer, bahwa sebenarnya anda bisa memulainya dari modal relatif minim. karena kebanyakan pelaku usaha ini akan menerapkan pembayaran 2/3 di awal atau malah pembayaran lunas di awal yang bsa anda putarkan sebagai modal membeli peralatan. jadi modal utama anda adalah modal yang akan anda perlukan untuk promosi dan menunjukan ekssistensi dari usaha anda. dan ddengan beberapa langkah efektif inipun bisa anda upayakan tetap berada dalam lingkaran kebutuhan modal yang terkendali.

Untuk usaha jasa ini, modal yang diperlukan lebih pada kepercayaan dan kemampuan membina jaringan. Klien juga akan membayar DP sebelum kerja sama dimulai sehingga wedding organizer tidak mengeluarkan uang sama sekali.

Bisnis WO juga tidak perlu harus langsung memiliki kantor. Pertemuan-pertemuan dengan klien bisa dilakukan di berbagai tempat yang disepakati, misalnya di kafe. Adapun untuk alat kerja awal, dapat memanfaatkan milik pribadi seperti telepon pintar dan laptop.

Lantas bagaimana tips memulai dan menjalankan usaha ini bagi para pelaku usaha baru yang belum memiliki banyak jaringan kenalan vendor dan bermodal pas-pasan?

Jika belum mengantongi banyak pengalaman maka Anda bisa melakukan kerja sama simbiosis mutualisme dengan para pasangan yang hendak menikah.

Mulailah dari lingkungan pertemanan. Cobalah menjadi penyelenggara pernikahan untuk kalangan teman-teman pribadi atau saudara.

Jangan langsung mengambil untung dari proyek yang digarap. Akan tetapi, berikanlah jasa dengan harga yang sangat murah dan bahkan gratis. Kendati tanpa bayaran professional, lakukanlah pekerjaan secara maksimal.

Lakukan upaya demikian selama sekitar 1-2 tahun hingga bisnis dirasakan mapan untuk membayar tim kerja secara professional.

Sambil memberikan paket murah atau gratis, bangun jaringan dengan vendor pernikahan seluas-luasnya sehingga Anda memiliki banyak pilihan yang dapat ditawarkan kepada klien.

Sebarkan juga kartu nama dan brosur-brosur kepada para vendor sebab acapkali agar mereka melibatkan Anda ketika mendapat proyek acara pernikahan.

Ada dua manfaat yang bisa didapat dari sistem ini. Pertama, Anda memiliki kesempatan untuk belajar sekaligus mengevaluasi cara kerja yang efektif bagi tim Anda, vendor mana yang dapat diajak kerja sama, hingga tarif yang sesuai untuk jasa Anda.

Selain mendapat pengalaman untuk menangani berbagai kendala kerja yang ada, daftar portofolio Anda juga akan semakin bertambah yang dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

Keuntungan kedua, Anda bisa mengharapkan feedback berupa promosi dari mulut ke mulut dari para klien awal yang puas dengan hasil kerja Anda.

Dalam bisnis jasa wedding organizer, pengembangan usaha akan lebih dipengaruhi oleh kepercayaan konsumen maupun rekan sesama vendor. Membina dan menjaga hubungan baik tersebut tentunya memerlukan proses yang tidak instan.

itulah beberapa Tips Usaha Wedding Organaizer (WO) Bagi Pemula, semoga anda bisa mencoba usaha wedding organaizer (WO) dan usaha anda membeikan keuntungan bagi anda.

sumber: bisnis.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA