Senin, 3 April 2017 03:53:12
Dilihat sebanyak 2.260 kali

Tips Merintis Bisnis SPA di Pekanbaru dan Riau

Tips Merintis Bisnis SPA di Pekanbaru dan Riau – Demam bisnis spa yang kini melanda kota-kota besar telah menular dari hotel berbintang, lokasi eksklusif, mal, hingga ke kompleks perumahan. Karena tempat usahanya di rumah, modalnya jadi terjangkau. Margin labanya bisa mencapai 50%.

Urusan mengendurkan dan mengencangkan urat saraf tak pelak lagi telah menjadi ladang bisnis yang kian menggiurkan. Apalagi jika dipadukan dengan perawatan dan upaya mempercantik keelokan tubuh. Setelah bekerja dan berkutat dengan rutinitas yang menjemukan, orang-orang lelaki maupun perempuan butuh waktu untuk meredakan ketegangan saraf, sekaligus memanjakan tubuhnya.

Maka tak heran bila solus per aqua alias spa kian merebak di kota-kota besar, dan hampir selalu dipadati pengunjung laki-laki dan perempuan. Berendam di kolam air hangat sembari menghirup wewangian aromaterapi yang menyeruak di spa ini bisa melegakan otak yang serasa sumpek. Ditingkahi sapuan scrub, elusan lulur di sekujur tubuh, plus pijatan dengan aneka minyak-minyakan alami, hmm…. timbul deh sensasi rileks yang sungguh menyenangkan. Setelah menjalani terapi itu, kulit terasa resik dan indah. Badan pun terasa ringan.

Untuk menikmati perawatan itu, orang tak segan-segan keluar duit ratusan hingga jutaan rupiah sekali servis komplet. Tak heran, bisnis spa semakin merebak di mana-mana. Tak hanya di kota-kota besar, kini gerai-gerai spa juga mulai menerobos daerah-daerah.

Di kota besar , selain butik-butik spa yang sudah cukup lama nongkrong di hotel berbintang, gerai-gerai spa juga terus bermunculan di mal atau pusat keramaian. Bahkan kini, demam gerai spa pelan-pelan sudah menjalar ke kompleks perumahan.

Mungkin bu-ibu rumah tangga bakal kesulitan kalau harus pergi ke tempat spa yang ada di tengah perkotaan, seperti di mal atau hotel. Selain biayanya mahal, ibu rumah tangga itu sulit meninggalkan kediamannya. Karena itu Spa Rumahan adalah solusi usaha cerdas yang bisa di bangun di rumah anda atau dilingkungan perumahan anda.

Bisnis dalam bidang kebugaran tubuh dan spa nampaknya menjadi trend peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Kesadaran dan kebutuhan masyarakat modern terutama kelas menengah keatas akan kebugaran dan kesehatan tubuh semakin meningkat. Bisnis di sektor ini memang untuk pasar kelas menengah ke atas karena kelompok inilah yang memiliki kemampuan untuk menyisihkan dana demi kebugaran tubuh.Kareba bisnis spa berkaitan dengan kepuasan dan cita rasa maka agar sukses dalam menekuni usaha spa diperlukan langkah-langkah merintis usaha spa yang tepat dan akurat.

Jika anda tertarik untuk mengambil peluang usaha bisnis spa ada beberapa kiat dan langkah dalam merintis usaha spa ini.
MASALAH MODAL

SUDAH TENTU PERLU MODAL UNTUK MEMULAI SEBUAH USAHA. PULUHAN JUTA ATAU BAHKAN RATUSAN JUTA. TAPI, JIKA ANDA TIDAK MEMPUNYAI MODAL YANG BESAR, ANDA BISA MEMULAI DARI BISNIS KECIL DENGAN MODAL YANG TERJANGKAU. ADA BEBERAPA CARA UNTUK MEMULAI SEBUAH BISNIS SPA:

1. ANDA BISA MEMULAINYA SENDIRI. DENGAN MODAL SENDIRI.

2. ANDA BISA MEMULAINYA DENGAN SISTEM PATNERSHIP. MUNGKIN DENGAN KELUARGA ATAU TEMAN ANDA.

MODAL YANG BUTUHKAN UNTUK MEMULAI BISNIS SPA MINI:

1. ANDA BISA MENYEWA SEBUAH TEMPAT DILOKASINYA YANG STARTEGIS. TENTU MODALNYA JUGA PASTI BESAR. JIKA ANDA MEMILIH DI MOL, ANDA HARUS MENYIAPKAN DANA SEKITAR 10-20 JUTA UNTUK MENYEWA TEMPAT

2. TAPI, JIKA ITU MAHAL UNTUK ANDA, ANDA BISA MEMANFAATKAN SUDUT-SUDUT DIRUMAH ANDA. MUNGKIN KAMAR TAMU ANDA, HALAMAN BELAKANG, BERANDA BELAKANG RUMAH ANDA ATAU MUNGKIN ANDA BISA MEMBUAT RUANGAN BARU. JANGAN LUPA MIN. ANDA HARUS MEMPUNYAI 2 RUANGAN. 1 UNTUK RUANGAN PIJAT, LULUR, DAN RELAKSASI DAN 1 RUANGAN UNTUK UNTUK BERENDAM. ITU BISA MENGHEMAT MODAL ANDA.

3. PERALATAN SPA TIDAK PERLU YANG MEWAH. HANYA TEMPAT UNTUK LULUR DAN DAN TEMPAT BERENDAM. JIKA ANDA TIDAK MENGGUNAKAN BATH-UP ANDA BISA MENGGUNAKAN WATERPOOL YANG BANYAK DIJUAL DIPASARAN.

4. JANGAN LUPA HAL-HAL KECIL SEPERTI HANDUK DAN PAKAIAN MANDI.

5. PRODUK BALI HOME SPA. PRODUK SPA TENTU YANG PALING PENTING. JANGAN SAMPAI PELANGGAN ANDA MERASA KURANG NYAMAN DENGAN PRODUK ANDA. APALAGI SEKARANG MARAK BERESAR PRODUK SPA PALSU.

KARENA ITU KAMI MENYEDIAKAN PRODUK BALI HOME SPA DENGAN KUALITIAS INTERNASIONAL DAN SUDAH TENTU 100% TRADISIONAL PRODUCT.

6. TARIF. JIKA ANDA MEMBUKA USAHA SPA MINI. JANGAN MEMAKAI TARIF KELAS ATAS. SESUAIKAN DENGAN MODAL YANG ANDA KELUARKAN UNTUK MEMBELI PRODUK HOME SPA.

7. PELANGGAN. PASTIKAN ANDA MEMILIH PASAR YANG BENAR. UNTUK USAHA SPA MINI, ANDA BISA MEMULAI DENGAN KALANGAN REMAJA DAN MAHASISWA ATAU MUNGKIN TETANGGA DISEKITAR ANDA. JIKA ANDA TINGGAL DIPERUMAHAN, PELUANG ANDA SANGAT BAGUS. KARENA BIASANYA IBU-IBU RUMAH TANGGA SELALU INGIN TAMPIL FRESH.

8. PROMOSI. PROSOMI SANGAT MUDAH. BISA DARI MULUT KE MULUT. ATAU MUNGKIN ANDA BISA MENGAJAK TEMAN-TEMAN, KELUARGA, ATAU TETANGGA ANDA UNTUK MENCOBA PRODUK ANDA DENGAN BONUS 50% SELANJUTNYA JIKA MEREKA MERASA NYAMAN DENGAN SENDIRINYA PELANGGAN ANDA AKAN DATANG

9. TENAGA KERJA. TIDAK PERLU TENAGA KERJA KHUSUS UNTUK HOME SPA. ANDA BISA MELAKUKANNYA SENDIRI ATAU MENAMBAH 1-2 TENAGA LAGI.

10. BISNIS INI TENTU SAJA SANGAT MENJANJIKAN. UNTUK IBU-IBU RUMAH TANGGA INI BISA MENJADI PELUANG BISNIS UNTUK MENAMBAH PENGHASILAN. APALAGI UNTUK KALANGAN MAHASISWA YANG MEMPUNYAI PASAR LEBIH BESAR, INI BISA MENJADI PENGHASILAN UNTUK BIAYA KULIAH ATAU SEKEDAR PENAMBAH UANG JAJAN BUAT SHOPING.
SIMULASI BISNIS HOME SPA:

1. KASUR LIPAT PLASTIK: 130,000X2= 260,000 (ANDA BISA MENAWAR DITEMPAT GROSIR DI KOTA ANDA)

2. WATERPOOL PLASTIK MEDIUM : 155,000X2= 310,000 (ANDA BISA MENAWAR DITEMPAT GROSIR DI KOTA ANDA)

3. PRODUK SPA : SILAHKAN EMAIL KAMI UNTUK MENDAPATKAN KATALOG HARGA UNTUK PRODUK BALI HOME SPA. UMUMNYA UNTUK SPA MINI 1,000,000

4. TARIF SPA ANDA : 50,000 (ANDA BISA MENENTUKAN SENDIRI)

TOTAL PENGELUARAN : 1,570,000
TOTAL PEMASUKAN 1 BULAN :
1. 2 ORANG PER HARI : 2X30 HARI= 60 ORANG
2. 60 ORANG x 50,000 = 3,000,000
BALIK MODAL : 1 BULAN

NB: TIDAK TERMASUK DEKORASI RUANGAN DAN TENAGA KERJA (JIKA ANDA MEMILIH TENAGA KERJA ATAU ANDA BISA KURSUS DAN MENJADI PENGAJAR UNTUK PEGAWAI ANDA ITU MENGHEMAT SANGAT BANYAK)

Atau jika tidak punya cukup modal, bisa jadi reseller juga dengan menjula product-product home spa di rumah, misalnya toko spa mini 🙂 jadi, hanya perlu membeli product dan bisa langsung dijual kan??

Home spa di rumah bisa jauh lebih hemat lho, dan bisa kita lakukan kapan saja kita mau ^–^ apalagi jika dilakukan setiap hari, hasilnya pasti akan lebih bagus, bayangkan aja kalau harus setiap hari ke salon ^–^

bisa hemat, tetap cantik, dan dapat duit juga.

TIPS KEBERHASILAN USAHA

Tempat yang nyaman dan asri dengan atmosfeer yang membawa ketenangan jiwa
Dikelola dengan ulet, tekun dan tanpa mengenal putus asa
Bangun image produk jasa yang ditawarkan memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan dengan produk atau jasa spa yang ditawarkan pesaing
Kualitas pelayanan harus senantiasa terjaga
Giat membangun jaringan baik dengan pemasok, lembaga keuangan, lembaga pembinaan, serta jaringan pasar/konsumen
Segmentasi pasar yang jelas

Tips pasca melakukan spa yang bisa disarankan pada pelanggan :

Agar kulit tubuh tetap kencang, hindari mandi menggunakan air panas. Gunakan air suam-suam kuku. Air panas adalah musuh terbesar bagi kulit;
Jaga agar berat badan tetap stabil, agar kulit tetap elastis;
Minum minimal 8 gelas air putih per hari untuk memperlancar pembuangan toksin dan menjaga kelembaban kulit;
Gunakan selalu tabir surya meski dalam ruang tertutup;
Olahraga rutin dan diet seimbang;
Konsumsi makanan tinggi protein.

Manfaat spa:
menghaluskan dan mengencangkan kulit, memberi nutrisi pada kulit tubuh.
membantu memperlambat proses penuaan dini
menghilangkan capek-capek/pegal tubuh, mengendurkan ketegangan otot.
membantu mengurangi stress, karena setelah spa maka badan dan pikiran akan terasa segar.
detoksifikasi tubuh/mengeluarkan racun tubuh.
meningkatkan kekebalan tubuh
menyehatkan tubuh: menurunkan tekanan darah tinggi, insomnia, depresi, migrain, dll.

Tempat Spa harus nyaman dan bisa membuat konsumen merasa santai. Jika usaha ini dibuka di rumah, maka harus menyiapkan ruangan kamar Spa dengan aksesoris dan soft furnishing yang pas. Sumber : tradisionalhomespa.yolasite.com dengan perubahan seperlunya.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status