Selasa, 15 Januari 2019 14:35:56
Dilihat sebanyak 298 kali

Cara Promosi Usaha Makanan Agar Lebih Banyak Pelanggan

Cara Promosi Usaha Makanan Agar Lebih Banyak Pelanggan
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Cara promosi usaha makanan merupakan salah satu faktor penting dalam perjalanan sebuah bisnis kuliner. Menjalankan strategi yang efektif dalam mempromosikan produk kuliner yang dijual dapat memberikan dampak yang luar biasa.

Nah, bagi Anda pecinta kuliner dan pemilik usaha makanan, berikut ini adalah beberapa cara promosi usaha makanan yang bisa Anda pelajari dan terapkan pada bisnis Anda:

1. Konsisten Menjaga Kualitas Makanan

Cara promosi usaha makanan yang pertama dan terbaik yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kualitas dan rasa makanan. Promosi ke luar secara gencar hanya akan sia-sia bila kita tidak bisa memberikan kualitas yang baik kepada konsumen.

Selain itu, mempertahankan kualitas yang sudah diciptakan sejak awal merupakan hal berikutnya yang harus tetap dijaga. Kita pasti pernah bertemu dengan usaha makanan yang tidak konsisten dengan rasa makanan yang dijual ketika konsumen mereka sedang ramai. Ini bukan hal yang bagus karena akan membuat kecewa pelanggan.

Perhatikan standar dan prosedur memasak di bisnis Anda agar kualitas makanan bisa tetap sama.

2. Cara Promosi Usaha Makanan dengan Memanfaatkan Momentum

Tidak setiap hari sebuah usaha makanan  mendapat banyak kunjungan, bahkan terkadang bisa sangat sepi pembeli. Kita bisa melakukan berbagai upaya agar bisnis makanan yang dibangun mendapat pelanggan baru dan pelanggan tetap.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan ikut serta dalam kegiatan bazar atau event-event lain yang mengundang keramaian. Berpartisipasi dalam kegiatan bazar, eksibisi, pasar malam, dan perayaan momen tertentu akan membuat usaha makanan Anda selalu mendapat konsumen baru.

Misalnya pada momen acara peringatan Hari Kemerdekaan, Anda bisa memberikan diskon untuk paket makanan tertentu. Promosi ini juga bisa dilakukan melalui media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang.

3. Membuat dan Menyebarkan Selebaran

Cara promosi usaha makanan dengan trik yang satu ini terbukti cukup efektif untuk mendapatkan perhatian dari orang-orang baru dan belum mengenal usaha makanan Anda. Usahakan selebaran tersebut dibuat dengan desain dan informasi yang mudah diingat oleh orang lain.

Jangan lupa untuk mencantumkan alamat dan kontak tempat usaha Anda. Selain itu, brosur tersebut juga bisa ditambahkan resep makanan yang menjadi andalan di tempat Anda, atau informasi dan pengetahuan tentang bahan-bahan makanan, dan informasi lain yang masih relevan.

4. Membuat Stiker dan Memasangnya di Tempat yang Mudah Terlihat

Trik seperti ini sudah cukup sering kita lihat. Biasanya stiker ini dipasang di tempat yang cukup sering dilalui oleh orang-orang sehingga mudah terlihat khalayak ramai.

Namun, pastikan Anda tidak memasang stiker di tempat yang dilarang. Misalnya di fasilitas umum dan properti pribadi, ini bisa mengakibatkan orang lain merasa tidak nyaman.

5. Membuat Peta Lokasi Usaha Pada Kemasan Produk

Trik ini bisa dilakukan bila tempat usaha kuliner Anda memang kurang strategis. Kualitas dan rasa makanan yang Anda jual mungkin sangat baik, tapi jika orang lain tidak mengetahui lokasi usaha Anda maka proses pemasaran akan terhambat.

Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, Anda bisa membuat peta lokasi tempat usaha dan memasangnya pada kemasan makanan. Selain bisa menjadi media promosi gratis, kemasan makanan juga bisa menjadi penunjuk lokasi tempat usaha.

6. Bergabung dengan Komunitas Tertentu

Untuk memperkenalkan kuliner andalan Anda, maka ada baiknya bila bergabung dengan komunitas yang masih relevan dengan bisnis Anda. Dengan memiliki komunitas yang aktif, kegiatan saling berbagi informasi antar anggota akan memberikan peluang baru bagi Anda.

7. Memanfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Hari gini siapa sih yang tidak pakai media sosial, terutama kaum milenial. Nah, kita bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan kuliner yang ingin dijual.

Promosi di media sosial tidak hanya tentang penjualan langsung, namun lebih ke branding dan membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat di media sosial.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA