Tips Menciptakan Perencanaan Usaha yang Baik untuk Pemula

Tips Menciptakan Perencanaan Usaha yang Baik untuk Pemula
Tips Bisnis

BeritaUKM – Anda termasuk pemula dalam berbisnis? Sejauh mana perencanaan usaha yang telah anda buat? Perencaan usaha seringkali menjadi hal yang di nomer duakan bagi pebisnis pemula. Padahal perencanaan usaha yang baik akan berdampak pula pada perjalanan usaha ke depannya.

Menciptakan perencanaan usaha memerlukan persiapan sejak awal akan dibentuknya usaha. Baik usaha dengan modal kecil ataupun dengan modal yang relatif besar, dibutuhkan perencanaan sejak awal. Adapun beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha yaitu sebagai berikut.

  • Jenis Usaha

Tentunya sebelum merencanakan usaha, anda harus mengetahui dulu, kira-kira jenis usaha seperti apa yang akan anda rintis. anda bisa mulai mencoba menjalankan satu jenis usaha saja dulu, sebelum mengembangkannya dengan jenis usaha lainnya.

  • Lokasi Usaha

Memilih lokasi usaha yang tepat juga perlu anda masukan dalam perencanaan usaha. Karena lokasi ini akan memakan biaya tertentu untuk anda yang baru merintis usaha. Misalnya untuk usaha kuliner, tentu anda harus mencari lokasi yang strategis untuk berjualan, seperti di tempat-tempat umum yang banyak dilewati orang. Lain halnya jika anda memilih usaha online, maka lokasi usaha ini bisa tidak masuk dalam list perencanaan.

  • Modal Usaha

Besarnya modal usaha ini dapat anda sesuaikan dengan perencanaan yang akan anda buat. Bagi anda yang merintis usaha yang masih kecil, sebaiknya menggunakan tabungan pribadi dulu. Yang harus anda perhatikan adalah lebih baik jangan memulai usaha dengan modal pinjaman ya, anda.

  • Perhitungan Laba Rugi

Dasar dalam berjalannya sebuah usaha adalah proyeksi dari perhitungan laba dan rugi. anda harus estimasi, kira-kira berapa laba per bulan yang ingin anda capai serta berapa biaya operasional per bulannya yang harus anda keluarkan untuk jalannya usaha tersebut.

  • Evaluasi Usaha secara Berkala

Hal yang tidak kalah penting selanjutnya adalah evaluasi secara berkala. Apakah rencana anda sudah jalan sebagaimana mestinya? Jika sudah, bagaimana dampaknya pada usaha? Evaluasi ini dapat dilakukan 3 bulan atau 6 bulan sekali. Dengan evaluasi anda bisa menciptakan perencanaan yang lebih baik lagi agar usaha yang sudah berjalan dapat semakin berkembang.

Semoga tips di atas dapat membantu anda dalam membuat perencanaan usaha yang maksimal ya.

About Isti RWD

Isti RWD Admin UKMRIAU