Senin, 26 Agustus 2019 10:07:50
Dilihat sebanyak 643 kali

Cara Bisnis Jasa Titip Beli Barang

Cara Bisnis Jasa Titip Beli Barang
Inspirasi Bisnis

Sederhananya, untuk memulai bisnis jastip ini Anda harus punya akun media sosial, misalnya Instagram dan Facebook. Kemudian Anda mengunjungi mall atau pusat perbelanjaan, lalu mengambil foto beberapa produk yang akan diposting di akun media sosial.

Dulu pengguna jasa personal shopper ini hanya dari kalangan tertentu saja yang membeli barang-barang mahal. Tapi sekarang untuk membeli berbagai barang, bahkan yang murah pun bisa menggunakan jasa titip beli barang.

Alur bisnisnya kira-kira seperti ini;

Anda memposting berbagai produk di akun media sosial Anda
Followers Anda yang tertarik akan memesan item yang ingin dibelikan
Konsumen mengirimkan uang kepada Anda, sudah termasuk biaya kirim dan jasa membelikan item
Anda mengirimkan item ke alamat konsumen
Kalau dilihat alurnya ternyata cukup sederhana ya, tapi tentu saja ini membutuhkan ketelitian. Seorang personal shopper bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari bisnis yang nyaris tanpa modal tersebut. Misalnya Anda menambahkan biaya jasa sebesar Rp30ribu per item untuk jasa titip beli barang, bila dalam sebulan ada 100 item pesanan maka keuntungan bisa mencapai Rp3 juta. Lumayan kan!

Bila Anda tertarik dengan bisnis ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa sukses merintis bisnis jasa titip beli barang:

1. Menentukan Target Pasar Anda
Sebaiknya Anda menentukan target market Anda sejak awal dan fokus pada konsumen di market tersebut. Misalnya bisnis jasa titip beli barang yang Anda tawarkan khusus untuk segmen produk wanita; tas bermerk, jam tangan bermerk, atau pakaian wanita bermerk.

2. Menentukan Media Pemasaran
Biasanya media pemasaran bisnis jasa titip beli barang ini dilakukan melalui media sosial. Namun Anda tidak perlu menggunakan semua media sosial, pilih satu atau dua media sosial yang paling efektif.

Kebanyakan pebisnis personal shopper ini menggunakan media sosial Instagram sebagai kanal pemasaran utama. Hal ini bukan tanpa alasan. Instagram adalah media sosial yang menggunakan gambar dan video singkat sebagai konten. Selain itu, penggunaan tagar atau hastag di Instagram sangat efektif untuk mengoptimalkan pemasaran.

Selain Instagram, para personal shopper juga menggunakan Twitter dan Facebook Fan Page untuk membantu proses pemasaran bisnis. Semakin rajin memposting gambar-gambar item yang menarik di akun media sosial, maka potensi untuk mendapatkan konsumen akan semakin besar.

3. Memahami Cara Kerja Bisnis Titip Beli Barang
Mengawali bisnis jasa titip beli barang ini pasti akan terasa gampang-gampang susah. Anda harus persuasif dan punya kemampuan berkomunikasi yang baik di media sosial. Sejak awal Anda harus menentukan apakah mengharuskan si penitip membayar di awal atau Anda yang menalangi pembelian.

Selain itu, Anda juga harus terbuka kepada si penitip mengenai besarnya tarif jasa titip beli yang akan dikenakan pada setiap item barang. Harga jasa tersebut tidak boleh ditawar karena akan membuat Anda rugi nantinya. Jangan memberikan biaya jasa yang terlalu mahal atau terlalu murah, sesuaikan dengan harga barang yang akan dibeli.

4. Proaktif Mencari Event Potensial
Memang inti dari jasa titip beli barang ini adalah membelikan item yang diinginkan oleh konsumen yang menitip. Namun, ada baiknya bila Anda juga proaktif dan tidak hanya menunggu orderan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengunjungi berbagai event obral barang yang sesuai dengan segmen target market Anda.

Dengan begitu, konsumen Anda akan lebih tertarik untuk memesan karena ingin mendapatkan barang yang diinginkan dengna harga yang lebih murah. Misalnya segmen target market Anda adalah wanita karir dan modis, maka Anda harus rajin mengunjungi sale besar segmen wanita modis di beberapa pusat perbelanjaan.

Sumber : www.maxmanroe.com

 

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA