Anda Mau Tau Langkah-Langkah Mudah Memulai Bisnis? Simak Selengkapnya

Anda Mau Tau Langkah-Langkah Mudah Memulai Bisnis? Simak Selengkapnya
Inspirasi Bisnis Tips Bisnis

Bisnis Riau, JAKARTA – Memiliki sebuah bisnis tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya, memulai bisnis baru dapat menjadi sangat sulit bagi seorang pemula.

Mereka membutuhkan mental dan keberanian yang kuat untuk memulainya, sekalipun itu hanya bisnis kecil. Seringkali bayang-bayang akan risiko kegagalan atau kerugian muncul dan membuat mereka ragu untuk memulainya.

Dilansir dari halaman Aliceheiman berikut adalah 7 langkah tepat yang dibutuhkan dalam memulai bisnis dengan sukses

1. Tentukan Lokasi 

Dalam memulai bisnis, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi bisnis anda. Anda harus mencari lokasi yang strategis untuk membuka bisnis.

Usahakan berada di pusat kota dan terjangkau oleh masyarakat. Jangan sekali-kali anda memilih lokasi bisnis yang berada di dalam gang ataupun wilayah terpencil.

Untuk mencari lokasi yang tepat ramai dan sesuai keinginan, anda perlu melakukan survei. Biasanya orang-orang yang ingin membuka usaha melakukan survei berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk turun langsung kelapangan guna mengetahui kondisi dan prospek pembeli.

2. Tentukan target pasar

Setelah menentukan lokasi, anda harus segera menyusun target pasar dari bisnis anda. Hal ini sangat berguna untuk menyesuaikan produk anda dengan target pasar yang anda pilih.

Sebagai salah satu contohnya, ketika anda mempunyai target pasar untuk generasi milenial maka anda akan secara otomatis untuk mendesain produk dan lokasi bisnis anda agar nyaman ditempati dan dinikmati oleh pelanggan. Seperti dengan memberikan fasilitas WiFi, TV, bahkan hingga permainan-permainan kartu seperti Uno hingga Ludo.

❛❛ Baca juga :   Ini Dia, Hal yang bisa bikin bisnis anda tidak sukses

3. Analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunity and Threats) 

Setelah menentukan lokasi dan target pasar, anda harus melakukan evaluasi dengan menggunakan analisis SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman)

Anda perlu tahu kekuatan dari bisnis anda seperti apa. Pasalnya jika anda sudah mengetahuinya maka anda akan bisa memanfaatkan dari kekuatan tersebut untuk menarik pelanggan.

Anda juga perlu mengetahui kelemahan dari bisnis anda. Sehingga jika anda sudah mengetahuinya maka anda bisa memperbaiki bisnis anda agar lebih baik lagi.

Selain itu anda juga perlu bisa membaca peluang sekecil apapun. Jangan sampai anda sesekali peluang sekecil apapun karena hal itu tidak akan datang dua kali.

Anda juga perlu mengetahui apa yang akan bisa mengancam bisnis anda. Dengan begitu sebelum ancaman tersebut datang menghampiri, anda bisa mengantisipasinya terlebih dahulu.

4. Tetapkan Strategi Pasar

Setelah mendapatkan lokasi, target pasar dan melakukan analisis, anda mulai bisa menetapkan strategi. Cobalah membuat strategi yang belum dilakukan oleh perusahaan manapun khususnya pesaing anda.

Karena jika memiliki strategi sama maka anda bisa dicap sebagai plagiat oleh perusahaan tersebut. Selain itu usahakan juga untuk membuat strategi yang menarik.

❛❛ Baca juga :   Fakta Yang Terkait Pergantian Gubernur BI

Sebagai salah satu contohnya, ketika anda membuat sebuah bisnis baju, anda bisa melakukan strategi penjualan dengan menggandeng artis-artis ternama dengan cara endorse. Ataupun anda juga bisa memberikan promo-promo spesial seperti diskon dan sebagainya.

5. Tentukan Rencana Keuangan Bisnis Anda 

Setelah melalui semuanya, anda juga perlu menentukan rencana keuangan anda. Anda bisa membuat antara pemasukan dan pengeluaran.

Bahkan dianjurkan jika rencana keuangan bisa dilakukan dan di audit setiap bulan. Dengan cara seperti itu, anda akan mengetahui untung rugi dari bisnis anda.

6. Posisikan Diri dan Bangun Komunikasi Dengan Orang

Anda perlu memposisikan diri dalam bisnis anda. Jangan sekali kali anda menyimpang dari rencana yang sudah anda buat sedemikan rupa.

Selain itu anda juga perlu membangun komunikasi dengan orang-orang. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian orang kepada bisnis anda.

Usahakan bangun komunikasi dengan orang-orang terdekat dengan anda. Seperti ibu bapak, saudara , hingga teman-teman dekat anda.

7. Aksi

Meskipun anda sudah membuat rencana sedemikian rupa tidak artinya jika anda tidak melaksanakannya. Oleh karenanya kerjakan dan laksanakan semua yang sudah ada rencanakan.

Upayakan untuk melakukan hal yang terbaik dan jangan sekali-kali menyerah. Karena sebagai pebisnis baru, sudah sewajarnya akan sulit untuk bisa langsung bersaing. Oleh karena itu bersabar , coba terus dan selamat mencoba.

Sumber : okezone.com

Tentang Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA