Senin, 10 Juli 2017 07:03:53
Dilihat sebanyak 1.077 kali

7 Peluang Usaha Yang Dapat Dilakukan Oleh Pelajar/Mahasiswa

7 Peluang Usaha Yang Dapat Dilakukan Oleh Pelajar/Mahasiswa
Inspirasi Bisnis Media Online Pekanbaru Peluang Bisnis Peluang Usaha

Di era globalisasi saat ini banyak sekali peluang kerja yang dapat dilakukan.  Dengan kemudahan  akses internet  telah membuka peluang kita untuk membuka usaha yang dapat dipelajari dan ditekuni dengan mudah oleh semua kalangan, termasuk bagi para pelajar/mahasiswa.

Sudah banyak pelajar/mahasiswa yang berpikir untuk menjalankan sebuah bisnis dan menghasilkan uang atas usahanya sendiri. Adapun tujuannya adalah seperti ingin mendapatkan uang saku tambahan, meringankan beban orang tua dalam membiayai pendidikan, untuk ditabung agar bisa melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi  dan ada juga yang ingin mendapatkan pengalaman kerja.

Ulasan kali ini akan memberikan beberapa  peluang usaha  yang cukup mudah, dan tentunya setiap pelajar/mahasiswa tidak akan pernah sulit untuk melakukannnya. silahkan disimak penjelasan dibawah ini.

1. Penulis Artikel – merupakan  salah satu jenis bisnis online yang dapat dijalankan dengan mudah bagi para pelajar/mahasiswa yang memiliki kemampuan membuat artikel atau sebuah cerita dalam bentuk karangan. misalkan membuat artikel tentang dunia bisnis  ataupun perkembangan dunia teknologi yang sedang populer saat ini. untuk menguasai topik seperti itu, tentunya memerlukan pemahaman dan pengetahuan yang luas terhadap topik yang akan ditulis.

Membuat artikel seperti ini memiliki potensi yang menjanjikan, keuntungan nya lumayan bila dijalani dengan serius. sedangkan cara untuk mempromosikan/menjual karya yang telah dibuat dapat dilakukan melalui sosial media seperti facebook,twitter,instagram, atau forum forum terkenal lainnya.

2.Menjadi Seorang Blogger – poin ini tidak jauh dari yang pertama yaitu menjadi seorang blogger dimana ia melibatkan seorang penulis artikel. apabila kita mahir dalam membuat artikel tidak ada salahnya  kalau konten dari artikel yang dibuat  ada yang diterbitkan melalui situs blog kita sendiri. Sumber penghasilan seorang Blogger yaitu dari produk iklan yang tayang pada blog yang dibuat.

3.Menjadi Youtuber – Sekarang ini banyak sekali orang orang yang tergila menjadi seorang youtuber. bahkan di Indonesia telah banyak youtuber-youtuber yang bermunculan. Nah, jika kalian mempunya video original buatan kamu, atau memiliki ide ide yang unik dalam membuat video jangan di sia siakan.Lebih baik coba dibagikan melalui situs YouTube.Siapa tau bisa booming dan meraih tayangan yang luar biasa dari penonton. Ini nantinya yang akan dapat dikonversi menjadi sumber penghasilan uang dari internet disetiap viewers(yang melihat video kita) dan subscribenya (yang berlanggan di channel youtube kita) . Penghasilan youtuber juga bisa melalui iklan yang tayang pada video yang kita buat.

5. Jasa penginstalan aplikasi dan update software – Jika anda memiliki hobi yang berhubungan dengan hal ini, anda bisa menjadikannya sebagai sebuah bisnis yang dapat menguntungkan anda. Promosikan bahwa anda membuka jasa beberapa penginstalan aplikasi yang cukup banyak dipakai di jaman sekarang seperti photoshop, coreldraw, dan office (word, excel, powerpoint),peingnstalan OS (Operating system) seperti windows 7 dan windows 8, dan sebagainya.

6.Bimbingan belajar atau kursus privat – Memberikan kursus pribadi atau bimbingan belajar kepada anak anak SD contohnya adalah sebuah ide usaha sampingan yang layak untuk kamu pertimbangkan. Dengan mengatur jadwal yang tepat tanpa mengganggu aktifitas kuliah, tentu waktu luang kamu akan berubah menjadi sebuah profit penghasilan. Untuk memulai mengenalkan jasa ini, ada baiknya kamu coba dengan memberikan bimbingan belajar kepada anak tetangga yang terdekat. Jika memang kamu memiliki value, maka sudah pasti informasi akan cepet tersebar meskipun hanya dari mulut ke mulut orang tua anak tersebut.

7. Bisnis jualan pulsa- sebagian besar teman-teman anda di sekolah/kuliah pastinya  memiliki alat komunikasi berupa ponsel atau  gadget. kebutuhan berkomunikasi seperti telepon, pesan singkat atau sms dan internet sudah tidak asing lagi bagi para pelajar/mahasiswa .Menjual pulsa elektrik bisa menjadi peluang usaha untuk pelajar/mahasiswa yang dapat dilakukan secara sederhana dan modal awal yang terjangkau serta tidak mengganggu aktivitas sekolah/kuliah.Pada awalnya bisa kamu lakukan hanya dengan melayani teman, ataupun tetangga sekitar saja. Namun jika memungkinkan dan prospeknya cukup menjanjikan maka tidak salah jika kamu menekuni bisnis ini lebih serius dengan membuat konter pulsa kecil kecilan.

Nah, Jika anda seorang pelajar/mahasiswa dan berminat untuk menjalani salah satu dari bisnis di atas, tidak ada salahnya jika anda mencobanya  dari sekarang. Selain dapat  menambah uang saku, usaha-usaha ini juga dapat  melatih keterampilan dan kreatifitas anda sejak awal dan menjadi sebuah pengalaman kerja ketika sudah lulus nanti. Namun, Anda juga harus pintar membagi waktu antara belajar dan berbisnis. Jangan sampai bisnis yang anda lakukan tersebut mengganggu kewajiban anda sebagai seorang pelajar, Karena Peluang kerja sampingan untuk pelajar/mahasiswa yang paling baik dan tepat adalah usaha yang tidak mengganggu jadwal belajar serta waktu kuliah. Terima Kasih….

sumber : centrausaha.com

 

 

 

 

 

 

 

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA