Kamis, 26 Juli 2018 14:45:17
Dilihat sebanyak 970 kali

5 Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan

5 Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan
Inspirasi Bisnis Peluang Usaha

5 Usaha Sampingan Untuk Menambah Penghasilan – Melakukan usaha sampingan adalah salah satu cara gampang untuk menambah penghasilan di luar pekerjaan utama. Biasanya banyak dilakukan oleh pegawai kantoran, ibu rumah tangga, dan mahasiswa.

Usaha sampingan banyak yang dijalankan oleh kaum hawa, seperti bisnis fashion, hijab, cake, kue kering dan lain sebagainya. Namun, bukan berarti pria tidak bisa menjalankan usaha sampingan.

Ada banyak peluang usaha sampingan, tapi tak semuanya cocok untuk laki-laki sehingga kebanyakan usaha sampingan dijalani oleh perempuan. Berikut 5 usaha sampingan untuk para pria, dikutip HaloMoney.

1. Jual Racikan Kopi

Kopi yang tadinya hanya diminum oleh segelintir laki-laki dewasa, kini sudah banyak digemari semua kalangan, terutama para generasi milenial. Tentunya ini bisa menjadi peluang besar bagi Anda yang juga suka minum kopi.

Tak perlu membuka coffee shop atau kedai kopi karena modalnya pasti butuh banyak dan tidak bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan. Anda bisa menjual kopi racikan yang bisa diseduh oleh siapa saja tanpa perlu keahlian barista hebat untuk membuatnya.

Sebagai tahap awal, cobalah untuk berekperimen membuat kopi dari berbagai macam jenis biji kopi yang ada di Indonesia. Campurkan kopi dengan bahan-bahan tambahan seperti gula aren, susu, dan juga krim. Kalau sudah dapat hasil racikan yang pas, Anda bisa menjualnya dalam bentuk sachet yang cukup untuk diminum satu orang alias satu porsi.

2. Reseller Fashion dan Aksesoris

Anda yang suka memperhatikan penampilan bisa mencoba usaha sampingan ini. Saat ini masih jarang ada orang yang hanya khusus menjual barang-barang fashion dan aksesoris khusus laki-laki, sehingga peluang ini bisa Anda lirik karena tak banyak pesaingnya.

Cari distibutor barang-barang fashion dan aksesoris yang punya keunikan sendiri sehingga bisa membuat usaha sampingan Anda cepat dikenal oleh masyarakat. Anda juga harus bisa memix and match barang dagangan Anda agar bisa menjualnya from head to toe.

3. Rental Kamera

Jika Anda memiliki koleksi kamera, Anda bisa merentalkan kamera yang Anda miliki. Merasa riskan untuk merentalkan kamera kepada orang lain? Terapkan sistem uang deposito kepada calon peminjam kamera Anda.

Jangan cuma merentalkan kamera, Anda juga bisa merentalkan peralatan fotografi lainnya seperti tripod, lensa, filter, tudung, dan lain sebagainya. Kalau usaha sampingan ini berjalan lancar, Anda bisa menambah kamera serta melengkapi peralatan fotografi lainnya.

4. Sewa Perlengkapan Naik Gunung

Anda gemar naik gunung, pastinya Anda punya beberapa peralatan untuk naik gunung. Sebagian besar orang yang ingin naik gunung tidak akan membeli semua peralatan naik gunung karena harganya terbilang cukup mahal sehingga lebih baik menyewanya. Ini bisa menjadi peluang usaha sampingan yang cocok untuk Anda.

Perlengkapan gunung yang bisa Anda sewakan, mulai dari tenda, ransel, sleeping bag, handy talkie, senter, tongkat gunung, hingga perlengkapan memasak seperti kompor portabel, panci, spirtus, gas, dan lain sebagainya.

5. Jasa Pembuatan Website dan Desain

Anda yang memiliki keahlian di bidang IT bisa membuka usaha sampingan jasa pembuatan website dan desain. Tak perlu modal yang banyak untuk usaha sampingan ini karena Anda hanya butuh keahlian, koneksi internet, dan pastinya laptop atau komputer. Targetkan calon pelanggan Anda berdasarkan dengan biaya yang Anda terapkan.

Misalkan saja untuk jasa pembuatan website untuk blogger, Anda bisa mematok harga yang tidak terlalu mahal karena isi di dalamnya tidaklah rumit. Lain halnya jika ada orang yang ingin menyewa jasa untuk membuatkan website toko online yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Jika tak sanggup bekerja sendiri, ajak teman seprofesi untuk turut serta dalam usaha sampingan ini.

Sumber : merdeka.com