Dodol Naga, Buah Tangan Dari Bengkalis

Dodol Naga, Buah Tangan Dari Bengkalis
Berita UKM Nasional Dunia UKM

BisnisRiau, Bengkalis – Dodol Naga, Buah Tangan Dari Bengkalis Kini telah hadir di Kabupaten Bengkalis  kuliner khas Bengkalis yang terbaru yaitu Dodol  buah naga, yang rasanya enak dan bikin ketagihan.

Siapa yang tidak kenal dengan makan yang satu ini. Namun dodol yang satu ini berbeda dari yang lain, karena terbuat dari buah pilihan dan sangat enak saat dimakan, serta sangat cocok buat cemilan.

Yup.. Buah naga, adalah tanaman yang berasal dari Negara  meksiko, Amerika tengah dan amerika selatan telah dibudidayakan di Indonesia serta menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tak sedikit bagi pemanfaatnya.

Di kabupaten Bengkalis, buah naga tak hanya bisa dimakan langsung, tapi juga diolah menjadi dodol. Ini merupakan satu-satunya tempat yang memproduksi dodol naga,  yaitu di jalan Wonosari Kabupaten Bengkalis.Ternyata rasa buah naganya yang khas dan sangat enak ini mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat.

❛❛ Baca juga :   Peluang Usaha Rendang Kemasan Raup Omzet Ratusan Jutaan Per Bulan

Munidah seorang wanita pengusaha dodol, melihat peluang bisnis yang menjanjikan dari buah naga ini.

“Awalnya saya hanya mencoba  apakah buah naga ini bisa dijadikan makanan untuk kuliner, setelah beberapa kali saya mencoba ternyata  a bisa diolah menjadi dodol meskipun harga buah naga ini lumayan mahal, tetapi jika dijadikan dodol ternyata jauh lebih menguntungkan,”ujarnya.

Bentuk dodol buah naga ini berwarna merah dan terdapat begitu banyak biji kecil-kecil, untuk mengolahnya juga tidak bisa dilakukan secara  sembarangan karena jika diolah dengan cara yang salah maka menghasilkan dodol  berwarna hitam dan rasanya juga tidak enak.

❛❛ Baca juga :   KSEI Genap Berusia 20 Tahun, Jumlah Investor sudah Mencapai 1,1 Juta Investor

“Dodol ini tidak bisa diolah menggunakan mesin karena jika diolah menggunakan mesin maka dodolnya akan berwarna hitam dan tidak menarik,  terpaksa kami mengolah dengan cara manual yaitu mengaduk dengan menggunakan tangan, untuk menghasilkan  dodol yang lebih baik,” Jelasnya.

Sudah hampir enam bulan bisnis dodol naga ini dijalankan dan keuntungan yang diraih dalam satu bulan bisa mencapai jutaan rupiah. Bagi masyarakat dari Bengkalis maupun luar Bengkalis bisa mendapatkan dodol ini dengan mudah, karena ia tersedia di pasar-pasar dan swalayan yang ada di Bengkalis.

Sumber: BertuahPos.com

Tentang Isti RWD