Presiden Jokowi Minta Modernisasi Pemasaran Bagi Perajin UKM

Presiden Jokowi Minta Modernisasi Pemasaran Bagi Perajin UKM
Berita UKM Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para perajin UKM meningkatkan usahanya dengan memasarkan produknya secara modernisasi, salah satunya melalui media sosial. Jokowi mencontohkan, salah satu media sosial yang cukup efektif digunakan untuk memasarkan produk saat ini adalah Instagram.

“Agar perajin UKM Indonesia meningkat usahanya maka saya perlu mengingatkan perlunya modernisasi industri kerajinan,” kata Jokowi saat membuka pameran Kriyanusa Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2017 di Balai Sidang, Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (27/9).

Proses produksi dan menjual oleh Perajn UKM mesti dijalankan secara modernisasi mulai dari mendapatkan bahan baku, pengelolaan sampai pemasaran produk.

“Modernisasi yang dirasakan dari hulu sampai hilir, mulai dari mendapatkan bahan baku, pengolahan, pembuatan produk jadi, kemasan, sampai pemasaran, itu semua harus dijalankan secara kekinian,” ujar Jokowi.

Sekarang adalah zamannya pemasaran produk secara online seperti melalui media sosial. Dimana dengan media sosial, lanjut Jokowi, siapa saja bisa mengakses dengan biaya yang murah dan pelanggan bisa dari mana saja. Bahkan, perajin UKM bisa menjangkau konsumen di luar negeri.

“Jadi boleh saja jualannya di Yogyakarta, Bandung, Makassar, di mana-mana, tapi yang bisa beli dari berbagai negara, karena bisa dilihat promosinya di medsos. Peluang-peluang itu lah yang harus kita kejar,” kata dia.

Sumber : beritasatu.com

About Riyondi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA