Bisnis Usaha Cover Mobil Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Cover Mobil Pekanbaru Riau
Dunia UKM


Bisnis Usaha Cover Mobil Pekanbaru Riau – Bagi pemilik kendaraan bermotor, menjaga body kendaraan baik dari cuaca maupun tangan iseng menjadi hal yang sangat diperhatikan. Karena itu tidak salah cover atau pelindung kendaraan masih banyak dicari masyarakat. Salah satunya adalah CoverKu yang dirintis Hendi Anugrah sejak awal 2015. Usaha yang berawal dari usaha rumahan ini kini semakin berkembang dengan konsep kerja sama bermodal hanya Rp 1 jutaan. Seperti apa kerja sama yang ditawarkan?

Awal Usaha Cover Kendaraan “CoverKu”

Pertumbuhan industry otomotif yang terus menunjukkan tren positif di Indonesia ternyata berdampak langsung pada peningkatan permintaan terhadap aksesori pendukungnya, salah satunya yaitu cover mobil. Walaupun bukan barang baru, namun penutup atau pelindung kendaraan ini bisa dibilang peluang usaha yang cukup menjanjikan. Hal inilah yang mendorong Hendi Anugrah untuk terjun ke usaha cover kendaraan sejak awal 2015.

Banyak pengguna mobil yang ingin menjaga kebersihan mobilnya saat ditinggalkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain itu dengan cover ini kondisi cat kendaraan beroda empat tersebut akan tetap baik karena terhindar dari panas dan hujan secara langsung,”ungkapnya.

Dalam merintis usaha dengan nama CoverKu ini, Hendi hanya mengeluarkan modal sekitar Rp 10 juta. Modal tersebut digunakan untuk membeli perlengkapan jahit dan juga bahan untuk membuat cover kendaraan. “Kebetulan saya punya pengalaman bekerja dikonveksi selama 2 tahun, jadi untuk membuat cover kendaraan tidak sulit,” ujarnya.

Benar saja, dengan memasarkan produknya secara langsung pada teman maupun kerabat serta menjalin kerja sama titip jual dengan berbagai usaha di bidang otomotif membuat CoverKu mendapatkan respons positif dari masyarakat. “Alhamdullilah, CoverKu sudah masuk di beberapa toko otomotif di wilayah Jawa Timur,” ungkap pria asli Sidoarjo ini.

Berawal Dari Usaha Rumahan Kini Produksi 800 Cover Kendaraan Dengan Omset Ratusan Juta

Jenis Cover Kendaraan Dari Mobil Hingga Sepeda

Jika awalnya CoverKu hanya memproduksi cover mobil dari berbagai tipe. Kini produk yang dibuat semakin beragam. Mulai dari cover sepeda motor hingga cover sepeda, sedangkan untuk di luar otomotif, CoverKu juga menawarkan produk cover tas untuk para pencinta alam, “hampir sebagian besar, produk kita adalah pesanan, sehingga ukurannya pas dengan kendaraan yang akan menggunakan cover tersebut, “ ujarnya.

Dalam menjalankan usaha, Hendy menonjolkan kualitas bahan serta kerapian dalam proses penjahitan. Untuk bahan ia memilih bahan yang tahan air atau waterproof seperti Milky, Tasian, dan Nolan, yang dikenal sebagai bahan terbaik untuk membuat produk-produk berbasis waterproof (anti air).

Harga Cover Kendaraan

Harga jual Coverku juga relative terjangkau tergantung jenis kendaraan dan bahan yang digunakan. Untuk mobil sedan dan sejenisnya Rp 300-320 ribu, mobil keluarga ukuran sedang seperta Avanza dan sejenisnya Rp 340 – 360 ribu dan mobil keluarga besar seperti Kijang Innova, Alphard dan sejenisnya Rp 380 -400 ribu. Dan ketiga ukuran tersebut, ukuran yang paling laku dan paling banyak dipesan adalah cover untuk mobil keluarga ukuran sedang. Sedangkan untuk sepeda motor dipasarkan dengan harga Rp 210 ribu, untuk sepeda seharga Rp 150 ribu dan tas berkisar Rp 100 ribu.

Setiap bulannya paling tidak Hendi bisa memproduksi 500 – 800 cover setiap bulan dengan omset sekitar Rp 100 juta. Bukan hanya di wilayah Jawa Timur, produknya juga telah dipesan hingga beberapa kota di Indonesia bahkan hingga mancanegara.

Peluang Usaha Menjadi Agen Cover Kendaraan

Melihat besarnya pasar produk cover kendaraan, Hendi menawarkan kerja sama usaha keagenan sejak usahanya berjalan lima bulan investasi yang ditawarkan pun sangat terjangkau, yakni cukup Rp 1 juta.

Dengan investasi tersebut, Mitra akan mendapatkan berbagai jenis cover yang nantinya bisa dijual kembali pada konsumen. “Bila ukuran cover yang diterima tidak pas, maka bisa memesan dengan ukuran yang sesuai dan langsung akan kita produksi dan kita kirim pada Mitra,” ujarnya.

Dan setiap penjualan cover kendaraan, Hendi akan memberikan ptongan harga sebesar 30%. Bukan hanya itu, bagi mitra yang kerap melakukan pesanan paling tidak 50 pesanan dalam satu bulan akan mendapatkan berbagai reward menarik mulai dari potongan harga yang lebih besar hingga berbagai hadiah lainnya.

Walaupun belum satu tahun menjalankan usaha ini, namun Hendi sudah memiliki 10 mitra usaha yang ada di beberapa kota besar di pulau Jawa seperti Bandung Sukabumi, Semarang, Solo hingga Surabaya. Bahkan dalam waktu dekat ada beberapa mitra dari luar Jawa yang akan bergabung untuk memasarkan usahanya.

Kendala Usaha

Seiring semakin besarnya permintaan, Hendi juga telah menambah jumlah mesin jahitnya menjadi 10 mesin dan memindahkan usahanya ke sebuah Ruko di Malang, jawa Timur. Namun hingga saat ini tidak semua mesin jahit difungsikan karena kurangnya karyawan yang bisa memproduksi cover dengan baik. “Saya masih kurang SDM di produksi, jadi kadang pesanan suka tersendat,” ungkapnya.

Namun begitu, Hendi tidak patah semangat. Dengan SDM yang ada ia mencoba untuk memproduksi pesanan konsumen sehingga sampai saat ini tidak ada konsumen yang kecewa dengan pelayanan yang kecewa dengan pelayanan yang diberikan. “Kita kerap lembur, dan pastinya teman-teman produksi juga akan mendapatkan imbalan yang sebanding dengan kerja keras mereka,” tutupnya. Sumber : ideusahabisnis.com


Tentang Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status