Senin, 10 Juli 2017 04:48:54
Dilihat sebanyak 1.109 kali

Inspirasi Peluang Bisnis Menembus Kemacetan Pekanbaru Riau

Inspirasi Peluang Bisnis Menembus Kemacetan Pekanbaru Riau
Berita UKM Nasional

Inspirasi Peluang Bisnis Menembus Kemacetan Pekanbaru Riau – Suatu masalah bagi sebagian orang dapat menjadi ide bisnis bagi mereka yang kreatif. Seperti masalah kemacetan lalu-lintas yang kronis di kota-kota besar di China sekarang ini mulai dilirik oleh para pengusaha kreatif untuk dijadikan lahan bisnis baru.

Diambil dari halaman harian China Daily, pengemudi mobil yang terjerat kemacetan sekarang ini dapat memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh para pengusaha kreatif ini. Jasa yang ditawarkan adalah menjemput pengendara mobil yang terjebak kemacetan dengan sepeda motor dan mengantarkannya sampai tujuan.

Setelah calon pelanggan menghubungi kontak servis perusahaan, maka tidak lama 2 orang mengendarai sepeda motor akan datang menghapirinya. Satu orang mengantarkan pengemudi mobil yang terjebak macet itu dan satunya akan membawakan mobil sampai alamat yang dituju.

“Kebanyakan pelanggan kami para wanita yang sering mengendarai mobil sendiri. Apabila terjebak kemacetan biasanya mereka cepat merasa bosan dan ingin segera sampai tujuan” ungkap salah satu pelaku usaha ini, Huang Xizhong seperti ditulis di halaman China Daily.

Target pasar dari bisnis jasa menembus kemacetan lalu lintas ini adalah pengendara mobil yang mempunyai janji/ rapat sangat penting, orang yang dalam perjalanan ke bandara untuk mengejar jadwal penerbangan, dan mereka yang mudah bosan dengan kemacetan.

Huang Xizhong yang membuka usaha ini di kota Wuhan mengaku jika awalnya membuka usahanya karena kerap ditelepon untuk menjeput orang yang sedang terjebak kemacetan. Berawal dari itu, Ia mulai membulatkan tekad untuk memasang tarif setiap kali penjemputan.

Hingga saat ini bisnis jasa menembus kemacetan lalu lintasnya sudah berkembang dengan beberapa karyawan. Padahal untuk menikmati jasanya itu, Ia mematok tarif yang cukup mahal. Menurut harian Guangzhou Daily, tarif yang dipatok Huang Xizhong sekitar 400 yuan, atau kalau di kurs ke rupiah sekitar Rp 547.000.

Meski penghasilan dari jasa menembus kemacetan lalu lintas ini lumayan besar, namun dalam menjalankan bisnis ini Ia masih juga menemui beberapa kendala. Di antaranya karena peraturan dilarangnya sepeda motor untuk masuk ke jalan tol.

Selain itu, masih banyak juga pelanggan yang ragu terhadap keamanan mobil yang dititipkan. Belum lagi kenyamanan dalam membonceng sepeda motor dalam menembus kemacetan juga masih perlu dipertimbangkan. Namun, jika melahat masalah lalu lintas di Indonesia sekarang ini, terlebih untuk kota besar seperti Pekanbaru. Bisnis seperti ini sepertinya layak untuk dipertimbangkan.

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status