Industri Kecil Menengah Mebel Dipersiapkan Pemerintah Untuk Jual Secara Online

Industri Kecil Menengah Mebel Dipersiapkan Pemerintah Untuk Jual Secara Online
Berita UKM Nasional


Pertumbuhan penjualan secara online saat ini lebih tinggi dibandingkan konvensional. Oleh karena itu, pelaku industri kecil dan menengah (IKM) khususnya sektor mebel dipersiapkan pemerintah Republik Indonesia untuk memasarkan produk secara online.

“Sejauh ini penjualan secara online ternyata memperlihatkan pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan berjualan secara konvensional,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih dikutip dari Antara, Selasa 5 September 2017.

Ia mengatakan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan penjualan mebel yang dipasarkan secara konvensional hanya sekitar 1 persen/tahun, sedangkan yang dipasarkan secara online pertumbuhannya mencapai 5 persen/tahun.

“Memang kalau dari sisi kuantitas, penjualan secara online tidak sebesar penjualan secara konvensional tetapi dari sisi transaksi lebih besar. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong penjualan melalui online,” katanya.

Terkait dengan hal itu, pihaknya merasa perlu menggandeng market place berbasis online bukalapak untuk memberikan pelatihan kepada para pelaku IKM. Selain itu, pihaknya juga sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi terkait kemudahan akses internet.

“Pada MoU ini salah satunya adalah Menteri Komunikasi dan Informasi memberikan pelatihan mengenai penjualan berbasis ‘online‘ sekaligus memberikan akses jaringan internet di daerah-daerah yang selama ini belum tersentuh internet,” katanya.

Gati menuturkan bahwa dalam forum internasional tema mengenai e-commerce tengah hangat diperbincangkan. Untuk itu, hal tersebut menjadi fokus dari pemerintah saat ini.

“Yang namanya e-commerce ini atau digital dibicarakan di setiap pertemuan dunia. Mau itu Trans Pacific Partnership (TPP), Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), hingga Unieropa. Oleh karena itu, kami tidak mau ketinggalan,” katanya.

Pihaknya berharap dengan penerapan sistem pemasaran secara online, pertumbuhan penjualan akan makin signifikan

Sumber : metrotvnews.com


Tentang Riyondi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA