Selasa, 4 Juli 2017 03:32:42
Dilihat sebanyak 1.627 kali

Bisnis Renda Pekanbaru Riau

Bisnis Renda Pekanbaru Riau
Berita UKM Nasional

Bisnis Renda Pekanbaru Riau – Sekilas, bisnis renda tak terlalu menjanjikan. Namun di tangan Martina, renda bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dengan omzet penjualan mencapai Rp 30 juta per bulan. Keistimewaannya, rajutan benang buatan perajin renda asal Pulau Bangka, Provinsi Bangka-Belitung, ini memiliki detail yang lebih rapi dan halus dibanding renda-renda pada umumnya.

Saat ditemui, baru-baru ini, Martina mengaku mulai tertarik dengan kerajinan renda pada 1979. Awalnya, ibu rumah tangga ini menjual renda buatannya untuk membantu mencari nafkah. Saat itu, penghasilan suaminya sebagai seorang supir sangat pas-pasan.

Seiring dengan waktu, Martina semakin terampil memproduksi renda yang indah. Hasil produksi Martina menghiasi hampir seluruh keperluan rumah tangga mulai dari alas gelas, kotak tisu, hingga taplak meja. Karena lebih bagus, renda buatan Martina sangat diminati pelanggan termasuk kalangan pejabat di Pulau Bangka. Harganya pun bervariasi antara Rp 3.500 hingga Rp 1,5 juta per buah.

Awal 1990-an, Martina mulai mengajak ibu-ibu di lingkungan rumahnya untuk menekuni kerajinan renda. Kini, koperasi perajin renda pimpinannya sudah memiliki 75 perajin yang tersebar di empat desa di Pulau Bangka. sumber : news.liputan6.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status