Selasa, 15 Januari 2019 15:30:05
Dilihat sebanyak 409 kali

Melirik Peluang Usaha Agribisnis Kekinian dan Modern

Melirik Peluang Usaha Agribisnis Kekinian dan Modern
Peluang Usaha

BeritaUKM, Riau – Tumbuh-tumbuhan menjadi sebagai sumber oksigen yang dihirup manusia dalam kehidupan sehari-hari, tidak heran jika banyak yang sengaja merawat tanaman di halaman depan atau belakang rumahnya agar terasa asri. Namun ternyata, tumbuhan juga dapat melahirkan peluang usaha dari sektor agribisnis. Sektor bisnis ini mungkin masih dipandang rendah, karena dinilai tidak memberikan prospek yang bagus. Selain itu, sektor agribisnis juga memerlukan ilmu dan perhatian yang mendalam agar tanaman terawatt dengan baik.

Walaupun rumit dalam hal pemeliharaan, namun bisnis agrobisnis sebenarnya tidaklah lekang oleh zaman. Bahkan di era modern ini, prospek nya masih sangat menjanjikan dan memiliki pasar yang tidak aka nada habisnya. Tidak hanya rumah, gedung pemerintaha, kantor, bahkan sekolah pun memerlukan tanaman hias. Terlebih lagi untuk kota-kota besar seperti Jakarta sangat memerlukan tanaman untuk hiasan di tengah polusi udara dan jalanan yang macet.

Kepentingan untuk hiasan tersebut membuat beberapa tanaman hias akhirnya dikemas sedemikian rupa untuk lebih kekinian dan mengikuti zaman. Nah berikut ini tanaman-tanaman yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda

1. Kaktus warna warni

Dalam bayangan orang, kaktus adalah tanaman yang hidup di daerah lembab dengan hanya berbentuk batang. Tetapi sekarang, banyak sekali kaktus dengan berbagai jenis yang layak untuk dijadikan hiasan. Mudah dirawat dan bentuknya yang kecil menjadikan kaktus lebih fleksibel untuk dimasukan ke dalam pot kecil. Beberapa kaktus yang umum dijual sebagai tanaman hias adalah Ariocarpus, Astrophytum, Cereus tetragonous dan masih banyak lagi.

2. Boneka Horta

Boneka ini terlihat mirip dengan boneka seperti biasanya, namun boneka horta ini dapat menumbuhkan tanaman. Boneka ini terbuat dari kayu serbuk dan dipadatkan agar membentuk karakter boneka, lalu jika disiram secara rutin akan tumbuh rumput. Boneka ini cocok untuk hadiah wisuda ataupun ulang tahun. Bisa juga diberikan untuk anak-anak untuk edukasi mereka betapa pentingnya merawat tanaman sejak dini.

3. Hidrogel

Berawal dari semakin terbatasnya lahan untuk tanaman, hidrogel muncul sebagai solusi dengan menggunakan semacam gel. Hydrogel ini terbuat dari Kristal polimer yang berfungsi sebagai penyerap air dan penyimpan nutrisi penting bagi tanaman. Dengan warna yang beragam, membuat tanaman ini akan terasa lebih cantik.

Itulah tadi beragam tanaman hias yang mungkin bisa menginsipirasi anda untuk memulai usaha dalam bidang agribisnis.

About Isti RWD