Rabu, 5 Desember 2018 09:55:56
Dilihat sebanyak 282 kali

Jenis UKM Pedesaan yang Membantu Keuangan Masyarakatnya

Jenis UKM Pedesaan yang Membantu Keuangan Masyarakatnya
Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau-sebuah usaha atau bisnis yang dijalankan di sektor pedesaan.Maksudnya adalah, masyarakat Indonesia saat ini terutama yang tinggal di desa cenderung memilih kota sebagai tempat untuk mengais rezeki. Berbisnis di kota seolah memiliki pesona tersendiri sehingga masyarakat desa rela meninggalkan tempat tinggalnya guna memperoleh kesuksesan.

Bila Anda masih bingung dengan usaha apa yang harus dilakoni untuk bisa membantu pendapatan masyarakat desa lewat sebuah UKM, berikut akan kami paparkan ulasannya di bawah ini!

1. Usaha Bercocok Tanam atau Berkebun

Seperti yang diketahui bersama, lahan di desa cukup luas dan tergolong subur. Maka dari itu, lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.Apalagi Indonesia dikenal dengan kekayaan alam yang berlimpah karena setiap apapun yang ditanam menghasilkan sebuah tanaman yang berkualitas dan bermanfaat

2. Jenis Usaha Kecil Menengah Seperti Berternak Ayam kampung

Selain kayak akan tanaman, Indonesia pun kayak akan hewani yang ada di sekitarnya. Salah satunya adalah ayam yang bisa dijadikan lahan usaha yang menjanjikan.Ayam di Indonesia pun banyak jenisnya, salah satunya adalah ayam kampung. Dilansir dari berbagai sumber, permintaan akan ayam ini terus mengalami peningkatan terutama menjelang hari raya.Jelas peluang tersebut merupakan sesuatu yang menjanjikan terutama di daerah pedesaan yang notabenenya masih memiliki lahan luas.

.

3. Budidaya Ikan

Selain ayam dan juga tanaman, UKM lain yang menjanjikan dan bisa membantu pendapatan masyarakat adalah dengan budidaya ikan. Tentu saja sangat potensial apabila ditambah dengan masih minimnya pasokan ikan segar di pasar yang ada di daerah Anda.

Namun, sebelum Anda ingin membudidayakan ikan ada langkah lain yang mesti dilakukan terlebih dahulu yaitu survey tentang harga ikan yang berada di pasaran. Sehingga bila sudah menemukan harga pasaran yang pas, Anda pun bisa menjalankan budidaya ikan tersebut.

4. Usaha Pertamini

Tidak dipungkir bahwasannya saat ini penduduk di desa sudah memiliki kendaraan modern roda dua dan juga roda empat. Apalagi ada beberapa desa yang dijadikan sebagai objek wisata sehingga banyak orang kota yang berlalu-lalang ke tempat tersebut.

Seringkali yang menajdi masalah dengan datangnya pengguna kendaraan ke desa adalah masih jarangnya ketersediaan bahan bakar mobil dan motor. Jika pun ada jarak yang ditempuh harus beratusan kilometer dan tak jarang untuk mengantri.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA