Rabu, 5 Desember 2018 11:03:38
Dilihat sebanyak 163 kali

Hal yang harus dilakukan sembelum memulai usaha Trending 2019

Hal yang harus dilakukan sembelum memulai usaha Trending 2019
Peluang Usaha

BeritaUKM,Riau-

Setelah Anda mengetahui macam-macam bisnis trending di tahun 2019, maka sebalum memulainya ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti :

  • Tentukan Jenis Usaha

Banyaknya jenis bisnis yang ada, maka sudah saatnya Anda menentukan bisnis yang akan dijalani. Penentuan tersebut bisa sesuai dengan minat Anda, sesuai tempat, ataupun target marketing yang akan Anda bidik.

Dengan membuat penentuan ini, maka Anda memiliki arah yang jelas untuk membuat planning, penyiapan modal, dan juga pemasarannya.

Namun yang pasti, bisnis akan berkembang dengan baik apabila Anda memiliki kemampuan dan minat tinggi dalam bidang tersebut.

Contohnya, Anda senang makan makanan yang manis seperti berbagai macam jenis kue. Nah, tidak ada salahnya untuk mencoba membuka toko kue. Atau Anda menyenangi dunia fashion, maka bisa membuka toko fashion.

  • Belajar tentang Ilmu Bisnis

Saat ini sudah banyak training, workshop, seminar yang bertemakan bisnis. Para pembicaranya pun adalah para pebisnis yang sudah expert di bidangnya. Mereka akan dengan ikhlas berbagi ilmunya tentang bisnis dari mulai membuka bisnis, peluang, pemasaran, dan lain sebagainya.

Selain mengikuti acara – acara bisnis tersebut, Anda pun bisa bergabung dalam komunitas bisnis. Dimana Anda akan bertemu dengan para pebisnis dalam bidang yang sama ataupun yang berbeda.

Namun, yang pasti dalam komunitas tersebut akan saling menguatkan satu sama lain sehingga apa yang tidak Anda ketahui bisa terbantu oleh mereka.

  • Menyiapkan Modal

Modal menjadi “bahan bakar” utama untuk memulai bisnis. Sekalipun bisnis yang dibuka bersifat kecil-kecilan tetap saja harus menggunakan modal. Modal selalu identik dengan uang.

Tetapi, bila bisnis yang ingin Anda buka seperti bisnis online, design grafis, dan lain sebagainya modal yang bisa Anda miliki bisa berupa gadget ataupun laptop.

Adapun jika harus menyiapkan uang tunai, jangan lupa untuk membuat terlebih dahulu bisnis plan Anda agar modal yang dihitung jelas tidak kurang atau pun lebih.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA