Cara Menemukan Peluang Usaha Dari Lingkungan Luar

Cara Menemukan Peluang Usaha Dari Lingkungan Luar
Peluang Usaha Tips Bisnis


Cara Menemukan Peluang Usaha Dari Lingkungan Luar – Pebisnis pemula sering mengalami kesulitan dalam menentukan usaha yang akan dijalani. Padahal inspirasi bisa datang dari mana saja, contohnya seperti lingkungan sekitar Anda. Memulai usaha dari lingkungan sekitar akan terasa lebih mudah karena setidaknya Anda tahu bagaimana kondisi perputaran uang di tempat tersebut.
Menemukan ide peluang usaha dari lingkungan sekitar lebih mudah karena Anda sudah mengetahui bagaimana kondisi ekonomi di daerah Anda. Usaha yang baru dirintis juga lebih praktis ditekuni karena dekat dengan tempat tinggal Anda. Untuk menemukan beberapa ide peluang di sekitar Anda, ikuti cara-cara berikut:
Mengadakan Riset
Informasi adalah hal penting yang harus Anda kuasai untuk menemukan peluang usaha. Informasi bisa didapatkan dengan melakukan riset kepada lingkungan sekitar. Cara melakukan riset tersebut bisa melalui survei kecil-kecilan atau dengan pengamatan semata. Idealnya, Anda harus terjun langsung ke lapangan untuk mengadakan riset ini, tapi jika tidak cukup waktu Anda bisa mengumpulkan informasi dengan bertanya-tanya pada masyarakat sekitar.
Dalam menentukan orang yang akan dijadikan narasumber, Anda terlebih harus memilih orang yang terpercaya. Misalnya, apakah orang tersebut benar-benar tinggal di area sekitar Anda atau hanya pendatang yang tidak menetap. Jika sudah melakukan riset dan mengumpulkan informasi yang cukup, Anda bisa menjabarkan informasi tersebut menjadi berbagai ide peluang usaha.
Amati Kebutuhan yang Paling Dicari
Saat mengumpulkan informasi, Anda harus mencari cara untuk mengetahui barang atau jasa yang paling dibutuhkan lingkungan sekitar. Karena masih termasuk lingkungan sekitar Anda, tentu akan lebih mudah mengetahuinya karena bisa jadi Anda pun mencari-cari kebutuhan tersebut. Misalnya, karena lingkungan Anda berdekatan dengan perkantoran, maka usaha seperti membuka kantin, menjual pulsa telepon, hingga kost-kostan akan lebih diminati.
Usaha yang menawarkan jasa atau barang yang dibutuhkan merupakan jaminan sukses, karena sudah ada calon pembelinya. Hal ini akan lebih memudahkan, jika dibandingkan Anda memulai usaha baru yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan oleh lingkungan sekitar. Tinggal bagaimana mengolah usaha tersebut menjadi lebih menarik sehingga pembeli tertarik berbelanja di tempat Anda daripada di tempat lain.
Menentukan Peluang Usaha yang Dipilih
Jika seluruh data sudah Anda kumpulkan, inilah saat untuk menganalisanya dan mengelompokan data tersebut menjadi beberapa ide peluang usaha. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa mengelompok data tersebut berdasarkan peluang usaha jasa dan jual beli. Lengkapi analisa Anda dengan perbandingan modal dan harga jual. Misalnya, usaha untuk memulai bisnis bakmi ayam akan membutuhkan gerobak dan bahan-bahan makanan, sementara usaha foto kopi harus membeli alat-alat fotokopi dengan harga yang cukup mahal dan juga menyewa tempat.
Pilih usaha yang memungkinkan untuk dimulai dengan modal Anda. Jika modal sedikit, sesuaikan dengan peluang usaha yang akan dicoba. Jangan sampai Anda mengalami kerugian sebelum memulai usaha. Yang tak kalah penting, Anda harus menyesuaikan kemampuan dan minat Anda dengan usaha yang akan dipilih. Bisa saja usaha yang sedang booming tentang fashion, tapi Anda sama sekali tidak berminat pada fashion dan tidak mempunyai pengetahuan akan tren fashion. Sebaliknya, Anda bisa mencoba bisnis web designer karena lebih tertarik pada teknologi dan juga usaha macam ini sangat diminati di lingkungan sekitar Anda. Jika Anda cocok dan juga mempunyai prospek yang bagus maka Anda bisa memulai peluang usaha tersebut.
Sumber : futuready.com

Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA