Bisnis Kurir Pekanbaru

Bisnis Kurir Pekanbaru
Pekanbaru

Bisnis Kurir Pekanbaru – Bisnis jasa kirim barang atau sering disebut kurir tentu bukan hal yang asing lagi saat ini. Dengan tinginya permintaan dari masyarakat akan jasa pengiriman barang membuat bisnis ini makin diminati dan menjamur. Jika dulu kita hanya mendapati satu pihak saja yang menyelenggarakan aktivitas kurir ini, maka saat ini kita bisa mendapatkan beberapa pilihan untuk kebutuhan pengiriman barang. Sekrang ini memang bisnis kurir sudah mulai banyak dijalankan oleh beberapa pihak swasta. Nah bila Anda juga tertarik dengan usaha ini dan ingin juga menjalankannya, maka Anda perlu mengetahui beberapa tips tentang cara memulainya. Berikut ulasannya.

1. Tentukan Lokasi Kantor
Tips pertama memulai usaha kurir ini adalah dengan menentukan lokasi kantor. Untuk menjalankan bisnis ini Anda memang membutuhkan sebuah tempat atau kantor tempat melayani konsumen. Nah untuk hal yang satu ini usahakan Anda bisa mendapatkan lokasi yang strategis agar konsumen bisa dengan mudah dijumpai dan didatangi konsumen. Namun untuk Anda yang memang harus memulai dengan kantor dengan lokasi yang kurang strategis, maka strategi jemput bola bisa Anda jadikan solusi untuk melayani konsumen yang akan mengirimkan barangnya. Jadi dalam startegi ini Anda harus mendatangi rumah konsumen yang akan menggunakan jasa kurir usaha Anda.

2. Pilih Jenis Transportasi dan Wilayah Pelayanan
Namanya saja bisnis kurir (jas antar barang), tentu akan memerlukan sarana transportasi untuk mengirim barang. Ketika menentukan jenis kendaraan dan luasan wilayah operasional akan berpengaruh pada modal yang akan dikeluarkan. Seperti contoh jika Anda ingin usaha kurir ini mampu menjangkau wilayah yang luas dan kiriman barang dalam jumlah besar maka Anda perlu modal besar untuk mendapatkan kendaraan roda empat (mobil). Sebaliknya bila Anda memang ingin memulai usaha dengan modal yang kecil, maka kendaraan berupa motor bisa jadi pilihan. Tapi dengan kendaraan roda dua ini risikonya bisnis kurir Anda hanya bisa menjangkau wilayah yang sempit.

3. Tentukan Jenis Layanannya
Berikutnya, tips untuk memulai bisnis pengiriman barang adalah menentukan jenis pelayanannya. Dalam dunia kurir memang banyak hal yang bisa ditawarkan pada konsumen seperti pengiriman dokumen, barang dan juga antar makanan. Nah untuk itulah Anda harus menentukan jenis layanan usaha kurir ini. Anda bisa saja menawarkan semua jenis layanan yang akan membuka peluang lebih besar mendapatkan laba. Namun tentunya untuk bisa melayani banyak hal, Anda membutuhkan banyak perlengkapan pendukung usaha dan SDM (Sumber Daya Manusia) yang itu berarti modal besar pasti akan diperlukan.

4. Menentukan Besaran Harga
Setelah jenis kendaraan, wilayah operasional, kantor dan item barang sudah ditentukan, maka saatnya menentukan besaran harga untuk jasa kurir Anda. Untuk menentukan harga ini Anda perlu melakukan survei harga dari layanan ini di tempat atau daerah Anda. Dengan menentukan harga sesuai pasaran, maka Anda bisa bersaing dan juga tidak terlalu membuang-buang kesempatan mendapatkan laba usaha karena harga yang terlalu murah.

5. Promosikan Bisnis Anda
Terakhir, setelah semua persiapan sudah beres, maka Anda perlu melakukan promosi usaha. Ya, Anda memang harus dan wajib mengenalkan usaha yang baru ini. Dengan promosi maka masyarakat akan bisa mengetahui keberadaan usaha Anda. Nah dari sinilah maka permintaan akan jasa pengiriman barang akan datang dan bisnis Anda pun bisa berjalan serta mendapatkan keuntungan. Teknik marketing atau promosi sendiri bisa Anda jalankan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki. Namun yang pasti selain promosi offline, seperti menyebar brosur atau beriklan di surat kabar, Anda juga tidak boleh melupakan strategi promosi online yang saat ini sangat besar prospeknya untuk mendatangkan konsumen. Sumber : pakpos.id

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status