Trik Menjalankan Bisnis Dengan Baik

Trik Menjalankan Bisnis Dengan Baik
Dunia Kerja Menjalankan Bisnis


BISNISRIAU – Berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus anda pahami ketika akan dan atau sedang menjalankan bisnis, agar anda betul-betul bisa menjadi pebisnis yang sukses. Karena menjadi pebisnis yang sukses, tentunya memiliki mindset dan pola kerja yang tidak dilakukan oleh mereka yang notabene bukan pengusaha.

Ada 6 cara untuk menjalankan ide bisnis dengan baik dan benar, yaitu:

1. MENTAL

Mental jangan takut gagal harus dimiliki ketika akan memulai bisnis, karena bisnis hanya menjadi rencana bila tidak mempunyai keberanian. Mental jangan menyerah harus dimiliki saat menjalani bisnis, karena ketika bisnis sudah berjalan, pastinya anda akan menemui banyak tantangan. Mental terus belajar harus dimiliki saat bisnis ingin terus dikembangkan.

2. MARKET

Market = Pasar = Konsumen. Kita harus tahu siapa calon pembeli kita. Kita harus bisa menentukan siapa target market kita. Target konsumen ini akan menjadi pembeli kita. Produk kita harus sesuai dengan target market.

3. MODAL

Modal memang penting ketika akan memulai bisnis, tapi jangan sampai karena kendala modal jadi tidak membuka bisnis. Kita bisa membuat kerjasama atau mencari investor. Modal minim juga bisa membuka bisnis, caranya dengan menjadi reseller. Pada artikel-artikel sebelumnya sudah saya tentang kiat praktis mencari modal dibahas secara lengkap bagaimana kiat mendapatkan modal, baik internal maupun eksternal, dan cara sukses menggunakan modal internal dan eksternal.

4. MARKETING

Marketing atau bahasa mudahnya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran sangat penting dipelajari dan diketahui oleh semua pengusaha. Kita harus bisa membuat produk kita dikenal konsumen hingga konsumen yakin dengan produk kita sehingga pembelian pun terjadi.

Strategi pemasaran yang baik bahkan sampai konsumen melakukan pembelian berulang. Pemasaran mencakup 4 hal utama: Product, Price, Place dan Promoon (Markeng Mix).

5. MANAJEMEN

Ketika bisnis kita sudah dibuka, maka selanjutnya kita perlu mengembangkan bisnis dengan system manajemen yang baik. Hal yang paling mendasar adalah manajemen keuangan dan SDM. Kita harus melakukan pengaturan uang yang masuk dan keluar. Kita juga perlu mengembangkan SDM yang ada, sehingga bisnis bisa berkembang dengan baik.

6. MONITORING

Bisnis yang sudah berjalan tidak selalu sesuai dengan rencana kita. Bisa jadi karena faktor internal ataupun faktor eksternal. Monitoring harus dilakukan untuk mengevaluasi bisnis Anda. Baik dari strategi pemasaran maupun manajemen bisnis.

Monitoring yang dilakukan secara rutin akan membuat bisnis Anda tetap terjaga pada jalur yang benar, ketika terjadi sesuatu yang salah pada bisnis, Anda bisa mengetahuinya dengan cepat dan memperbaikinya segera.

 

Sumber : ombaldan.com


Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA