Cara Memperluas Bisnis

Cara Memperluas Bisnis
Menjalankan Bisnis Modal Usaha


Cara Memperluas Bisnis – Pertumbuhan dan ekspansi bisnis adalah tujuan utama bagi sebagian besar pemilik bisnis dan pengusaha. Ada banyak cara untuk memperluas bisnis Anda di era pertumbuhan perekonomian yang lambat seperti saat ini. Tantangan ekonomi saat ini banyak menawarkan peluang unik untuk memperluas bisnis bagi mereka yang memiliki kemampuan khusus. Pengembangkan bisnis Anda adalah suatu tantangan yang berkelanjutan. Jika Anda telah menggunakan teknik perkembangan bisnis yang sama selama beberapa waktu, berikut adalah beberapa ide-ide segar, unik dan cocok untuk kondisi pasar saat ini, yang mungkin bisa merangsang beberapa pemikiran baru tentang bagaimana memperluas bisnis Anda.

1. Merencanakan strategi perluasan bisnis

Imajinasi dan perencaan merupakan kunci untuk memulai perluasan bisnis. Pikirkan setiap mode perluasan bisnis yang telah didiskusikan di atas dan sesuaikan dengan bisnis Anda. Mulai membuat daftar perencanaan. Sebagai contoh, kota mana yang Anda pilih untuk membuka cabang baru? Siapa kompetitor yang akan Anda beli jika harganya sesuai? Industri apa saja yang terkait atau menjadi pelengkap dengan bisnis Anda sekarang? Ketika Anda telah mengidentifikasi beberapa cara untuk melakukan perluasan bisnis, lakukan sedikit riset pasar untuk lebih mempelajari mengenai kesempatan dan masalah untuk perluasan bisnis. Sebagai contoh, ketika akan ingin membuka cabang baru di kota lain, Anda mungkin bisa mengunjungi kota tersebut dan menanyakan pelanggan potensial tentang ketertarikan melakukan bisnis dengan Anda jika Anda membuka cabang baru di kota mereka.

2. Mengembangkan bisnis secara organik

Perkembangan organic adalah bentuk paling umum dari ekspansi usaha kecil, dan mungkin cara Anda mengembangkan bisnis selama ini. Dalam perekonomian saat ini dimana konsumen semakin beralih pada nilai dibandingkan loyalitas, kesuksesan perkembangan organic membutuhkan introspeksi. Setiap bisnis harus memikirkan hubungan mereka dengan pelanggan utama untuk menentukan mengapa mereka tetap berlangganan, atau tidak mau lagi berlangganan. Perekonomian saat ini dapat mengubah cara pandang pelanggan terhadap produk atau jasa Anda, karena kebutuhan mereka mengenai layanan, harga dan faktor-faktor bisnis lainnya mungkin dipengaruhi oleh situasi ekonomi mereka. Transformasi analisis ini menjadi suatu inisiatif dalam memperbaiki bisnis dan masa depan, misalnya bagaimana membuat pelanggan senang, besaran investasi dalam bisnis, penjualan dan pemasaran yang agresif. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memperkuat hubungan dengan pelanggan utama dan tingkatkan nilai produk dan jasa Anda merupakan hal yang sangat penting jika Anda ingin berkembang secara organik.

3. Tambahkan produk dan layanan baru

Strategi ini terdengar relatif sederhana, namun mengeksekusi strategi ini secara serius bukanlah hal mudah. Pertama, Anda perlu mencari tahu mana produk dan layanan yang pelanggan Anda inginkan, dan berapa banyak dari mereka yang bersedia membayar untuk produk Anda. Berikutnya, menentukan mampu atau tidak Anda menjual produk dan layanan hingga menghasilkan keuntungan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melakukan riset pasar menyeluruh sebelum melakukan pencarian sumber daya (manusia dan keuangan) untuk produk baru atau perluasan layanan.

4. Menjual lebih banyak produk dan layanan kepada pelanggan yang ada

Ini adalah sisi lain dari strategi pertama: Menyentuh basis pelanggan Anda saat ini dengan lebih dalam. Mulailah dengan melakukan analisis segmentasi pasar untuk mengidentifikasi segmen pelanggan yang paling banyak membeli sehingga Anda dapat memfokuskan penjualan dan strategi pemasaran pada segmen ini.

5. Perluas Pada Industri Terkait

Apa yang telah Anda lakukan dengan tepat di bisnis Anda sendiri bisa juga diterapkan dengan baik untuk industri yang masih berhubungan, misalnya agen travel dan asuransi perjalanan. Ketika memperluas bisnis Anda pada industri yang masih terkait, Anda dapat memulai bisnis dari awal atau membeli bisnis yang sudah ada. Akuisisi cenderung lebih cepat, lebih murah dan kurang berisiko.

Perluasan dalam industri yang masih berhubungan dengan bisnis Anda dengan produk pelengkap atau jasa akan meningkatkan basis pelanggan potensial Anda dan juga dapat merevitalisasi siklus penjualan Anda. Basis pelanggan yang lebih besar dan lebih beragam juga akan menempatkan bisnis Anda dalam posisi yang lebih mudah untuk dijual atau mencari investor.

6. Bentangkan pasar ke wilayah-wilayah baru

Inti strategi kali ini adalah untuk memasarkan dan menjual produk maupun jasa yang ada pada pelanggan baru. Para pelanggan baru bisa dari segmen yang berbeda atau lokasi yang berbeda dari tempat Anda beroperasi. Jika jenis bisnis Anda ritel atau toko, jenis ekspansi kemungkinan berupa pembukaan lokasi baru di daerah geografis yang berbeda – baik di kota atau di provinsi berbeda.

Jika bisnis Anda hanya ada pada satu lokasi atau satu wilayah saja, sekarang mungkin waktunya untuk mendirikan toko di lokasi kedua atau memperluas area layanan Anda. Misalnya membuka usaha di lingkungan terdekat atau kota lain atau membuat layanan Anda tersedia untuk khalayak yang lebih luas secara geografis. Membuka cabang kedua jauh lebih murah daripada memulai bisnis baru dari nol. Anda juga bisa mendapatkan banyak pelanggan baru. Dengan demikian, cara ini bisa untuk meningkatkan bisnis Anda menjadi lebih menguntungkan. Perluasan bisnis sering memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari skala ekonomi yang sebelumnya tidak bisa Anda dapatkan. Selain itu, juga memberikan peningkatan keuntungan tambahan.

7. Anda sebaiknya menentukan target pasar dan pelanggan baru.

Kebanyakan bisnis menargetkan penjualan dan upaya pemasaran ke pasar pelanggan tertentu berdasarkan demografi seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi atau psikografis seperti minat, aktivitas, dan nilai-nilai. Tapi apakah ada pasar pelanggan lain yang juga mungkin layak untuk produk dan jasa Anda? Tentu saja ada! Mampu mencapai target pelanggan yang tepat melalui media yang tepat, pada waktu yang tepat, adalah langkah pertama untuk memperluas bisnis Anda ke pasar dan pelanggan baru. Ketika ekspansi ke target pasar baru, Anda perlu untuk meningkatkan iklan untuk mencapai mereka. Anda bisa membuat website bisnis untuk menjangkau pelanggan yang sulit dikunjungi secara langsung.

8. Masuk pada penjualan baru dan delivery channel

Internet adalah contoh terbaik dari bagaimana penjualan dan saluran pengiriman baru dapat mengubah bisnis kecil. Perusahaan yang tak terhitung jumlahnya telah mengambil keuntungan dari peluang bisnis online. Para retailer yang membuka toko online untuk penyedia layanan, mampu menjangkau audiens yang lebih luas melalui iklan online. Mereka juga menggunakan teknik optimasi mesin pencari (SEO) untuk mendapat peringkat tinggi dalam pencarian web yang dilakukan oleh calon pelanggan.

9. Mengambil alih bisnis lain

Ini mungkin cara tercepat untuk pertumbuhan dan ekspansi. Penggabungan atau mengakuisisi bisnis lain benar-benar dapat melipatgandakan ukuran bisnis Anda dalam semalam, pertumbuhan penjualan dan pendapatan secara eksponensial. Tapi Anda harus melakukan riset menyeluruh pada setiap calon akuisisi potensial sebelum bergerak maju dengan penggabungan usaha.

Kemungkinan beberapa pesaing Anda berjuang dalam ekonomi yang kurang baik saat ini dan mereka mungkin siap untuk menjual bisnis mereka. Daripada mereka menjual ke pesaing baru, Anda lebih baik membelinya dan mengintegrasikan kegiatan usahanya dengan bisnis Anda. Karena Anda tahu seluk-beluk industri Anda dan bisnis mereka, Anda cenderung untuk tidak membayar mahal. Anda juga mungkin memiliki ide yang baik tentang bagaimana untuk meningkatkan operasi pesaing Anda dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman Anda. Selain itu, mungkin ada skala ekonomi yang Anda dapatkan seperti penurunan biaya bahan baku atau biaya bisnis lainnya.

Melihat bisnis bisa semakin besar dan punya pasar yang semakin luas memang sangat membanggakan. Tapi ingat, ketika Anda sudah berhasil memperluas bisnis, Anda juga harus bisa mempertahankannya. Jangan sampai Anda terlena dengan pertumbuhan bisnis Anda dan lupa untuk membuat bisnis bisa bertahan. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Sumber : studentpreneur.co


Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA