Hati-hati,Kena Tipu Belanja Online

Hati-hati,Kena Tipu Belanja Online
Bisnis Online Media Online

BISNIRIAU – Sebuah survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan penetrasi pengguna internet di Indonesia adalah 132,7 juta. Perlu diketahui,  total populasi penduduk Indonesia saat ini adalah 262 juta.

Merujuk dari data tersebut, bisa disimpulkan bahwa orang Indonesia aktif dalam menjelajahi internet. Tak hanya menggunakan untuk media sosial atau berkomunikasi, internet bisa juga digunakan untuk transaksi perbankan.

Dalam dunia perbankan, internet mempermudah dalam transaksi perbankan. Bahkan dengan internet, mampu mengubah perilaku, seperti mengecek saldo tanpa harus pergi ke Bank. Lalu, menyetor uang pun bisa lewat ponsel. Ya, semua jadi lebih praktis dengan kehadiran internet dalam dunia perbankan.

Melihat hal tersebut, BRI sebagai salah satu perbankan Indonesia mempunyai dua produk unggulan e-Banking, seperti internet banking dan mobile banking. Dua produk tersebut merupakan bagian dari e-banking atau electronic banking.

Sebenarnya, dua bagian dari e-Banking itu mempunyai manfaatnya masing-masing. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Internet Banking

Saat ini, mungkin banyak orang sudah melakukan transaksi melalui Internet Banking. Ya, produk dari e-Banking ini merupakan satu layanan unggulan yang ditawarkan perbankan kepada nasabah, termasuk Bank BRI.

Internet Banking BRI adalah layanan E-Banking yang memungkinkan nasabah dapat memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi keuangan melalui media internet. Bedanya, Anda tak bisa tarik tunai selayaknya ke ATM.

❛❛ Baca juga :   Pemerintah Beri UKM Paket Super Mudah Impor Bahan Baku

Namun apa saja fitur yang ditawarkan i-banking ?

Pertama ialah Informasi rekening dan kartu kredit, yang mencakup posisi saldo, histori transaksi, maupun daftar rekening, termasuk rekening giro, deposito, tabungan rencana, dan lain-lain.

Selain itu, Anda bisa juga transfer dana, antara rekening bank yang bersangkutan maupun antar bank lain. Selanjutnya, Anda bisa melakukan Pembayaran. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, telepon, kartu kredit, asuransi, sampai e-Commerce.

Selain fitur yang memiliki kemudahaan, Internet Banking BRI mempunyai keunggulan. Dengan menggunakan layanan itu, Anda bisa mengakses dari mana saja, seperti PC, laptop, tablet, dan ponsel, asal semua perangkat tersebut terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, Anda tak terikat oleh waktu, Anda bisa akses kapan saja 24 jam sehari.

Walaupun memberikan kemudahan, internet banking BRI  dilengkapi dengan sistemm keamanan ganda. Sebagai contoh, saat melakukan transaksi non-financial seperti mengecek saldo dan mutasi rekening, Anda cukup memasukkan user ID dan password.

Mobile Banking

Layanan lain yang termasuk dalam produk e-Banking ialah Mobile Banking. Namun, masih banyak orang yang menyangka bahwa mobile banking sama dengan internet banking. Hal itu justru berbeda. Pasalnya, kedua produk itu mempunyai ketentuannya masing-masing.

❛❛ Baca juga :   Penghambat Pertumbuhan Jumlah Perempuan Pengusaha di Indonesia

Untuk mobile banking memang fiturnya memang lebih sedikit dibandingkan i-banking. Apa saja itu?

Pertama, M-Banking bisa Transfer antar rekening dan antarbank. Lalu, pembayaran tagihan, seperti tagihan kartu kredit, telepon, internet, dan TV berlangganan.

Tak hanya itu, melalui m-Banking bisa juga pembelian voucher dan e-Commerce. Terakhir ialah Informasi rekening dan kurs.

Nah, untuk mobile banking BRI merupakan layanan e-banking yang memungkinkan nasabah BRI melakukan transaksi perbankan melalui ponsel  dan menggunakan media SMS dengan nomor tujuan (short code) 3300 untuk semua jenis handphone dan semua operator telekomunikasi.

Cara transaksinya pun mudah, melalui Mobile Banking berbasis menu dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile yang dapat diinstalasi pada ponsel.

Selain itu, bisa juga melalui Mobile Banking Plain Text dengan mengetikkan perintah SMS pada handphone dan mengirimkannya ke nomor 3300

Khusus untuk pelanggan BRI, nasabah bisa memulainya dengan Mobile Banking berbasis menu transaksi dapat dilakukan dengan langsung memilih menu dan fitur transaksi yang diinginkan tanpa perlu mengingat format SMS.

Tak perlu khawatir, m-Banking BRI aman, karena dilengkapi  dengan PIN sebagai otorisasi transaksi. tak hanya aman, m-Banking juga cepat, pasalnya dengan berbasis pada SMS, transaksi dapat langsung dilakukan tanpa didahului dengan proses login di aplikasi.

 

Sumber : liputan6.com

Tentang Mayri Hevinka Putri

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA