Promosi dari Mulut ke Mulut, Dahsyatnya Word of Mouth (WOM) Strategy

BeritaUKM,Riau-Meskipun disampaikan dengan maksud yang non komersial, namun ada penelitian yang menyatakan bahwa WOM mampu berperan penting dalam meningkatkan minat seseorang untuk membeli produk atau jasa. Banyak orang yang cenderung percaya dan tertarik untuk mencoba sesuatu yang diberitahukan atau direkomendasikan oleh orang-orang terdekat seperti sahabat, anggota keluarga dan kerabat lainnya.

Sebelum mulai menerapkan strategi WOM, kita tentu harus mempelajari beberapa langkah tepat dalam menjalankan tehnik promosi bisnis konvensional yang satu ini. Langkah-langkah tersebut antara lain:

1. Pengalaman Menakjubkan Bagi Pelanggan

Jika kita baru saja merintis bisnis dengan kapasitas menengah ke bawah, maka hal ini sebenarnya menjadi salah satu keuntungan bagi kita. Kita bisa menawarkan pengalaman seru bagi para pelanggan kita. Berikan pengalaman menakjubkan yang membuat mereka semakin mempercayai dan memberikan loyalitasnya pada kita.

Salah satu contoh konkretnya misalnya memberikan free sample atau paket hadiah menarik bagi para pelanggan yang sering membeli produk kuliner kita. Contoh lainnya yakni pabrik percetakan yang bersedia mencetak edisi khusus untuk memenuhi permintaan pelanggan setia di hari-hari raya tertentu.

2. Ciptakan Hubungan Akrab dan Komunikatif

Mulailah meyakini bahwa menjalin hubungan yang akrab dan komunikatif dengan pelanggan tak pernah ada ruginya. Kita bisa melakukan berbagai cara untuk tetap menjalin hubungan baik, yakni dengan menelpon, mengirim SMS, mengirimkan email atau menjalin komunikasi melalui media sosial

Jangan lupa untuk menanyakan keadaan dan ekspektasi pelanggan terhadap bisnis kita. Tak masalah menerima kritikan pedas atau saran yang mungkin membuat kita merasa agak kesal dan tak enak hati. Namun hal tersebut tentu lebih baik daripada kita harus menghadapi kepergian pelanggan yang kecewa dan tidak meninggalkan kritik atau saran sama sekali.

3. Promosi dari Mulut ke Mulut Melibatkan Banyak Orang

Banyak orang yang merasa senang bila dilibatkan dalam pengembangan suatu bisnis. Kita bisa membuat kuis berhadiah, promo buy one get one atau beragam cara lain yang mampu menarik perhatian dan keingintahuan banyak orang. Buatlah sesuatu yang sangat menakjubkan dan mengundang banyak orang untuk mulai membicarakan bisnis kita.

Contoh mudah yang bisa dilakukan adalah proses metamorfosis bisnis menjadi bisnis yang lebih inovatif. Saat kita membuka kedai mie ayam sederhana, kita bisa membuatnya terasa unik dan berbeda dengan penggunaan dekorasi bernuansa horor atau dengan memberikan beragam level pedas pada produk mie ayam kita.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA