Mengintip 10 Usaha Tambahan Saat Bulan Suci Ramadhan

Mengintip 10 Usaha Tambahan Saat Bulan Suci Ramadhan
Inspirasi Bisnis Peluang Bisnis

Mengintip 10 Usaha Tambahan Saat Bulan Suci Ramadhan – ternyata bukan saja membawa berkah bagi yang beribadah namun juga bagi yang mau atau punya usaha. Di mana bulan yang penuh ampunan tersebut membawa rejeki bagi yang membuka peluang usaha saat bulan Suci Ramadhan.

Saat bulan Suci Ramadhan segala pulang usaha terbuka lebar, khususnya di bidang bisnis kuliner.

Berikut 10 Usaha Tambahan Saat Bulan Ramadhan yang bisa di coba untuk menambah penghasilan :

Biasanya yang paling diburu menjelang buka puasa adalah Takjil atau makanan ringan. Karena telah seharian menahan haus dan lapar. Takjil biasanya rasanya manis karena ketika berbuka puasa memang disunahkan untuk berbuka dengan yang manis.

Kolak merupakan salah satu takjil puasa yang hampir semua daerah ada. Kolak sendiri beraneka macam dan paling sering ditemukan ketika ramadhan adalah kolak pisang, kolak candil ketan, kolak labu, kolak ubi jalar, kolak kolang-kaling, kolak singkong, kolak biji salak, kolak sagu mutiara.

Cendol, minuman segar yang terbuat tepung beras ini memang sangat dicari ketika ramadhan datang. Cendol sederhana biasanya hanya dicampur dengan santan, gula merah dan es. Namun kini cendol bervariasi salah satu yang paling dikenal adalah es dawet ireng atau cendol yang hijau yang dibuat dari pewarna alami daun suji atau daun pandan. Cendol juga bisa dikombinasikan dengan daging nangka, alpukat, singkong dan gula merah kemudian ditambah pula es serut.

Cincau, Gel yang mirip agar-agar ini memang bukan disajikan begitu saja namun sebagai campuran minuman segar seperti cendol atau sirop. Cara membuat cincau sendiri sangatlah mudah cukup merendam daun cincau dalam air kemudian didiamkan semalaman. Maka air cincau dapat berubah seperti agar-agar. Minuman ini rasanya memang tawar jika tidak dicampur dengan minuman lainnya. Namun cincau sangat bermanfaat ketika ramadhan karena selain menghilangkan rasa haus juga mengobati panas dalam. Jadi tak heran jika gel berwarna hijau pekat kehitaman ini banyak yang mencarinya.

Leumang, kudapan khas berbuka puasa ini kebanyakan ditemukan di daerah Sumatera khususnya Aceh. Makanan yang terbuat dari beras ketan ini mirip dengan pulut tapi ukurannya lebih besar. Membuat leumang masih tradisional sekali yakni beras ketan yang dimasukkan ke dalam bambu kemudian diguyur dengan santan kental, ditambahkan dengan ubi kayu, gula pasir, garam kemudian diguyur dengan santan kental.
Dan masih banyak jenis takjil lainnya yang biasanya rasanya manis.

hal yang paling sering dicari ketika akan berbuka puasa adalah minuman dingin. Baik itu dalam bentuk botolan, kotak atau yang cup. biasanya agar lebih praktis minuman yang sudah bermerek karena bisa tahan lama. Namun memang harganya lebih mahal dibandingkan jika membuat minuman segar sendiri. Anda bisa mencobanya bisa dengan buah-buahan, yang dicampur dengan sirop dan es batu. Bisa juga es kelapa muda.

  • Peluang Usaha Jualan Kurma

Buah asli timur tengah ini memang sangat menjamur ketika ramadhan. Karena selain enak buah ini juga bisa menjaga stamina. Kabarnya hanya dengan mengonsumsi tiga butir kurma ketika sahur Anda bisa tetap segar berpuasa meski tanpa mengonsumsi makanan apa pun.

❛❛ Baca juga :   Peluang Jual Batu Alam di Pekanbaru Riau

Kurma memang jarang ditemukan. Meskipun ditemukan itu ketika bulan haji atau Idul Adha didapatkan dari oleh-oleh khas haji. Dan meskipun ada itu pun harganya lumayan mahal. Jadi kurma bisa dikatakan peluang usaha saat ramadhan.

  • Peluang usaha Jual Timun Suri

Layaknya kurma, timun suri juga menjadi buah musiman yang datang ketika ramadhan. Buah ini memang sengaja ditanam oleh petani 2-3 bulan menjelang ramadhan. Jadi ketika ramadhan tiba, maka buah ini ikut panen. Karena memang buah yang masuk suku Cucurbitaceae ini memang dicari untuk melepas dahaga ketika buka puasa. Karena buah ini memang bisa menghilangkan dahaga dengan mudahnya. Selain itu dengan mengkonsumsi 100gram timun suri bisa memenuhi sepertiga dari kebutuhan kalium seseorang selama satu hari.

  • Peluang usaha perlengkapan Ibadah

Mukena salah peluang usaha yang menguntungkan ketika ramadhan apalagi ketika mendekati lebaran. Pakaian untuk sholat wanita tersebut akan naik permintaannya.  Menjual mukena juga Anda tak perlu menggunakan modal besar. Anda bisa mendapatkan barangnya dengan harga murah di tempat penjual grosir yang ada di toko-toko besar. Namun meskipun harganya murah Anda harus tetap melihat kualitasnya jangan sampai murahan. Kebanyakan mukena berwarna putih yang banyak diminati namun tetap dengan adanya corak tertentu seperti manik-manik atau batik.

Jika kebutuhan alat solat wanita biasanya meningkat begitu juga dengan alat sholat pada pria. Seperti sarung dan peci. Anda bisa menjualnya di pelataran masjid atau mushola.

Biasanya para pria yang sibuk bekerja mau membeli kebutuhan tersebut. Begitu pula pada sajadah pasti peminatnya meningkat. Biasanya karena kebutuhan sajadah meningkat karena ketika ramadhan biasanya sajadah-sajadah di masjid diperbaharui diganti dengan yang baru.

Ketika bulan ramadhan tiba pasti banyak yang ingin meningkatkan ibadahnya sehingga buku-buku doa akan laris terjual. Begitu juga dengan Al Quran dan tasbih pasti banyak yang mencarinya. Ini peluang usaha yang harus di manfaatkan. Terlebih ketika mendekati lebaran biasanya banyak acara santunan yatim piatu yang mewakafkan Al Quran. Di sana pasti ada yang memesan Al Quran Anda dalam jumlah besar.

  • Peluang usaha Baju Gamis dan Hijab

Wanita memang menjadi sasaran empuk para pembuka usaha. Tak terlebih ketika bulan puasa. Mereka tentunya tak berpuasa berbelanja. Namun justru lebih meningkat berbelanjanya. Terlebih lagi kebutuhan pribadinya seperti baju gamis dan hijabnya.

Mereka akan sering membelinya baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Terlebih akan banyak event buka bersama. Tentunya mereka tak ingin menggunakan baju yang sama di acara yang berbeda. Makanya itu peluang usaha ini amat besar ketika ramadhan hingga menjelang lebaran.

  • Peluang usaha Bisnis Katering

Ketika ramadhan tiba pastinya akan banyak buka puasa bersama. Sehingga jika Anda pintar memasak jangan sia-siakan keahlian Anda. Bisa saja Anda membuka usaha katering, meski belum punya pengalaman Anda bisa menawarkan keahlian Anda kepada teman-teman Anda. Bisa juga ke pengajian dekat rumah Anda.

❛❛ Baca juga :   Harga Cabe Semakin Tinggi Di Pasaran

Caranya bawa contoh makanan kepada mereka untuk dicicipi. Selain itu karena biasanya pemilik event tak mau makanan telat apalagi datang setelah adzan maghrib tiba. Sehingga Anda harus memanage waktu secara benar. Atau membutuhkan tenaga kerja lebih untuk membantu Anda. Meskipun hanya sekedar mengemas makanan saja.

  • Peluang usaha Kue kering

Selain pakaian bisnis yang akan mengalami peningkatan adalah kue kering. Karena ketika lebaran akan banyak tamu yang berdatangan. Sehingga harus ada sajian dan biasanya dihidangkan kue kering khas lebaran seperti nastar, putri salju, kue kacang tanah, kue lidah kucing, kue kering kastengel, kue kacang blue band, kue choco chip, kue ring keju dan lainnya.

  • Ketupat Lebaran

Tak semua orang bisa membuat ketupat lebaran. Meskipun bisa di beberapa daerah sulit ditemukan daun kelapa muda. Sehingga tak sedikit orang memutuskan untuk membeli saja ketupatnya. Baik itu ketupat yang sudah matang maupun ketupat yang belum ada isinya. Harga ketupat per buahnya biasanya tergantung ukurannya yang belum matang bisa 100- 700 Rupiah. Sementara yang sudah matang harga 1000-2000 rupiah.

Anda bisa menjual ketupat lebaran mendekati hari H lebaran saja. Karena di sana sedang puncak-puncaknya. Namun jangan terlalu mahal menjualnya karena Anda akan banyak saingannya. Pastinya akan ada perang harga. Oleh sebab itu selain harga Anda juga harus memperhatikan kualitas daunnya jangan sampai ada bercak daunnya.

  • Bisnis Parcel Lebaran

Untuk mempererat tali silaturahmi ketika lebaran selain berkunjung ke rumah kerabat ada juga yang hanya mengirimkan parcel. Karena tak sempat datang untuk meminta maaf. Namun ada juga yang mengirimkan parcel sebagai tanda hormat kepada atasan, relasi bisnis atau saudara yang dikenalnya.

Membingkis parcel tentunya harus memiliki kesenian. Karena parcel bukan barangnya saja yang dilihat namun juga bentuknya. Semakin uniknya bentuknya maka akan semakin mahal. Dan perlu diingat bagi Anda yang ingin berbisnis parcel. Parcel tak melulu makanan, parcel juga bisa berbentuk barang-barang seperti stoples, piring-piring, gelas dan alat sholat.

  • Jasa Rental Kendaraan

Ketika menjelang mudik maka orang-orang banyak yang ingin menyewa mobil untuk pulang kampung. Alasannya lebih aman dibandingkan jika menggunakan kendaraan umum. Selain itu lebih praktis karena tak perlu repot membawa koper yang berat dan berdesak-desakan dengan para pemudik.

Jika Anda memiliki kendaraan yang tidak terpakai ada baiknya Anda rentalkan. Biasanya biaya rental akan menanjak naik mendekati hari lebaran. Yang biasanya Rp 350.000/hari kini bisa mencapai Rp500-Rp750 ribu per harinya. Itu pun belum termasuk bensin dan sopirnya. Belum lagi biaya tambahan jika mobil dibawa ke luar kota. Namun Anda harus melengkapi kendaraan Anda dengan aplikasi GPS agar mobil Anda terhindar dari tindakan pencurian. Jadi Anda mengetahui di mana kendaraan yang Anda sewakan berada.

Dengan Mengintip 10 Usaha Tambahan Saat Bulan Suci Ramadhan bisa menambah penghasilan bagi Anda, selamat mencoba.

sumber : goukm.id

Tentang Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA