Senin, 14 Januari 2019 11:56:17
Dilihat sebanyak 212 kali

Ciri Usaha yang Potensial Untuk Dibisniskan

Ciri Usaha yang Potensial Untuk Dibisniskan
Inspirasi Bisnis

BeritaUKM,Riau-Memiliki usaha yang sukses memang tidaklah mudah karena banyak faktor yang akan mempengaruhi kesuksesan dalam suatu usaha baik faktor internal maupun eksternal. Namun, sebagai orang yang ingin memiliki usaha yang sukses, sikap merupakan hal yang terpenting yang harus dimiliki. Pengusaha yang sukses akan selalu memiliki sikap pantang menyerah dan terus bangkit untuk merintis usahanya. Disamping sikap, potensi usaha pun juga memiliki pengaruh yang besar terhadap seberapa besar kesuksesan suatu usaha.

 

Berikut, ciri ciri usaha yang potensial sehingga harus dikembangkan :

  1. Memiliki nilai jual yang tinggi

Selain faktor dari sikap si pengusaha, kesuksesan suatu usaha juga dipengaruhi oleh jenis usaha yang dipilih. Usaha yang memiliki nilai jual yang tinggi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi potensi dari usaha tersebut. Untuk itu, sebagai pengusaha anda harus memiliki usaha yang memiliki nilai jual yang tinggi di masyarakat dan memiliki harga yang stabil di masyarakat atau harga suatu produk usaha tidak mudah goyah.

  1. Memenuhi kebutuhan sebagian masyarakat

Agar usaha yang anda miliki terus menghasilkan pendapatan yang besar bagi anda maka anda harus memilih usaha yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas, misalnya usaha penjualan bahan-bahan pokok dan keperluang rumah tangga. Jika anda dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan sebagian besar masyarakat maka usaha anda dijamin dapat disebut sebagai usaha yang potensial untuk terus dijalankan dan dikembangkan.

  1. Memiliki kerugian yang kecil

Jika ada pendapat yang menyebutkan bahwa usaha yang besar biasanya memiliki potensi kerugian yang besar pula maka memang tidaklah salah, namun sebagai pemula atau jika anda masih ragu ingin memiliki suatu jenis usaha dan bingung ingin memiliki usaha  yang seperti apa maka untuk menyiasati hal-hal yang tidak diinginkan sebelumnya yang tidak dapat diprediksi, anda harus memilih usaha yang memiliki kerugian yang kecil. Ini merupakan cara aman yang dapat dilakukan jika anda belum yakin atau masih ragu atau bahkan tidak menguasai lapangan usaha yang ingin anda geluti.

  1. Tidak bersifat momentum atau musiman

Usaha yang bersifat momentum atau musiman biasanya memang memberikan keuntungan yang jauh lebih besar seperti contohnya usaha kue kering namun jika anda ingin menggeluti dunia usaha anda tidak perlu menunggu sampai musim lebaran terlebih dahulu untuk menjual kue kering. Anda dapat membuat kue tersebut secara pre-order atau membuat hanya saat ada pesanan.

  1. Bertahan lama di pasar

Untuk mencapai usaha yang besar, anda selain harus menjawab kebutuhan masyarakat usaha juga harus bertahan lama di pasar. Jika produk yang anda hasilkan dapat bertahan lama di pasar, maka anda dapat memproduksinya dalam skala besar dan memenuhi semua kebutuhan pasar.

About Sasi RWD

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA