Jumat, 7 Juli 2017 04:42:12
Dilihat sebanyak 1.363 kali

Bisnis Usaha Origami Pekanbaru Riau

Bisnis Usaha Origami Pekanbaru Riau
Inspirasi Bisnis

Bisnis Usaha Origami Pekanbaru Riau – Tak hanya mengasyikkan, seni melipat kertas (origami) juga mampu mendatangkan penghasilan. Terutama bagi mereka yang bukan pekerja kantoran seperti ibu rumah tangga.

Pecinta origami sekaligus pendiri Klub Origami Indonesia Linda Marlina mengatakan peluang dari bisnis ini masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan keuntungan.<\/span>

“Bisa dibayangkan jika semua sekolah mewajibkan anak-anak didiknya untuk mempelajari origami, maka tentu industri kertas origami akan maju pesat, buku-buku origami akan dicari dan banyak lagi yang bisa digali dari itu semua,” kata Linda kepada Detik, Senin (9\/9).

Wanita berusia 38 tahun ini menjelaskan, lantaran memiliki banyak bentuk serta gaya, origami bisa dijadikan bermacam benda komersil seperti macam-macam boks atau wadah, hiasan kado, kantong kertas, dan sebagainya.

Di klub yang Linda dirikan juga ada divisi khusus yang membidangi pengembangan bisnis origami. Mulai dari pengadaan dan penjualan kertas origami, kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang ingin mengundang dalam rangkaian acaranya, pembuatan model origami untuk sebuah event, dekorasi dan kalender perusahaan.

“Harganya bisa bervariasi, dari Rp 5000 sampai Rp 1 juta per buah, tergantung bentuk dan kemasan. Misal buket bunga mawar atau anggrek harganya bisa Rp 1 juta karena dikemas eksklusif dengan pigura dan bahan khusus,” ujarnya.

Jika memang menjanjikan, lantas apa saja dan berapa modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis rumahan ini? Linda bilang, tergantung pada bentuk apa yang akan dibuat.

“Jika membuat kantong kertas 500 buah contohnya, modal awal bisa mulai dari Rp.500.000 (untuk komponen bahan dan biaya pembuatan) dengan harga jual Rp. 2.000 per buah,” katanya.

Namun, bukan hanya modal materi saja, hal pertama yang harus dimiliki adalah rasa suka terhadap sesuatu yang akan dikerjakan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan waktu serta mau terus belajar semua teknik origami. Sumber : hot.detik.com

About Reza UKM

Web Development at Riau Web Design | Administrator at UKMRIAU | Mimin at KosNgosan | Still Ngenes With Single Status