Senin, 26 Februari 2018 11:43:02
Dilihat sebanyak 649 kali

Anda Mau Tau Tips agar Jualan Laris Manis? Simak Tipsnya

Anda Mau Tau Tips agar Jualan Laris Manis? Simak Tipsnya
Inspirasi Bisnis Tips Bisnis

Bisnis Riau, JAKARTA – Penjualan merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis baik individu maupun perusahaa. Karena jika anda memiliki penjualan yang bagus maka anda atau perusahaan anda bisa dibilang berhasil dan sukses karena memiliki pendapatan dan keuntungan yang besar.

Namun dalam melakukan penjualan anda tidak bisa sembarangan melakukannya. Karena alih-alih mendapatkan untung justru bisa berakhir buntung jika anda salah langkah dalam melakukan penjualan.

Anda perlu melakukan perencanaan yang matang untuk bisa mendapatkan penjualan yang memuaskan. Dilansir dari halaman salesmanagementworkshop, berikut lima cara memanage penjualan anda agar bisa sukses :

1. Tentukan pelanggan ideal Anda.

Langkah pertama, dalam rencana penjualan Anda, adalah merumuskan strategi untuk mendapatkan klien baru dan mempertahankan yang sudah ada. Anda perlu tahu bagaimana targe pasar dari klien anda, apakah anak-anak, dewasa atau orang tua?

Cara terbaik untuk menentukan ini adalah dengan melihat klien Anda saat ini dan mempelajarinya. Siapa klien dengan margin tinggi Anda? Industri apa mereka? Jika mayoritas berada dalam jenis bisnis yang sama, mungkin Anda harus menargetkan industri itu

2. Kenali Produk Anda

Dalam menyusun rancangan penjualan, anda juga perlu mengertahui spesifikasi dari produk anda. Usahakan anda memiliki produk yang berbeda dengan pesaing anda.

Karena meskipun nantinya perusahaan Anda mungkin menawarkan rangkaian produk dan layanan yang sama dengan pesaing Anda, para pelanggan akan tetap membeli produk anda.

3. Tentukan Lokasi

Selain menentukan target pasar secara individu, anda juga perlu menentukan targt pasar secara daerah. Dengan begitu, anda bisa menentukan produk apa yang akan cocok dujiual pada daerah tersebut tentunya dengan menyesuaikan degnan kebiasanaan dan kekhasan dari daerah tersebut.

Sebagai contohnya, jika anda menetapkan Bandung menjadi daerah yang akan menjadi target pasar anda, maka segala produk yang dijual harus menyesuaikan dengan kebiasanan daerah sekitar Bandung.

4. Identifikasi Pesaing Anda

Dalam rencana penjualan Anda, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami pesaing Anda. Kecuali Anda memiliki pasar sendiri, memahami bagaimana kompetisi beroperasi dan berfungsi adalah kunci kesuksesan dan kesuksesan masing-masing penjual Anda.

Jika anda bisa melakukan identifikasi, maka anda bisa mengertahui kekuatan, kelemahan dari produk anda dibandingkan pesiang anda. Hasil evaluasi tersebut bisa anda gunakan sebagai rujukan untuk memanfaatkan peluang serta mengantisipasi ancaman yang datang.

5. Tentukan Target Penjualan.

Sebagian besar informasi ini harus sesuai dengan rencana bisnis Anda. Jika tidak, Anda harus mengembangkan perkiraan penjualan dan pengeluaran Anda per bulan, kuartal dan tahun.

Rencana penjualan dan strategi penjualan Anda adalah dokumen yang sangat penting yang memerlukan banyak waktu dan energi untuk dikembangkan.

Sumber : okezone.com

About Muhammad Rifki Elzan

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA