Senin, 6 September 2021 15:59:25
Dilihat sebanyak 300 kali

Untuk Percepat Vaksinasi di Daerah, Ibas Salurkan Ribuan Dosis Vaksin

Untuk Percepat Vaksinasi di Daerah, Ibas Salurkan Ribuan Dosis Vaksin
Berita UKM Nasional Dunia UKM Liputan Media

Pandemi COVID-19 banyak merenggut korban jiwa. Dapil VII Jatim sendiri termasuk kawasan dengan angka penderita tinggi. Pun begitu percepatan vaksinasi di wilayah ini terbilang lambat.
Hal itu terungkap saat anggota DPR-RI dari Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono menyalurkan bantuan kawalan berupa vitamin beberapa hari lalu. Kala itu, aspirasi datang dari warga yang menginginkan percepatan vaksinasi.

Mendengar masukan masyarakat, legislator yang juga menjabat Ketua Fraksi Demokrat DPR RI tersebut menyalurkan vaksin sebanyak 5.000 dosis. Jumlah sebanyak itu didistribusikan di daerah pemilihannya. Kegiatan dilaksanakan bersama dengan Kementerian Kesehatan.

“Sedikit berita baiknya adalah angka penyebaran COVID-19 pun juga sudah lebih dapat dikendalikan. Matur nuwun para dokter, nakes, dan pemda setempat serta TNI-Polri,” kata Ibas, sapaan Edie Baskoro Yudhoyono saat sambutan singkat pada acara penyaluran secara virtual, Sabtu (4/9/2021).

Di sisi lain, lanjut Ibas, kabar duka yang terjadi di konstituen Dapil VII membuatnya turut berbelasungkawa. Meski begitu semua pihak diimbau terus optimis seiring kondisi yang kian membaik. Hal itu juga mesti dibarengi kewaspadaan agar masyarakat tidak lengah.

“Alhamdulillah, kondisi saat ini di kabupaten kita sudah berangsur membaik. Rumah sakit sudah tidak lagi penuh sesak seperti beberapa bulan terdahulu. Kebutuhan oksigen dan obat pun sedikit mulai menurun,” paparnya.

“Ini sebuah awal baru untuk kita semua tetapi kita harus tetap waspada,” tegas Ibas.

Dijelaskan Ibas, bantuan percepatan vaksinasi akan dilakukan dua tahap. Adapun sasarannya meliputi Kabupaten Ngawi, Ponorogo, Magetan, Trenggalek, dan Pacitan.

Ibas juga menggarisbawahi pentingnya vaksinasi bagi masyarakat. Salah satunya untuk menciptakan herd imunity. Di pihak lain bagi warga yang sudah divaksin tetap mengedepankan pola hidup sehat dan patuh protokol kesehatan.

“Apakah dengan vaksin kita selamat? insyaallah. Tapi saya menyarankan agar kita semua tetap hidup sehat teratur. Ya makan, ya olahraga, ya berjemur dan dapatkan vitamin D sebanyak-banyaknya, dan taat prokes pastinya,” terang Ibas seraya berharap program ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

Pelaksanaan program vaksinasi yang dikawal Ibas dilakukan di 10 titik lokasi di lima kabupaten. Tiga titik di Pacitan, yaitu di Gedung Karya Darma, Kantor DPC Demokrat Pacitan, dan Kantor Kecamatan Kebonagung.

Dua titik lainnya di Kabupaten Magetan. Masing-masing di Kantor DPC Demokrat dan SMK Yosonegoro. Dua titik di Trenggalek, yaitu Kantor DPC Demokrat Trenggalek dan Aula BBI. Satu titik berikutnya di Ngawi, tepatnya GOR Bung Hatta. Dan terakhir, dua titik di Ponorogo. Yakni Balai Desa Bungkal dan Balai Desa Babadan.

“Saya juga mengawal program-program lain seperti memberikan bantuan langsung sembako, memberikan bantuan usaha UKM, memberikan bantuan di sektor pendidikan, pertanian, nelayan, dan kesehatan,” imbuhnya.

Ucapan terimakasih disampaikan Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji. Menurutnya, bantuan vaksin sangat besar manfaatnya bagi upaya percepatan penanganan COVID-19 di daerah yang dipimpinnya. Aji berharap masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik.

Bupati juga menjelaskan jika vaksin yang diberikan aman dan halal. Pun berdasarkan pengakuan para penerima, penyuntikan tidak menyisakan rasa sakit. Karenanya dia mengimbau warga tidak khawatir mengikuti vaksinasi.

“Setelah vaksin mudah-mudahan kita semua segera bisa bebas dari COVID-19. Terimakasih, Mas Ibas,” katanya.

Dokter Indra, salah satu petugas medis yang bertugas di di Kota 1001 Gua mengatakan kesuksesan program vaksinasi membutuhkan peran aktif masyarakat. Syarat utamanya adalah semangat. Untuk mendapat bantuan vaksinasi, warga cukup datang ke tempat pelayanan.

“Datang saja ke tempat pelayanan. Jika dinyatakan sehat pasti langsung divaksin. Kemungkinan akan ada sedikit panas setelah vaksin tapi tidak perlu khawatir, itu bagian dari respons imun,” pungkasnya.

sumber : detiknews.com

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA