Jumat, 17 September 2021 15:28:19
Dilihat sebanyak 192 kali

Tokopedia Memperkuat Kolaborasi Dengan Peritel Offline dan UMKM

Tokopedia Memperkuat Kolaborasi Dengan Peritel Offline dan UMKM
Berita UKM Nasional Dunia UKM Liputan Media

Perusahaan e-commerce semakin memperkuat kombinasi bisnis antara saluran perdagangan online dan offline. Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia, tak mau ketinggalan dengan terus memperkuat kolaborasi dengan peritel offline.

External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya, menekankan, pihaknya tidak dalam posisi mengomentari aksi korporasi yang dilakukan oleh e-commerce atau perusahaan berbasis digital lainnya.

Yang pasti, Tokopedia terus menjalin kolaborasi dengan berbagai mitra strategis, termasuk para pelaku retail offline seperti Hypermart, LotteMart Indonesia, GrandLucky Superstore dan peritel lainnya.

“Kami tidak berkomentar atas spekulasi pasar, yang bisa kami sampaikan bahwa Tokopedia terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis, untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah, aman dan efisien, khususnya di tengah pandemi,” ungkap Ekhel saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (16/9).

Strategi lain yang dilancarkan oleh Tokopedia misalnya melalui TokoMart. Ekhel bilang, TokoMart mengusung teknologi geo-tagging untuk memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai kebutuhan sehari-hari seperti sembako, dari penjual terdekat.

“Inisiatif TokoMart ini telah membuat produk, seperti bumbu dan bahan masakan, telur, makanan beku serta sayuran dan buah-buahan, menjadi paling banyak dicari sepanjang kuartal II/2021,” sambung Ekhel.

Tak hanya dengan ritel offline, Tokopedia juga menggandeng UMKM makanan dan minuman lokal melalui Tokopedia Nyam. Ekhel menekankan, pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis sekaligus mendorong pemulihan ekonomi Indonesia.

Skema bisnis online pun dinilai relevan di tengah kondisi pandemi. “Mengingat belanja online bisa menjadi alternatif mengurangi risiko penyebaran virus sekaligus mendorong bisnis, termasuk retail offline dari berbagai industri, terus beroperasi secara online,” pungkas Ekhel.

sumber: kontan.co.id

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA