Rabu, 15 September 2021 14:19:20
Dilihat sebanyak 258 kali

Ratusan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Digital Alumni Akabri 1996

Ratusan Pelaku UMKM Ikuti Pelatihan Digital Alumni Akabri 1996
Berita UKM Nasional Dunia UKM Iklan UKM Liputan Media Pemasaran UKM

Ratusan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Solo mengikuti pelatihan digital yang digelar alumni Akabri angkatan 1996 di hotel Solia Zigna, Laweyan, Selasa (14/9/2021).
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Lutfi menyampaikan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya untuk menggeliatkan perekonomian di tengah pandemi COVID-19.

“Akabri angkatan 96 tidak hanya melakukan vaksinasi tetapi membuat kegiatan yang lain daripada yang lain. Di mana kursus yang kita lakukan mengangkat UMKM di wilayah Solo khususnya, kiranya ini nanti bisa disosialisasikan bahkan dilakukan di tingkat nasional, ” urai Kapolda kepada wartawan.

Mantan Kapolresta Solo itu menambahkan, kegiatan ini bisa menjadi contoh daerah lain dalam mempercepat pertumbuhan perekonomian.

“Ini merupakan creative breakthrough yang patut dicontoh di daerah lain di samping di wilayah kita yang saat ini digital place, makanya dengan internet yang kita punyai maket-maket perlu didasari dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Maka kursus ini, sambungnya, sangat berguna untuk masyarakat. Dengan adanya pelatihan ini, Lutfi optimis masyarakat Solo bisa keluar dari dampak pandem COVID-19.

“Kedepan, insyaallah kita akan mampu keluar dari problem solving Covid-19 khususnya Solo dan umumnya di Jateng dan Indonesia,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mengatakan kegiatan ini cukup penting bagi pelaku UMKM untuk menggeliatkan kembali usahanya.

“Ini penting biar UMKM di solo bisa bergeliat lagi, vaksinasi di Solo cepat sudah 100 persen, mungkin di angka 130 persen kita ingin tingginya vaksinasi ini mempercepat pertumbuhan ekonomi di Solo,” kata Gibran.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga mengapresiasi pelaku UMKM di Solo yang bersemangat di tengah pandemi.

“UMKM semangat-semangat semua, di tengah pandemi mau tidak mau go digital, kita sudah bekerja semua dengan marketplace.

Dalam kegiatan ini sebanyak 210 peserta menjadi peserta. 60 peserta hadir secara langsung dan sekitar 150 peserta mengikuti via daring.

Selaku pembicara hadir pemateri pelatihan yakni dua marketer digital berpengalaman, Andreas Agung Bawono (digital marketer and trainer) dan BRQ Dias Bahari Adhitama (pembicara Shopee untuk beginner class).

 

sumber:detikfinance

About Yusdi UKM

UKM Riau - Portal Media Informasi, Info Peluang Usaha, Bisnis UKM Riau Dan Direktori UKM Pekanbaru Riau Berbasis MEA