Senin, 5 Februari 2018 13:44:31
Dilihat sebanyak 606 kali

Meningkatkan Pariwisata Indonesia, Maskapai Penerbangan Membuka Rute Baru

Meningkatkan Pariwisata Indonesia, Maskapai Penerbangan Membuka Rute Baru
Bisnis Pekanbaru Dunia UKM

BisnisRiau, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan telah bertemu dengan CEO Air Asia Tony Fernandes untuk membahas peotensi peningkatan pariwisata di Indonesia terutama di Kawasan Sumatera Utara. Pertemuan itu dilaksanakan di sela-sela even World Economic Forum di Davos, Swiss.

Hasilnya, kata Luhut, pimpinan maskapai penerbangan asal Negeri Jiran itu akan membuka membuka rute penerbangan dari India, Tiongkok, dan Filipina ke Indonesia.

“Sudah ketemu Tony Fernandes, dia janji akan bawa turis dari India, Tiongkok, dan Filipina,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis, Minggu (4/2/2018).

Selain itu, untuk mendongkrak potensi pariwisata Indonesia, dana pinjaman dari Bank Dunia untuk Indonesia sebesar USD300 juta atau setara dengan Rp4 triliun akan cair dalam waktu dekat. World Bank telah memberikan pinjaman tersebut sejak akhir tahun 2017, sehingga saat ini pemerintah hanya menunggu realisasi dana pinjaman.

Dari total pinjaman tersebut, sebesar USD100 juta akan dialokasikan untuk pengembangan kawasan Sibisa, Parapat, Sumatera Utara. “Sekarang proses pencairannya, Bu Ani (Menkeu Sri Mulyani) cerita sama saya bahwa mungkin dalam satu-dua bulan ini. Itu nanti sekitar USD100 Juta atau Rp1,3 triliun akan masuk di Sibisa Area,” tuturnya.

Oleh karena itu, Luhut meminta kepada Bupati Tapanuli Utara agar menata Bandara Silangit, Medan karena kawasan itu akan menjadi hub atau pusat wisata dari Asia Selatan ke Asia Tenggara. Dengan infrastruktur transportasi yang memadai maka akan menambah nilai jual Sumatera Utara kepada pada wisatawan.

Sebagaimana pesan Presiden, Luhut meminta agar Bandara Silangit dipercantik dengan hiasan khas Batak Modern sebagai wujud kekayaan Bangsa Indonesia.

“Saya sudah bilang ke Pak Bupati, tatalah itu Silangit dengan bagus. Jangan pula sembarangan tatanya, tatalah dengan arsitektur Toba, arsitektur Batak yang modern, itu pesan dari pak presiden,” tegasnya.

Sumber : Okezone.com

About Isti RWD